sign up SIGN UP

5 Cara Atasi Kulit Kusam dan Berminyak, Dijamin Langsung Glowing dan Flawless

Dian Aprilia | Minggu, 18 Jul 2021 19:00 WIB
5 Cara Atasi Kulit Kusam dan Berminyak, Dijamin Langsung Glowing dan Flawless
caption

Kulit kusam adalah kondisi saat kulit wajah terlihat tidak glowing, lusuh, dan cenderung gelap. Kulit kusam bisa dialami oleh berbagai jenis kulit, baik kulit berminyak ataupun kulit kering. Kulit kusam dan berminyak bisanya ditandai dengan pori-pori tampak besar serta warna dan cahaya kulit jadi gelap.

Ada berbagai penyebab yang membuat wajah kusam dan berminyak. Di antaranya adalah hormon, bertambahnya usia, stres, kulit mati yang menumpuk, dan tidak konsisten menggunakan skincare.  Berikut beautynesia.id telah merangkum cara mengatasi kulit kusam dan berminyak:

Rutin Eksfoliasi

Cara mengatasi kulit kusam
Cara mengatasi kulit kusam/pexels.com

Salah satu penyebab wajah kusam adalah penumpukan sel kulit mati yang terlalu banyak. Alhasil, proses regenerasi sel kulit terhambat, hal ini menyebabkan wajah terlihat lusuh dan tidak glowing. Salah satu cara ampuh untuk mengatasi hal ini dengan rutin melakukan eksfoliasi.

Eksfoliasi untuk kulit berminyak perlu memilih kandungan BHA (Beta Hydroxi Acids). Kandungan tersebut bisa menghilangkan sel kulit mati pada pori-pori. Selain itu, kandungan ini juga efektif untuk membersihkan sumbatan minyak dan juga komedo hitam serta komedo putih.

Pilih Pelembap yang Tepat

Salah satu hal yang sering disalahpahami adalah mengira bahwa kulit berminyak tidak membutuhkan pelembap. Padahal justru kulit berminyak perlu dirawat dengan penggunaan pelembap yang tepat. Sebab pelembap yang tepat bisa mengendalikan minyak di wajah agar tidak berlebihan.

Untuk kulit berminyak, kamu perlu memilih kandungan pelembab yang oil free. Ada beberapa kandungan yang dianjurkan pula, seperti Hyaluronic Acid, Centella, Niacinamide, dan Salicylic acid. Usahakan tidak memilih produk pelembap yang non-comedogenic ya beauties!

Produk Skincare Pencerah Kulit

Cara mengatasi wajah kusam
Cara mengatasi wajah kusam/pexels.com/Shiny Diamond

Wajah kusam seringkali ditandai dengan warna kulit yang cenderung gelap. Namun bukan berarti hanya khusus untuk pemilik warna kulit gelap saja ya. Biasanya kulit kusam ini juga ditunjukkan dengan kulit yang tidak glowing dan terlihat lusuh.

Untuk mengatasinya, kamu perlu menggunakan produk dengan kandungan pencerah dan antioksidan guna menutrisi kulit. Kandungan pencerah terdiri dari vitamin C, Alpha Arbutin, dan Niacinamide. Contohnya ialah Elsheskin vitamin C serum, Somethinc Niacinamide Moisture Beet Serum, dan The Ordinary Alpha Arbutin, dan lainnya.

Melindungi Kulit

Perlindungan kulit adalah salah satu step perawatan yang tak boleh dilewatkan oleh semua jenis kulit. Perlindungan kulit berperan untuk mencegah berbagai masalah kulit dan mengatasi masalah kulit yang saat ini terjadi.

Untuk kulit berminyak sebaiknya memilih jenis sunscreen dengan tekstur gel atau watery. Sebab produk ini cenderung lebih ringan dan tidak bikin kulit terlihat semakin oily. Jangan lupa untuk aplikasikan ulang setiap 3-4 jam sekali untuk memberikan perlindungan yang semakin kuat.

Mengubah Pola Hidup

Cara mengatasi kulit kusam
Cara mengatasi kulit kusam/pexels.com/Anna Shvets

Terakhir, cara yang paling mendasar untuk mengatasi kulit kusam dan berminyak adalah mengubah pola hidup. Usahakan untuk mendapat waktu tidur yang cukup, menjaga pola makan dengan perbanyak buah dan sayur, serta minum air putih.

Itulah 5 tips untuk mengatasi kulit kusam dan berminyak agar kulit kembali sehat, lembap dan glowing. Selamat mencoba, beauties!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id