sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Bahan Skincare Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam dan Bekas Jerawat

Intan Dwi | Jumat, 23 Apr 2021 16:00 WIB
5 Bahan Skincare Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam dan Bekas Jerawat
caption

Flek hitam disebabkan oleh kerusakan yang diakibatkan terpaparnya sinar matahari dan perubahan hormonal. Dalam istilah medis, bercak yang berwarna gelap ini disebut sebagai hiperpigmentasi dan ini terbentuk ketika kulit memproduksi melanin berlebih yang merupakan pigmen alami kulit.

Meskipun bintik-bintik hitam yang muncul tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi ini bisa mengganggu penampilan. Menghilangkannya pun tidak jadi masalah dan ini merupakan kunci untuk menjaga warna kulit tetap merata.

Jika kamu masih bingung untuk menghilangkannya, berikut ini ada beberapa bahan dalam produk skincare yang dipercaya bisa menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat.

Niacinamide

Selain mengatur produksi minyak kamu, niacinamide juga akan mencerahkan mencerahkan dark spot dan melindungi kamu dari kerusakan akibat sinar matahari.
Niacinamide/instagram.com/firstaidbeauty

Selain mengatur produksi minyak kamu, niacinamide juga akan mencerahkan mencerahkan dark spot dan melindungi kamu dari kerusakan akibat sinar matahari. Ini juga dikenal sebagai Vitamin B3, kandungan yang dapat mengobati hiperpigmentasi tanpa menyebabkan iritasi.

Karena itu, niacinamide bekerja cukup baik dengan bahan aktif lainnya, jadi kamu tidak perlu sepenuhnya mengubah rutinitas kamu saat ini hanya untuk memasukkannya ke dalam skincare kamu.

Alpha Hydroxy Acids (AHA)

Kandungan AHA bekerja untuk memudarkan bintik hitam dengan mendorong pembentukan sel kulit baru dan membuang sel-sel mati di permukaan kulit.
Alpha Hydroxy Acids/instagram.com/deciem

Dalam hal menjaga kulit kamu tetap plump dan meratakan, menggunakan chemical exfoliant adalah cara terbaik. Kandungan AHA bekerja untuk memudarkan bintik hitam dengan mendorong pembentukan sel kulit baru dan membuang sel-sel mati di permukaan kulit.

Beberapa contoh AHA, termasuk glycolic acid, lactic acid, citric acid dan mandelic acid, semuanya dikenal untuk mencerahkan hiperpigmentasi dan meningkatkan produksi kolagen.

Vitamin C

Sebagai antioksidan yang kuat, kandungan ini dapat mengobati bentuk perubahan warna dengan menghambat produksi melanin berlebih dan selanjutnya melindungi kulit dari radikal bebas.
Vitamin C/instagram.com/trilogy_id

Vitamin C merupakan salah satu kandungan yang disukai oleh pecinta skincare karena memiliki khasiat yang bagus. Sebagai antioksidan yang kuat, kandungan ini dapat mengobati bentuk perubahan warna dengan menghambat produksi melanin berlebih dan selanjutnya melindungi kulit dari radikal bebas. Vitamin C juga bekerja sebagai bahan anti-inflamasi yang mengurangi kemerahan secara keseluruhan dan mempercepat penyembuhan luka.

Azelaic Acid

Kalau kulit kamu terlalu sensitif untuk penggunaan AHA, azelaic acid bisa menjadi alternatif kamu untuk memudarkan hiperpigmentasi.
Azelaic Acid/instagram.com/paulaschoice

Kalau kulit kamu terlalu sensitif untuk penggunaan AHA, azelaic acid bisa menjadi alternatif kamu untuk memudarkan hiperpigmentasi. Bahan ini bisa menyamarkan bintik-bintik hitam dan menenangkan jerawat dengan meningkatkan pergantian sel kulit dan menghambat produksi melanin yang tidak normal. Fakta lainnya yang mungkin belum diketahui adalah azelaic acid secara alami berasal dari gandum, gandum hitam dan barley.

Snail Mucin

Dikemas dengan hyaluronic acid dan glycolic acid, snail mucin dapat meminimalkan munculnya bekas jerawat dan noda hitam untuk membantu kulit kamu tampak halus
Snail Mucin/instagram.com/cosrx

Snail mucin merupakan kandungan klasik yang biasa digunakan dalam perawatan kulit K-Beauty, bahan ini terkenal dapat melindungi pelindung kulit serta meningkatkan tekstur dan warnanya. Dikemas dengan hyaluronic acid dan glycolic acid, snail mucin dapat meminimalkan munculnya bekas jerawat dan noda hitam untuk membantu kulit kamu tampak halus, terhidrasi dan dewy.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id