sign up SIGN UP

5 Tips untuk Mencegah dan Merawat Rambut yang Tumbuh ke Dalam

Intan Dwi | Minggu, 25 Apr 2021 16:00 WIB
5 Tips untuk Mencegah dan Merawat Rambut yang Tumbuh ke Dalam
caption

Mungkin sebagian orang mengalami munculnya benjolan merah di area kamu mencukur rambut, artinya kamu mengalami iritasi yang disebabkan oleh rambut tumbuh ke dalam setelah mencukur. Rambut yang tumbuh ke dalam terjadi ketika rambut di wax, cukur atau cabut dan kembali tumbuh, bukannya muncul ke luar tetapi malah tumbuh ke dalam kulit.

Benjolan merah ini mungkin akan muncul selama beberapa hari atau minggu setelah mencukur. Kalau kamu ingin menghindari ini atau ingin mengetahui perawatannya jika sudah terjadi. Kamu bisa simak tips-tips untuk mencegah dan merawat rambut yang tumbuh ke dalam di bawah ini:

Eksfoliasi dan melembapkan

jangan lupa untuk melembapkan tubuh secara teratur karena ini merupakan bagian penting dari perawatan diri yang suka dilupakan.
Eksfoliasi dan melembapkan/freepik.com

Melakukan eksfoliasi dengan lembut ketika kulit lembut dan hangat alias ketika kamu mandi, itu dapat membantu mengeluarkan rambut yang terjebak di permukaan. Kamu bisa melakukan eksfoliasi secara fisik dengan washlap yang lembut atau sarung tangan eksfoliasi.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan chemical exfoliant untuk tubuh kamu, PHA merupakan bahan yang bagus untuk mencegah dan merawat rambut yang tumbuh ke dalam dan aman digunakan setiap hari.

Setelah itu, jangan lupa untuk melembapkan tubuh secara teratur karena ini merupakan bagian penting dari perawatan diri yang suka dilupakan. Lebih baik hindari pelembap yang mengandung alkohol, bahan kimia yang tidak perlu atau wewangian karena dapat menyebabkan iritasi.

Pilih pisau cukur yang tepat

Pisau cukur yang akan kamu gunakan dapat memberikan pengaruh besar dalam rutinitas mencukur dan memengaruhi cara rambut tumbuh kembali.
Pilih pisau cukur yang tepat/freepik.com

Pisau cukur yang akan kamu gunakan dapat memberikan pengaruh besar dalam rutinitas mencukur dan memengaruhi cara rambut tumbuh kembali. Ketika kamu menggunakan kombinasi pisau tumpul dan tajam itu meningkatkan iritasi.

Sedangkan mata pisau yang tumpul nantinya kamu akan memberikan tekanan yang lebih dalam agar mendapatkan hasil yang rapi. Padahal itu nantinya tumbuh kembali, kemungkinan besar membuat rambut terperangkap di bawah sel kulit mati yang menyebabkan pertumbuhan ke dalam.

Jadi kamu bisa menggunakan single blade (lebih aman), nantinya ini akan memotong rambut kamu di tingkat kulit yang aman berarti ada lebih sedikit kemungkinan pertumbuhan kembali rambut terjebak di bawah permukaan kulit.

Gunakan produk yang diformulasikan khusus

Saat ini ada banyak produk perawatan kulit yang diformulasikan khusus untuk merawat dan mencegah rambut tumbuh ke dalam.
Gunakan produk yang diformulasikan khusus/freepik.com

Saat ini ada banyak produk perawatan kulit yang diformulasikan khusus untuk merawat dan mencegah rambut tumbuh ke dalam. Kamu bisa mencari produk yang mengandung asam salisilat atau asam laktat, karena itu akan membantu menarik rambut keluar dan mengurangi ketidaknyamanan.

Penggunaan produk yang diformulasikan khusus juga dapat membantu meredakan iritasi sekaligus menghilangkan kotoran dan minyak berlebih yang menyumbat pori-pori atau memperburuk masalah.

Kompres dengan air hangat atau panas

Begitu kamu melihat ujung rambut, kamu bisa menggunakan kompres dengan air panas untuk membuat kulit lembut dan membuka pori-pori untuk membantu rambut keluar.
Kompres dengan air hangat atau panas/freepik.com

Begitu kamu melihat ujung rambut, kamu bisa menggunakan kompres dengan air panas untuk membuat kulit lembut dan membuka pori-pori untuk membantu rambut keluar. Karena panas dapat membantu mendorong folikel ke permukaan yang akan membuat segalanya lebih mudah saat kamu mencoba menyingkirkan rambut yang tumbuh ke dalam. Basahi washlap di bawah air panas lalu letakkan di area yang ingin dicukur sekitar 10 menit sebelum mencoba melepasnya.

Meminimalisir kemungkinan inflamasi

Langkah terpenting adalah langkah terakhir, menurunkan kemungkinan terjadinya inflmasi atau peradangan dengan mendinginkan area tersebut.
Meminimalisir kemungkinan inflamasi/freepik.com

Langkah terpenting adalah langkah terakhir, menurunkan kemungkinan terjadinya inflamasi atau peradangan dengan mendinginkan area tersebut. Nah, untuk perawatan setelah mencukur coba untuk gunakan bahan-bahan yang anti-inflamasi, seperti lidah buaya, chamomile dan ekstrak oatmeal. Kamu juga bisa menambahkan vitamin E untuk mempercepat proses penyembuhan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id