sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Manfaat Propolis, Kandungan yang Banyak Dipakai dalam Skincare Korea

Dian Purnamasari | Minggu, 10 Jan 2021 21:30 WIB
5 Manfaat Propolis, Kandungan yang Banyak Dipakai dalam Skincare Korea
caption

Tren kecantikan dari Korea memang selalu menarik untuk kita ikuti perkembangannya, inovasi terbaru terkait kandungan skincare-nya membuat kita ingin selalu mencobanya. Salah satu yang sedang hits adalah propolis.

Salah satu jenis madu yang dikenal mahal ini, merupakan jenis madu terbaik. Propolis adalah lem atau resin lebah yang fungsinya untuk merekatkan dan melindungi rumah lebah dari hujan, angin dan juga polusi. Dalam propolis terdapat pencampuran antara beeswax, liur lebah, dan beberapa kandungan botanical lainnya. Jadi fungsi proplis adalah lapisan yang melindungi madu dari radikal bebas.

Honey
Source: Pexels.com

Untuk kulit sendiri, propolis direkomendasikan untuk pemilik kulit berjerawat, karena pada dasarnya propolis adalah antiseptik yang dapat meredakan jerawat yang meradang atau kulit iritasi karena bakteri dan juga kotoran. Tidak hanya itu, propolis juga memiliki fungsi regenerasi dan healing properties yang dapat membantu menguatkan dan mengembalikan lapisan kulit yang rusak akibat jerawat.

Karena banyak memiliki manfaat baik untuk kulit itulah, akhirnya banyak brand skincare Korea yang menjadikan propolis sebagai kandungan utamanya. Kira-kira manfaat apalagi ya yang bisa kamu dapat dari propolis? Berikut 5 manfaat dari propolis untuk kulit wajah:

1. Melembapkan Kulit

Melembapkan kulit
Source: Pexels.com

Propolis sering ditemukan pada kandungan essence, serum atau ampoule. Hal itu dikarenakan, propolis memiliki kandungan nutrisi seperti asam amino, protein, vitamin A, B, C dan E, serta royal jelly. Kandungan tersebut sangat baik untuk melembapkan kulit, selain itu propolis juga tidak menyumbat pori – pori sehingga cocok digunakan untuk jenis kulit apapun.

2. Menenangkan Kulit

Menenangkan kulit
Source: Pexels.com

Sifat penyembuhan yang kuat pada propolis, mampu menenangkan peradangan yang terjadi pada kulit. Hal ini dikarenakan propolis kaya antioksidan yang dipercaya mampu mendorong regenerasi sel-sel kulit dan mempercepat proses penyembuhan luka.

3. Melindungi dari Radikal Bebas

Mencegah radikal bebas
Source: Pexels.com

Kulit kita setiap harinya terpapar polusi dan sinar UV, hal itu dapat menjadi faktor eksternal perusak kulit. Kulitmu jadi kusam, penuaan dini dan timbulnya flek hitam. Antioksidan yang terdapat dalam propolis, mampu melindungi kulitmu dari radikal bebas

4. Mengontrol Produksi Minyak Berlebih

Mengontrol minyak berlebih
Source: Pexels.com

Propolis juga dapat membantu mengontrol sebum atau produksi minyak berlebih. Kamu yang memiliki kulit berminyak, tidak ada salahnya mencoba skincare dengan kandungan propolis.

5. Bantu Melawan Jerawat

Membantu melawan jerawat
Source: Pexels.com

Berkat sifat antibakteri, anti jamur, dan anti virus yang dimiliki propolis, membuatnya jadi andalan untuk membantu melawan jerawat.

Itulah beragam manfaat dari propolis yang ada dalam kandungan skincare kamu, tertarik mulai mencobanya? Kamu bisa temukan kandungan skincare pada beberapa produk ini yaitu, COSRX Full Fit Propolis Synergy Toner, Dr. Ceuracle Vita Propolis Ampoule, Benton Aloe Propolis Shooting Gel, atau Leaders Mediu Amino Propolis Mask.   

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id