sign up SIGN UP

Anti Rontok, Cara Bersihkan Riasan Bulu Mata Palsu dan Eyelash Extension

Henny Alifah | Jumat, 23 Jul 2021 14:30 WIB
Anti Rontok, Cara Bersihkan Riasan Bulu Mata Palsu dan Eyelash Extension
caption

Adakah di antara kamu yang mencoba makeup bold untuk dipakai? Makeup bold bisa ditegaskan dengan memberi perhatian penuh pada riasan mata, termasuk bulu mata. Bulu mata panjang, tebal, dan lentik dapat meningkatkan kepercayaan diri secara instan. Entah itu pakai serum pertumbuhan bulu mata yang tampak alami atau pakai maskara, eyelash extension, hingga bulu mata palsu, semuanya dapat mengubah tampilan riasan jadi lebih memukau.

Buat kamu yang lebih suka pakai bulu mata palsu dan eyelash extension, jangan lupa untuk membersihkannya dengan benar. Ini supaya terhindar dari iritasi serta bulu mata tetap sehat dan tidak rontok.

Nah, berikut adalah tips-tips membersihkan bulu mata palsu dan eyelash extension.

Cara Membersihkan Bulu Mata Palsu

Bulu Mata
Bulu Mata/ Foto: Pexels.com/Ron Lach

Daripada beli terus, kamu bisa berhemat dengan menggunakan kembali bulu mata palsu yang sudah kamu miliki. Namun, bulu mata palsu dapat menampung kotoran dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi mata. Karena itu, kamu perlu membersihkannya dengan benar agar tahan lama dan aman buat mata. Begini langkahnya.

1. Lepas Lem

Pertama, hilangkan lem berlebih yang masih menempel pada tulang bulu mata palsu. Lem perekat seringkali membuat bulu mata palsu rusak karena kurang hati-hati dalam membersihkannya. Gunakan jari atau pinset untuk melepas lem, lakukan dengan lembut.

2. Bersihkan Sisa Makeup

Jika kamu pakai maskara, micellar water akan membantu melarutkannya. Tuang micellar water ke kapas, lalu gosokkan dengan lembut ke bulu mata hingga maskara dan lem terlepas.

Kamu bisa coba trik dari Huda Kattan, yakni letakkan bulu mata palsu di antara dua kapas yang telah dituangi micellar water lalu diamkan selama 30 detik dan maskara akan luntur dengan sendirinya. Selanjutnya, sisir bulu mata palsu dengan cotton buds untuk memastikan setiap bulunya bersih. Ulangi langkah ini beberapa kali hingga bulu mata palsu benar-benar bersih. Cara ini bisa bikin awet bulu mata palsu hingga bisa digunakan lebih dari 15 kali!

3. Keringkan

Jika basah, keringkan bulu mata palsu dengan hati-hati menggunakan microfiber towel. Handuk katun tradisional cenderung luruh dan bisa tersangkut di bulu mata, itulah mengapa sebaiknya menggunakan bahan microfiber yang lebih aman. Usap dengan lembut tanpa memberikan terlalu banyak tekanan agar tidak kehilangan bentuknya.

4. Simpan dengan Benar

Setelah dibersihkan, sebaiknya simpan bulu mata palsu dalam kemasan aslinya. Hal ini akan membuatnya terhindar dari debu dan bakteri. Selain itu, bentuknya juga akan tetap terjaga.

Cara Membersihkan Eyelash Extension

Bulu Mata
Bulu Mata/ Foto: Pexels.com/Dimitry Zub

Untuk membersihkan dan merawat eyelash extension, ikuti tips mudah berikut ini.

1. Hindari Pemakaian Maskara dan Eyeliner

Salah satu keuntungan eyelash extension adalah kamu tidak perlu lagi pakai maskara dan penjepit bulu mata. Dengan eyelash extension, bulu mata akan tampak lebih besar dan lebih penuh meski tanpa riasan.

Kalaupun mau pakai maskara, pilih yang bukan waterproof. Formula tahan air sulit dilepas sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada ekstensi bulu mata dan juga bulu mata alami. Untuk eyeliner, bisa juga kamu pakai tapi jangan lupa membersihkannya di penghujung hari. Membiarkan riasan menumpuk di sekitar ekstensi bulu mata dapat menyebabkannya lepas lebih awal, dan itu dapat menyebabkan peradangan pada kelopak mata.

Selain itu, hindari juga produk dengan produk makeup berbasis minyak dan glycerin. Formula ini menyebabkan perekat rusak sebelum waktunya dan bulu mata pun akan rontok. Sebaiknya gunakan makeup berbasis mineral untuk menjaga bulu mata tetap sehat dan kuat.

2. Gunakan Sampo Bulu Mata

Bersihkan bulu mata kamu setiap hari dengan sampo khusus agar terhindar dari debu, kotoran, dan sisa riasan yang menyebabkan infeksi. Disarankan untuk pakai sampo bulu mata dengan formula bebas minyak. Produk berbasis minyak diketahui dapat melemahkan ekstensi bulu mata serta menyebabkannya patah dan luruh. Dengan beberapa pump sampo pada spoolie brush, sikat bulu mata beberapa kali untuk membantu memecah maskara dan menghilangkan kotoran yang lain.

3. Jangan Gunakan Kapas

Menggunakan kapas di sekitar atau pada ekstensi bulu mata dapat merobek bulunya. Jadi setelah menyikat dengan makeup remover, lebih baik tap-tap pakai tisu untuk menghilangkan maskara.

4. Perawatan Lebih Lanjut

Setelah bulu mata bersih, gunakan sealer pelindung seperti Black Diamond Eyelash Coating Sealant untuk mencegah minyak alami merusak ikatan antara bulu mata alami dan ekstensi. Plus, menerapkan sealer akan membantu memperpanjang ketahanan ekstensi bulu mata.

Itu tadi tips membersihkan bulu mata palsu dan juga eyelash extension. Langkah ini akan mencegah infeksi dan membuat bulu mata tampak memukau lebih lama.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id