sign up SIGN UP

5 Kebiasaan Baik yang Dapat Memperkuat Skin Barrier

Gabriella Gebby | Sabtu, 13 Nov 2021 19:00 WIB
5 Kebiasaan Baik yang Dapat Memperkuat Skin Barrier
caption
Jakarta -

Pasti rasanya kesal kalau sedang dimasa wajah gampang bermasalah, bisa jadi terlalu sensitif bahkan menimbulkan jerawat. Sudah mencoba berbagai macam produk, mulai dari penggunaan skincare natural hingga produk dengan kandungan bahan aktif, malah memperparah kondisi wajah.

Wah, kalau sudah begini, bisa jadi masalah tersebut karena kondisi skin barrier yang sedang tidak baik. Jangan lupa, kebiasaan kita sehari-hari berpengaruh pada kondisi skin barrier. Kira-kira kebiasaan baik apa saja yang bersahabat dengan skin barrier? Yuk kita simak!

1. Tetap Terhidrasi

tetap terhidrasi
Kebiasaan yang Baik untuk Skin Barrier/Foto: pexels.com/Daria Shevtsova

Kulit kita tentunya membutuhkan hidrasi dari dalam agar tetap pada kondisi normal, sehingga kelembapan kulit tetap terjaga. Kalau kamu masih sering lupa minum air putih, bisa saja kulit yang sedang bermasalah memberikan tanda bahwa kamu butuh konsumsi air putih yang cukup.

Jangan pernah melupakan moisturizer juga menjadi kunci agar kulit tetap terhidrasi. Kulit berminyak juga butuh moisturizer untuk mengontrol produksi minyak berlebih, moisturizer bertekstur gel bisa jadi pilihan.

Begitu pula bagi yang memiliki kulit kering, pastikan bahwa moisturizer yang kamu gunakan memiliki kandungan yang dapat mempertahankan kelembapan kulit, seperti ceramide dan glycerin.  

2. Menjaga Pola Tidur

menjaga pola tidur
Kebiasaan yang Baik untuk Skin Barrier/Foto: pexels.com/Ketut Subiyanto

Tidur sangat penting untuk memperkuat skin barrier agar tetap normal. Hal ini karena skin barrier berperan besar dalam menjaga kelembapan kulit serta perlindungan dari polusi dan alergi yang kemungkinan akan menyerang kulit jika kita memiliki kebiasaan tidur yang tidak baik.

Selain jam tidur yang cukup, usahakan untuk memaksimalkan kualitas tidur. Kamu bisa mulai dengan membuat kondisi kamar menjadi nyaman dan bersikap rileks sebelum tidur.

3. Hindari Penggunaan Produk Skincare Berlebihan

tidak menggunakan skincare secara berlebihan
Kebiasaan yang Baik untuk Skin Barrier/Foto: pexels.com/Rodnae Productions

Sesuatu yang berlebihan tentu tidak selalu baik. Dalam hal ini, penggunaan skincare untuk memperbaiki kondisi skin barrier juga berlaku ya. Cukup gunakan produk dengan kandungan yang cocok dan tidak perlu terlalu banyak layer.

Pastikan untuk tidak menggunakan beberapa produk skincare baru dalam waktu bersamaan, agar kamu bisa mendeteksi produk mana yang tidak cocok dengan kulitmu. Selain itu, tidak melakukan eksfoliasi berlebihan juga dapat mengurangi kulit dari iritasi yang akan ditimbulkan.

4. Rutin Menggunakan Sunscreen

rutin menggunakan sunscreen
Kebiasaan yang Baik untuk Skin Barrier/Foro: pexels.com/Rodnae Productions

Jangan pernah lupakan penggunaan sunscreen di pagi hari, baik jika kamu beraktivitas outdoor maupun indoor. Kulit dengan kondisi skin barrier yang sedang tidak dalam keadaan baik, apabila bertemu langsung dengan paparan sinar matahari akan memicu kulit semakin sensitif.

Perlindungan kulit dengan sunscreen tentu penting untuk memperbaiki dan menjaga skin barrier. Dengan rutin menggunakan sunscreen minimal dengan SPF 30 dan tidak lupa untuk reapply sunscreen, maka akan memperkuat skin barrier-mu.

5. Mengindari Konsumsi Makan dan Minuman Pemicu Inflamasi 

menjaga asupan makanan dan minuman
Kebiasaan yang Baik untuk Skin Barrier/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Asupan makanan dan minuman juga perlu diperhatikan untuk memperkuat skin barrier, terutama saat kondisi kulit sedang mudah bermasalah. Sebaiknya kita menghindari konsumsi makanan maupun minuman yang dapat memicu inflamasi pada skin barrier.

Kamu bisa mulai dengan mencari tahu jenis makanan dan minuman apa yang akan memicu kulitmu menjadi lebih sensitif, jangan lupa untuk mengurangi konsumsi gula dan lemak berlebih.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id