sign up SIGN UP

5 Kandungan Skincare yang Bagus Digunakan Bersamaan untuk Atasi Masalah Kulit Wajah

Ratih Dewi | Jumat, 19 Nov 2021 14:30 WIB
5 Kandungan Skincare yang Bagus Digunakan Bersamaan untuk Atasi Masalah Kulit Wajah
caption

Menggunakan lebih dari satu produk dalam rangkaian skincare dengan kandungan skincare yang berbeda, sudah lumrah dilakukan banyak orang saat ini. Bahkan, beberapa brand skincare memberikan edukasi bagaimana menggabungkan atau mencampurkan lebih dari satu kandungan skincare baik produk mereka ataupun produk lain. 

Dengan menggabungkan beberapa kandungan skincare tersebut, dipercaya bisa membantu mengatasi permasalahan kulit wajah lebih cepat dan lebih optimal. Buat Beauties yang masih bingung bagaimana mencampur kandungan skincare yang tepat, bisa cek artikel dibawah ini, ya! 

1. Retinol dan Peptides

Retinol dan Peptides
Retinol dan Peptides/Foto : unsplash.com/Content Pixie

Retinol adalah salah satu kandungan yang banyak direkomendasikan oleh ahli kulit karena memiliki manfaat baik untuk kulit wajah, salah satunya regenerasi sel kulit di wajah. Dokter kulit bersertifikat di New York, Kavita Mariwalla, menjelaskan penggunaan retinol dan peptides di malam hari sangat baik untuk kulit wajah. 

Melansir dari laman Real Simple, retinol akan membantu meningkatkan produksi kolagen dan peptides membantu meningkatkan elastisitas kulit wajah. Kedua kandungan ini membuat kulit lebih kencang, sehat, dan mengatasi tanda-tanda penuaan di wajah. 

Gunakan produk retinol terlebih dahulu dengan seukuran biji kacang polong, lalu lanjut dengan peptide di akhir tahap skincare ya, Beauties. 

2. Squalane dan Ceramide

Squalane dan Ceramide
Squalane dan Ceramide/Foto : unsplash.com/Birgith Roosipuu

Buat Beauties yang merasa skin barrier sedang tidak dalam kondisi baik dan kulit wajah yang kering, bisa mencoba untuk menggabungkan dua kandungan ini. Squalane dan ceramide akan menutrisi, melembapkan, dan melindungi kulit wajah. Demikian seperti yang dilansir dari laman ELLE Australia. 

Jemma Mcbride, Kiehl's educator menjelaskan, menggabungkan squalane dan ceramide akan meningkatkan kelembapan kulit wajah, menjaga permukaan kulit tetap terhidrasi sehingga skin barrier kulit terjaga dengan baik. 

3. Vitamin C dan Vitamin E 

Vitamin C dan Vitamin E
Vitamin C dan Vitamin E/Foto : unsplash.com/Jennifer Chen

Vitamin C dan vitamin E memiliki kandungan antioksidan tinggi yang baik untuk menjaga dan melindungi kulit wajah dari kotoran dan radikal bebas. Melansir dari laman Lifestyle Asia, kedua vitamin ini saat digabungkan akan menstabilkan kandungan satu sama lain, walaupun dengan daya serap ke kulit berbeda-beda. 

Untuk kulit yang lebih sehat dan skin barrier yang kuat, Beauties bisa coba menggabungkan vitamin C dan vitamin E dalam satu rangkaian skincare. 

4. Hyaluronic Acid dan AHA BHA

Hyaluronic Acid dan AHA BHA
Hyaluronic Acid dan AHA BHA/Foto : unsplash.com/Mathilde Langevin

Hyaluronic acid adalah salah satu kandungan yang paling gentle dan hampir bisa digabungkan dengan kandungan aktif lainnya dan tegolong aman untuk segala jenis kulit wajah. Hyaluronic acid akan bekerja mengembalikan dan menjaga kelembapan kulit wajah. 

Digabungkan dengan kandungan eksfoliasi seperti AHA dan BHA yang membersihkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati, hyaluronic acid akan mengembalikan kelembapan kulit setelah eksfoliasi. Demikian seperti yang dilansir dari laman Beauty Bay. 

5. Niacinamide dan Salicylic Acid

Niacinamide dan Salicylic Acid
Niacinamide dan Salicylic Acid/Foto : unsplash.com/Nati Melnychuk

Gabungan niacinamide dan salicylic acid bisa mengatasi kulit yang bermasalah dengan pori-pori besar. Kandungan salicylic acid berfungsi untuk membersihkan pori-pori kulit wajah dan mengangkat sel kulit mati.

Sedangkan niacinamide membantu mengurangi sebum di wajah yang membantu mengecilkan pori-pori dan memperbaiki tekstur kulit. Demikian seperti yang dilansir dari laman Science Becomes Her. Selain itu, kedua kandungan ini juga baik untuk mencegah penuaan dini dan meningkatkan elastisitas kulit wajah. 

-----------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id