sign up SIGN UP

SKINCARE

Mengenal Jenis-Jenis Jerawat: Karakteristik dan Perbedaannya

Izzul Millati Umami | Selasa, 20 Jul 2021 12:30 WIB
Mengenal Jenis-Jenis Jerawat: Karakteristik dan Perbedaannya
jenis-jenis jerawat/ Foto: pexels.com/anna-nekrashevich

Beauties, tahukah kamu kalau jerawat itu ada banyak macamnya? Yup, ternyata, jerawat bisa dibedakan sesuai dengan jenis masalahnya. Pengetahuan dasar mengenai jerawat sangat diperlukan supaya kamu tidak asal diagnosa sendiri ataupun menilai dengan asumsi buta. Mengetahuinya bisa membuat kamu lebih bijak dalam memilih produk yang akan digunakan sebagai obat jerawat. Yuk, simak daftar jenis-jenis jerawat yang telah dirangkum berikut, Beauties:

1. Papula

jenis-jenis jerawat
jenis-jenis jerawat/Foto:pexels.com/anna-nekrashevich

Apakah Beauties pernah merasakan jerawat besar berwarna merah? Wah, ini nih yang dinamakan jerawat papula. Pada kondisi ini, terjadi penyerapan sebum dan juga bakteri di bawah kulit papula. Akhirnya, semakin lama benjolan pun semakin membesar, loh. Sel kulit mati pun terus-terusan menumpuk. 

2. Blackheads

komedo hitam
komedo hitam/Foto:pexels.com/sam-lion

Meski dibilang sebagai komedo, namun blackheads nyatanya merupakan salah satu golongan jerawat. Blackheads bisa timbul dimanapun, bisa di wajah, dada sampai punggung. Produksi minyak berlebih adalah salah satu pemicu timbulnya blackheads. Solusi paling ampun untuk mengatasinya adalah dengan cukup mencuci muka, serta rajin minum air putih. 

3. Whiteheads

Selain blackheads, tentu saja ada yang namanya whiteheads. Komedo putih ini disebabkan oleh adanya perubahan hormon masa pubertas. Letak komedo putih ini sendiri terjadi di daerah dengan gesekan yang lebih sering semacam dagu dan hidung. Cukup bersihkan area dengan teratur serta jaga tingkat stress agar tidak semakin parah. 

4. Kistik

Jerawat Batu
Jerawat Batu/Foto:pexels.com/iamikeee

Kistik adalah jerawat bengkak yang disebut juga jerawat batu. Di dalam kistik, berisi nanah yang akan pecah dengan sendirinya. Namun, kalau tidak ditangani, jerawat tipe ini akan menimbulkan bekas yang lumayan besar, loh. Diperlukan penanganan medis untuk membersihkan jerawat tipe ini. Konsultasikan masalah ke ahlinya. 

5. Nodul

Jerawat nodul
Jerawat nodul/Foto:pexels.com/anna-nekrashevich

Jerawat nodul merupakan level yang paling parah dibanding jenis jerawat lainnya. Selain muncul jerawat, peradangan di sekitar area jerawat semakin memperparah kondisinya. Hindari memencet dan menyentuh jerawat tipe ini ya, Beauties. Segera bawa ke klinik kecantikan untuk penanganan yang lebih serius. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id