sign up SIGN UP

5 Kebiasaan Saat Mandi Ini Ternyata Malah Berisiko Timbulkan Jerawat!

Novianty Aulia | Minggu, 01 Aug 2021 15:00 WIB
5 Kebiasaan Saat Mandi Ini Ternyata Malah Berisiko Timbulkan Jerawat!
caption

Jarang disadari, penyebab utama kulit berjerawat justru datang dari kebiasaan mandi yang kurang tepat. Kulit yang seharusnya menjadi bersih malah mudah bermasalah dan jauh dari kondisi sehat yang seharusnya. Lalu, apa sebenarnya yang salah dari hal tersebut?

Beauties, seringkali kamu menganggap mandi hanyalah sekadar membersihkan tubuh lalu keringkan dan selesai, tanpa memperhatikan berbagai hal lainnya.

Kurangnya kesadaran inilah yang menjadi cikal bakal mengapa kulit mudah bermasalah. Jerawat pun tidak bisa dihindari meskipun sudah memakai produk pembersih ternama sekalipun.

Agar lebih jelasnya, berikut Beautynesia telah merangkum 5 kebiasaan saat mandi yang beresiko menimbulkan jerawat. Yuk simak artikel berikut ini.

Suhu Air Terlalu Panas atau Dingin 

Penggunaan air dengan suhu yang berlebihan baik panas ataupun dingin sama-sama memiliki resiko merusak kesehatan kulit.
Pemilihan suhu air yang tidak tepat beresiko merusak kesehatan kulitmu/Foto:Freepik.com/Freepik


Perubahan cuaca yang tidak menentu seringkali membuat kamu kerap berganti-ganti dalam memilih suhu air, baik panas ataupun dingin untuk membasuh tubuh seusai beraktivitas. Tetapi beauties, siapa sangka hal inilah yang menjadi pemicu timbulnya masalah kulit lho. 

Dilansir dari laman Well and Good, seorang dermatolog asal Amerika Serikat, yakni Neil Sadick, mengungkapkan bahwa kulit wajah sehat didapatkan ditentukan dari pemilihan suhu air yang tepat.

Air yang terlalu panas dapat membuka pori-pori sehingga kulit rentan mengalami iritasi. Sama halnya dengan air yang terlalu dingin di mana dapat membilas kadar minyak pada kulit sehingga wajahmu kehilangan kelembapan alaminya. Akibatnya, kulit menjadi kering dan mudah berjerawat.

Urutan Mandi yang Kurang Tepat 

Urutan mandi yang tidak tepat juga menjadi salah satu penyebab mengapa jerawat dapat timbul.
Jangan sembarangan, urutan mandi juga dapat timbulkan jerawat/Foto:Freepik.com/Jcomp


Percaya atau tidak, urutan membersihkan badan ketika mandi juga menjadi pangkal utama datangnya masalah kulit pada wajah. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh beberapa kandungan pada bahan pembersih yang mengenai wajah dan tidak terbilas dengan sempurna, karena urutan mandi yang tidak tepat. Hal inilah yang memicu datangnya jerawat dan masalah kulit lainnya.

Seperti halnya dengan pemakaian pelembut rambut yang didahului oleh produk pembersih wajah. Urutan ini dianggap kurang tepat karena kandungan minyak pada produk conditioner dapat tertinggal di wajah, yang nantinya malah menyumbat pori-pori.

Kondisi seperti ini juga berlaku terhadap berbagai produk pembersih yang memiliki kandungan cukup harsh dan akan berbahaya jika tidak terbilas dengan bersih hanya karena urutan mandi yang kurang tepat.

Shower Puff yang Tidak Bersih 

Kebersihan shower puff yang kamu gunakan juga penting untuk diperhatikan karena bisa menjadi sarang bakteri.
Bakteri jerawat dapat datang dari shower puff yang tidak bersih/Foto:Freepik.com/Freepik


Gemar memakai shower puff setiap kali membersihkan tubuh? Jika iya, masih ingatkah kapan terakhir kali kamu membersihkan alat tersebut?

Ya, seringkali kamu menyepelekan kondisi shower puff dan tetap memakainya secara berulang tanpa dibersihkan secara rutin. Kebiasaan inilah yang membuat bakteri serta kuman malah menumpuk dan tertimbun di sela-sela shower puff. Tidak menutup kemungkinan, bakteri tersebut dapat berpindah ke kulit wajah serta tubuhmu dan mengundang berbagai permasalahan. 

Selain menyebabkan jerawat, kondisi shower puff yang tidak layak pakai juga beresiko merusak kesehatan kulit tubuhmu. Seperti yang dilansir dari laman detik, penggunaan shower puff yang kotor dapat membuat kulitmu rentan terinfeksi berbagai masalah berbahaya seperti eksim hingga peradangan parah pada kulit.  Seram banget ya, Beauties!

Menyentuh Wajah dengan Kasar

Mencuci muka dengan ritme yang kasar dapat membuat kulit mudah iritasi dan menimbulkan jerawat.
Kebiasaan menggosok wajah dengan kasar menimbulkan jerawat/Foto:Freepik.com/Jcomp


Kesalahan lain yang juga sering dilakukan ialah membersihkan wajah secara kasar. Masih banyak dari kamu yang beranggapan kotoran wajah dapat terangkat sempurna ketika dibersihkan dengan ritme yang semangat. Nyatanya, hal inilah yang justru membuat kulit wajah mudah iritasi karena menerima sentuhan yang terlalu keras ketika dibersihkan olehmu. 

Perlu kamu ingat, kulit wajah ialah bagian yang sangat sensitif dalam menerima kontak dari segala sesuatu yang mengenainya. Ketika wajah diusap secara kasar, permukaan kulit dapat terkikis sehingga wajah akan kehilangan kelembutannya. Akibatnya, wajahmu malah jauh dari kata sehat dan gampang bermasalah.

Tidak Memperhatikan Kandungan Sabun Pembersih 

Setiap kandungan pada produk pembersih tentunya memberikan effect tersendiri pada kulit. Jika kamu asal, bukan tidak mungkin masalah seperti jerawat hingga gatal-gatal datang.
Asal dalam memilih produk pembersih malah beresiko datangkan masalah kulit/Foto:Freepik.com/Freepik


Semakin mudahnya beragam produk pembersih ditemukan mulai dari lokal hingga luar negeri tentunya menjadi godaan tersendiri untuk kamu. Banyaknya review menarik membuat kamu langsung membeli tanpa mencari tahu lebih lanjut apa saja kandungan di produk tersebut.

Kebiasaan inilah yang menjadi penyebab paling jelas mengapa jerawat malah mudah datang padahal sudah rajin membersihkan muka. Walaupun terdengar sepele, hal ini sangatlah penting untuk kamu perhatikan sebelum memilih produk pembersih yang digunakan.

Pastikan tidak terdapat kandungan yang bersifat harsh untuk mencegah timbulnya iritasi. Tak cuma untuk wajah, sabun pembersih badan yang tidak cocok juga berisiko menimbulkan jerawat pada bagian tubuh. Oleh karena itu, rajinlah mencari tahu terlebih dahulu ya, Beauties.

Nah, kebiasaan mana yang sering kamu lakukan?

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id