sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Jus

Intan Kumala | Kamis, 06 Oct 2016 02:30 WIB
5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Jus
caption
Sayuran dan buah-buahan memiliki khasiat penting yang tidak perlu kamu ragukan lagi. Tak hanya dimakan secara langsung, buah dan sayuran juga bisa dikonsumsi dengan cara dibuat jus. Khasiatnya lebih memungkinkan untuk mendapatkan enzim dalam jumlah yang lebih banyak daripada harus dimasak terlebih dahulu. Selain itu, jus juga lebih praktis karena bisa memadukan berbagai jenis buah maupun sayuran dalam sekali konsumsi. Namun, saat pembuatannya tidak bisa sembarangan. Bila pengolahannya salah justru membuat manfaat nutrisinya hilang. Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum membuat jus.

1. Menggunakan Bahan Organik atau Bahan Lokal


Pilih buah-buahan organik atau buah-buahan lokal yang segar daripada impor. Buah-buahan impor biasanya memiliki perlakuan khusus saat pengiriman agar lebih tahan lama. Misalnya menggunakan radiasi atau bahan pengawet, sehingga khasiatnya bisa berkurang saat dikonsumsi.
 


Foto: https://gambarbuahnet.blogspot.co.id/2015_01_01_archive.html

2. Mencuci Buah dan Sayuran


Pastikan buah dan sayuran dicuci bersih terlebih dahulu sebelum diolah. Hal ini untuk menghindari paparan pestisida dan zat kimia lain. Selain itu, beberapa buah juga mengandung lapisan lilin yang terdapat di bagian kulitnya. Kamu juga bisa mencuci buah dengan cara menyiramnya dengan air hangat. Hindari menggunakan air panas dari dispenser yang justru merusak vitamin.
 


Foto: https://bangka.tribunnews.com/2015/10/24/mencuci-buah-jangan-asal-begini-cara-tepat-mencuci-buah

3. Tidak Membuang Kulit


Buah seperti apel, pir, anggur, maupun tomat memiliki kandungan serat dan nutrisi penting pada kulitnya. Untuk itu hindari mengupas kulit buah saat membuat jus. Hal ini untuk mendapatkan manfaat gizi optimal di dalam tubuh. Hindari pula menyaring jus agar manfaat seratnya bisa dirasakan.
 


Foto: https://www.averiecooks.com/2012/02/spiced-apple-pie-smoothie.html

4. Segera Diminum


Buah yang sudah dibuat jus harus segera dikonsumsi. Tidak perlu disimpan terlebih dahulu di dalam kulkas. Sama halnya dengan buah yang sudah dibersihkan, dipotong dan disajikan juga harus segera dimakan. Hal ini untuk mencegah kandungan gizi yang hilang akibat terpapar matahari, panas, maupun angin.
 


Foto: https://www.mediaterpercaya.com/2016/01/minum-jus-ini-di-pagi-hari-bau-badan.html

5. Hindari Menambahkan Pemanis pada Jus


Banyak orang menambahkan pemanis untuk meningkatkan cita rasa dari jus buah. Seperti gula maupun madu yang terhitung alami sekalipun. Gula mengandung kalori yang justru dapat meningkatkan berat badan. Akan lebih baik bila merasakan cita rasa natural dari makanan itu sendiri. Untuk sayuran yang memiliki rasa pahit seperti bit kamu bisa menambahkan buah seperti apel atau anggur untuk memberikan rasa manis. 
 


Foto: https://www.jussehat.com/2013/12/cara-membuat-jus-buah-bit.html
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id