sign up SIGN UP

5 Cara Menghilangkan Flek Hitam Akibat Bekas Jerawat Kemerahan

Dian Aprilia | Selasa, 20 Jul 2021 20:00 WIB
5 Cara Menghilangkan Flek Hitam Akibat Bekas Jerawat Kemerahan
caption

Flek hitam yang timbul karena bekas jerawat tentu menjadi hal yang menyebalkan dan mengganggu penampilan. Flek hitam yang muncul karena bekas jerawat disebabkan karena melanin yang yang terlalu banyak sehingga menghasilkan warna yang gelap dan kehitaman. Namun kamu tak perlu khawatir, sebab flek hitam akibat bekas jerawat ini bisa dihilangkan seiring berjalannya waktu.

Berikut beautynesia.id telah merangkum cara menghilangkan flek hitam akibat bekas jerawat:

Kompres dengan Air Dingin

Flek hitam
Flek hitam/pexels.com/Enrique Zafra

Cara menghilangkan flek hitam yang pertama adalah mengompres bagian bawah mata dengan air dingin atau es batu. Suhu dingin berguna untuk mengurangi bengkak karena adanya peradangan. Langkah ini cocok dilakukan pada saat fase awal peradangan sebab bisa meminimalisir tanda-tanda bekas jerawat agar tak terlalu kentara.

Gunakan Obat Jerawat

Flek hitam
Flek hitam/pexels.com/Julia Kuzenkov

Selanjutnya, cara menghilangkan flek hitam adalah dengan penggunaan obat jerawat. Hal ini berfungsi untuk menghentikan perkembangan bakteri yang jadi penyebab utama jerawat. Sebaiknya pilih kandungan obat jerawat yang cenderung aman dan ampuh yakni Tea tree oil, Benzoyl Peroxide dan juga Salicylic acid.

 

Pakai Physical Sunscreen

Flek hitam
Flek hitam/pexels.com/Sora Shimazaki

Cara menghilangkan bintik hitam di wajah karena bekas jerawat adalah dengan penggunaan physical sunscreen. Sebab sunscreen berguna untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari yang bisa memicu bekas jerawat semakin gelap dan hitam.

Pastikan kamu memilih tekstur sunscreen yang ringan seperti gel atau lotion agar mudah menyerap dan nggak bikin kulit berminyak parah. Pilih sunscreen dengan SPF 30 atau lebih dan formula oil free dan non-comedogenic agar tidak menambah parah kondisi jerawat.

Hindari Produk Scrub atau Pencet Jerawat

Flek hitam
Flek hitam/pexels.com/Polina Kovaleva

Selain berbagai produk skincare, kamu juga perlu menghindari perilaku-perilaku yang bisa memicu pembentukan bintik hitam di wajah akibat jerawat. Cara menghilangkan bintik hitam di wajah karena jerawat adalah tidak memencet jerawat serta tidak menggunakan produk dengan butiran scrub kasar.

Biasanya produk dengan butiran scrub kasar bisa kita temui pada produk facial wash atau produk eksfoliasi. Bagi yang tidak tahan untuk memencet jerawat, kamu bisa menggunakan hydrocolloid patch. Produk ini bisa membantu mengeluarkan cairan jerawat tanpa perlu memencetnya. Contoh produknya adalah Derma Angel Acne Patch.

Pilih Skincare yang Bersifat Eksfoliasi

Cara menghilangkan bintik hitam di wajah akibat jerawat yang terakhir adalah menggunakan produk skincare yang bersifat eksfoliasi. Cara ini berguna untuk menghilangkan sel kulit yang gelap pada bintik hitam dan memperbaruinya dengan sel kulit yang bagus.

Produk skincare yang bersifat eksfoliasi adalah AHA (Alpha Hydroxy Acids) seperti Glycolic Acid. AHA berguna untuk mempercepat proses pengelupasan kulit secara alami, biasanya terdapat pada toner atau serum.

Itulah 5 cara menghilangkan flek hitam membandel akibat jerawat kemerahan. Selamat mencoba, beauties!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id