sign up SIGN UP

5 Alasan Kenapa Skincare Organik Lebih Efektif dan Aman untuk Kulit Wajah

Ratih Dewi | Minggu, 29 Aug 2021 16:00 WIB
5 Alasan Kenapa Skincare Organik Lebih Efektif dan Aman untuk Kulit Wajah
caption

Tidak hanya natural atau active ingredients, beberapa produk lokal baik skincare atau makeup juga menggunakan bahan organik sebagai kandungan utamanya. Sama seperti buah atau sayuran organik, produk kecantikan dengan bahan organik dinilai lebih efektif dan aman untuk kulit wajah.

Buat kamu yang masih ragu menggunakan bahan organik untuk kulit wajah, artikel ini akan menjelaskan manfaat dan alasan kenapa skincare organik lebih efektif dan aman untuk kulit wajah, pastinya juga ramah lingkungan, check this out

1. Tidak Mengandung Bahan Kimia yang Berbahaya

Tidak Mengandung Bahan Kimia yang Berbahaya
Tidak Mengandung Bahan Kimia yang Berbahaya/Foto : unsplash.com/Bee Naturalles

Salah satu bahan kimia seperti merkuri yang kita sering dengar, jika digunakan dalam jangka panjang tanpa disadari bisa memberikan dampak buruk, tidak hanya pada kulit tetapi juga kesehatan. Ada beberapa produk yang masih menggunakan merkuri sebagai bahan skincare untuk mencerahkan kulit wajah. 

Ahli kimia kosmetik Ginger King menjelaskan, merkuri adalah bahan efektif untuk mencerahkan dengan hasil yang sangat cepat, tetapi bahan ini merupakan racun yang dapat merusak kulit dan organ tubuh lainnya. 

2. Tidak Melibatkan Hewan saat Pembuatannya

Tidak Melibatkan Hewan saat Pembuatannya
Tidak Melibatkan Hewan saat Pembuatannya/Foto : unsplash.com/Marija Zaric

Beauties mungkin sudah tidak asing ya dengan label skincare atau makeup dengan cruelty-free yang artinya tidak melibatkan hewan atau tidak uji coba ke hewan saat pembuatannya. Nah, untuk skincare organik ini sudah dipastikan tidak melibatkan hewan atau merugikan hewan saat diproduksi. 

Menggunakan produk kecantikan berbahan organik, artinya kamu juga mendukung gerakan pengujian pada hewan dalam industri kecantikan yang bisa merugikan dan membahayakan hewan lho Beauties, demikian dilansir dari laman Neemli Naturals.

3. Produk Organik Aman untuk Kulit Wajah

Produk Organik Aman untuk Kulit Wajah
Produk Organik Aman untuk Kulit Wajah/Foto : unsplash.com/Audrey Fretz

Karena tidak menggunakan bahan kima yang berbahaya dan 100% dibuat dengan bahan alami, produk kecantikan berbahan organik lebih aman digunakan untuk segala jenis kulit wajah, apalagi tipe kulit wajah yang sensitif. 

Dilansir dari laman Simply Naturale, bahan-bahan alami yang biasa digunakan seperti ekstrak lavender, tea tree oil, shea butter, atau lainnya tidak membuat wajah mudah iritasi dan relatif aman. 

Tapi, kalau kamu tipe kulitnya sangat sensitif dan mau mencoba produk organik, kamu bisa konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk lebih jelasnya. 

4. Kaya akan Nutrisi untuk Kulit Wajah

Kaya akan Nutrisi untuk Kulit Wajah
Kaya akan Nutrisi untuk Kulit Wajah/Foto : unsplash.com/Nataliya Melnychuk

Bahan alami yang digunakan, sudah pasti kaya akan nutrisi untuk mengatasi masalah kulit wajah. Contohnya buah anggur, delima, atau white tea adalah kandungan yang kaya akan antioksidan dan sangat baik untuk meningkatkan kolagen, sehingga kulit wajah lebih elastis dan awet muda. 

Kandungan lainnya seperti kopi, teh hijau, ataupun shea butter, yang kaya akan vitamin E dan D akan memenuhi nutrisi untuk kulit wajah kamu dan membuat kulit wajah lebih sehat, demikian seperti dilansir dari laman Lamav. 

5. Lebih Ramah Lingkungan

Lebih Ramah Lingkungan
Lebih Ramah Lingkungan/Foto : unsplash.com/Ebba Thoresson

Tidak hanya baik untuk kulit wajah, produk skincare organik juga lebih ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan kimia berbahaya yang bisa berdampak buruk pada lingkungan, seperti menyebabkan polusi udara, tanah, ataupun air. 

Semoga penjelasan tentang skincare organik pada artikel ini membantu ya Beauties, selamat mencoba!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id