sign up SIGN UP

Diam di Rumah Aja Bikin Kulit Kering dan Kusam? Begini Cara Mengatasinya!

tyana | Minggu, 04 Jul 2021 13:00 WIB
Diam di Rumah Aja Bikin Kulit Kering dan Kusam? Begini Cara Mengatasinya!
caption

Selama beraktivitas di rumah aja, apakah kamu merasa kulit kering dan kusam? Padahal, belajar dan bekerja di rumah punya banyak keuntungan seperti terhindar dari kemacetan, polusi, dan kulit tidak terkena langsung paparan matahari.

Sayangnya, terlalu banyak aktivitas di dalam rumah juga dapat menyebabkan kulit kusam dan kering.

Untuk itu Beautynesia telah merangkum 5 cara mengatasi kulit kering dan kusam karena terlalu sering aktivitas di dalam rumah. 

Tetap Rajin Menggunakan Moisturizer dan Sunscreen

Cara mengatasi kulit kering dan kusam
Penggunaan sunscreen sebagai cara untuk mengatasi kulit kusam dan kering/Foto: Freepik/senivpetro

Cara mengatasi kulit kusam yang pertama adalah tetap rajin menggunakan moisturizer dan sunscreen. Hal ini dikarenakan meskipun kita tidak ke luar rumah, kulit kita tetap membutuhkan perawatan dan juga perlindungan dari bahaya sinar matahari. Sinar UVA dan UVB juga masih tetap dapat masuk ke dalam rumah melalui celah-celah pintu, ventilasi dan juga kaca jendela.

Jadi, jangan sampai lupa dan malas lagi untuk menggunakan moisturizer dan sunscreen meskipun tetap dalam rumah.

Tetap Olahraga

cara mengatasi kulit kusam dan kering
Olahraga merupakan cara untuk mengatasi kulit kering dan kusam/Foto: Freepik

Beauties, tahukah kamu kalau berolahraga merupakan salah satu cara mengatasi kulit kusam? Dikutip dari laman Insider, menurut Dr. Marisa Garshick, seorang ahli dermatologi dari New York City, orang yang rajin berolahraga memiliki kondisi kulit yang lebih cerah, lembut dan juga sehat.

Hal ini dikarenakan olahraga dapat meningkatkan detak jantung dan merangsang aliran darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh sehingga bukan hanya dapat membuat tubuh menjadi tetap sehat, tetapi juga membuat kulit lebih cerah, halus dan lembut.

Konsumsi Lebih Banyak Air Putih

Cara mengatasi kulit kering dan kusam
Mengkonsumsi air putih untuk mengatasi kulit kering dan kusam/ Foto: Freepik/svetlanasokolova

Kekurangan konsumsi air putih harian dapat membuat dehidrasi sehingga mengakibatkan terganggunya metabolisme tubuh. Tidak hanya itu kekurangan mengkonsumsi air putih juga dapat menyebabkan kulit kering, kusam hingga pecah-pecah. Oleh karena itu mengkonsumsi lebih banyak air putih setiap hari dapat menjadi cara mengatasi kulit kusam yang sangat mudah dan murah. Jadi Beauties, jangan malas lagi untuk mengkonsumsi air putih agar tercukupi kebutuhan air dalam tubuh. 

Masukan Buah dan Sayuran dalam Menu Makanan

Cara mengatasi kulit kering dan kusam
Perbanyak konsumsi sayuran untuk mengatasi kulit kering dan kusam/ Foto: Freepik

Buah dan sayuran merupakan makanan yang kaya akan nutrisi seperti asam folat, potasium, vitamin A, vitamin C, vitamin E dan juga serat makan. Kandungan nutrisi tersebut dapat membantu tubuh bekerja lebih baik sehingga kita menjadi sehat. Tidak hanya itu buah dan sayuran juga kaya akan antioksidan yang dapat membuat kulit kita tetap halus, lembut dan juga cerah.

Tidur yang Cukup 

Cara mengatasi kulit kering dan kusam
Tidur dapat mengatasi kulit kering dan kusam/ Foto: Freepik/senivpetro

Cara mengatasi kulit kusam yang terakhir adalah dengan tidur yang cukup. Saat kita tidur tubuh tidak hanya beristirahat tetapi juga tetap bekerja mengeluarkan racun dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak. Kekurangan tidur dapat mengganggu sistem kerja tubuh sehingga kita akan menjadi cepat lelah, sakit dan juga kulit menjadi lebih kusam.

Beauties, dari kelima cara mengatasi kulit kusam di atas mana yang telah kamu coba?

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id