sign up SIGN UP

5 Alasan Jerawat Terasa Gatal, Jangan Asal Garuk atau Pencet!

Dian Aprilia | Rabu, 21 Jul 2021 14:30 WIB
5 Alasan Jerawat Terasa Gatal, Jangan Asal Garuk atau Pencet!
caption

Apakah kamu pernah merasa gatal yang tak tertahankan pada jerawat di wajah? Tentu kondisi tersebut terasa menyebalkan, pasalnya kita tak bisa secara langsung menggaruk atau menyentuh bagian jerawat. Pasalnya jerawat bisa semakin parah atau merah dan membuat peradangan tak kunjung usai.

Sebelum mengetahui cara menghilangkan jerawat yang terasa gatal, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu 5 alasan jerawat terasa gatal. Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 alasan jerawat terasa gatal:  

Alergi

Alergi
Alergi/freepik.com/freepik

Alergi bisa menyebabkan rasa gatal pada jerawat di wajah. Bagi pemilik jenis kulit normal, alergi akan ditandai dengan kulit jadi lebih kering dan memerah. Selain itu, ada beberapa orang yang merasa gatal-gatal pada kulit dan jerawat saat mengalami alergi. Cara mengatasi jerawat karena alergi ialah memilah dan memilih produk skincare yang tepat agar sesuai dengan jenis kulit.

Reaksi Terhadap Obat

Selanjutnya, reaksi terhadap obat juga bisa menjadi penyebab timbulnya rasa gatal pada jerawat. Ada berbagai kandungan obat jerawat yang bisa memicu rasa gatal. Seperti halnya benzoil peroksida, asam salisilat, dan retinoid.

Cara mengatasi jerawat karena reaksi terhadap obat bisa dilakukan dengan pengaplikasian obat jerawat secara bertahap. Hal ini bisa meminimalisir reaksi gatal dan juga mengurangi risiko yang timbul. Kamu bisa tingkatkan penggunaan jika di kemudian hari tak terjadi masalah yang berarti.

Terpapar Sinar Matahari

Sinar matahari
Sinar matahari/pexels.com/Skitterphoto

Paparan sinar matahari juga bisa menjadi alasan jerawat terasa gatal. Hal ini menyebabkan terjadinya perubahan pada kulit yang terkadang dianggap sebagai musuh sistem imun. Akibatnya tubuh melakukan mekanisme perlindungan diri dengan memunculkan reaksi alergi seperti rasa gatal.

Cara mengatasi jerawat yang gatal akibat paparan sinar matahari adalah dengan penggunaan sunscreen yang teratur serta pengaplikasian ulang secara berkala. Selain itu, kamu bisa menambahkan pemakaian aksesoris yang bisa menghindari paparan sinar matahari, seperti topi, kacamata, masker dan lainnya.

Minyak Berlebih di Wajah

Selanjutnya, penyebab jerawat terasa gatal adalah kulit berkeringat dan wajah yang berminyak. Hal ini bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dan menyebabkan suburnya pertumbuhan bakteri jerawat. Akibatnya bakteri akan memperparah jerawat dan memicu rasa gatal. Cara menghilangkan jerawat yang gatal karena masalah ini adalah mencuci muka saat wajah berminyak dan jangan lupa untuk menggunakan pelembap wajah.

Tanda Jerawat akan Sembuh

Cara mengatasi jerawat
Cara mengatasi jerawat/freepik.com/

Terakhir, penyebab jerawat terasa gatal adalah pertanda bahwa jerawat akan sembuh. Hal ini dikarenakan saat jerawat akan sembuh, kulit yang memerah akan diganti dengan kulit yang lebih sehat. Pada proses pengelupasan tersebut, lapisan kulit yang baru akan muncul dan terkadang diiringi dengan rasa gatal. Jika kamu mengalaminya, tak perlu panik dan biarkan proses ini berjalan dengan baik hingga jerawat hilang dan sembuh dengan sendirinya.

Itulah penyebab jerawat terasa gatal dan cara mengatasi jerawat, selalu ingat untuk tidak menyentuh atau memencet jerawat yang gatal dan meradang ya, beauties!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id