sign up SIGN UP

SKINCARE

Bolehkan Mencukur Rambut Halus di Wajah?

Hani Arifah | Minggu, 04 Apr 2021 15:15 WIB
Bolehkan Mencukur Rambut Halus di Wajah?
caption
Jakarta -

Rambut-rambut halus yang ada di seluruh tubuh kita adalah hal yang normal, termasuk rambut halus pada wajah kita. Namun, keberadaan rambut halus pada wajah sering kali dianggap mengganggu bagi beberapa orang. Setiap orang memiliki rambut halus yang berbeda-beda. Ada yang samar-samar terlihat, ada yang jelas terlihat, ada yang hampir tidak terlihat.

Keberadaan rambut pada wajah kita tentu saja memiliki manfaat tertentu bagi kulit wajah. Rambut halus pada wajah berfungsi untuk melindungi pori-pori kulit agar debu dan kotoran tidak mudah masuk.

Facial Hair RemovalFoto:pinterest/theheartysoul
Facial Hair Removal

Sebagian orang menganggap rambut halus pada wajah akan menimbulkan kesan seksi. Namun bagi sebagian lainnya, rambut wajah membuat make up tidak menempel dengan sempurna. Hal ini membuat banyak orang memutuskan untuk menghilangkan rambut halus pada wajah.Lalu, apakah tidak masalah jika kita menghilangkan rambut pada wajah? 

Apakah boleh menghilangkan rambut halus pada wajah?

Banyak yang bilang, mencukur rambut pada kulit wajah malah membuat rambut wajah yang tumbuh nantinya semakin tebal. Hal ini membuat kita menjadi ragu. Namun, jika kita melakukannya dengan benar, hal tersebut tidak akan terjadi. 

Menghilangkan rambut wajah boleh saja dilakukan, asal melalui proses yang aman. Banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rambut wajah, seperti mencukur dengan pisau cukur, melakukan waxing, atau IPL.

1. Dengan IPL (Intense Pulse Light)

Intense Pulse LightFoto:pinterest/grouponuk
Intense Pulse Light

IPL (Intense Pulse Light) merupakan sebuah treatment untuk menghilangkan rambut di tubuh dengan sinar lampu xenon. Sinar ini berfungsi untuk menghambat pertumbuhan rambut pada tempat yang di-treatment dengan cara mengangkat pigmen pada folikel rambut, dengan begitu akar rambut akan rusak.

Treatment ini harus melalui pengawasan dokter agar tidak terjadi pembengkakan, iritasi dan sensasi terbakar. Untuk hasil yang maksimal, treatment ini harus dilakukan 6-9 kali dengan jarak kurang lebih satu bulan tiap treatment-nya.

2. Menggunakan Pisau Cukur

Facial Hair RemovalFoto:pinterest/angelalanter
Facial Hair Removal

Sebenarnya mencukur rambut wajah dengan pisau cukur cukup efektif dan cepat. Namun, mencukur dengan metode ini hanya dapat bertahan beberapa hari saja.

Menghilangkan rambut wajah dengan pisau cukur juga bisa dibilang memiliki resiko lebih besar daripada prosedur lainnya. Untuk mencukur rambut wajah, kita perlu memperhatikan hal-hal seperti, pisau cukur yang digunakan sampai waktu mencukur. 

Mencukur rambut wajah dengan pisau rentan terjadi luka dan iritasi. Iritasi atau luka pada akar rambut mengakibatkan aliran darah meningkat, hal ini dapat memicu pertumbuhan rambut yang lebih lebat.

Untuk itu, perlu kehati-hatian ekstra saat kamu mencukur rambut halus di wajah dengan pisau cukur. Untuk menghindari iritasi, gunakan juga pelembap setelah mencukur rambut halus di wajah. 

3. Waxing

Wax/freepik.com
Wax

Banyak juga yang melakukan waxing untuk menghilangkan rambut halus di wajah. Meskipun resiko lukanya lebih rendah daripada pisau cukur, tapi menghilangkan rambut wajah dengan cara waxing dapat menimbulkan rasa sakit saat ditarik. 

Namun, jika kamu tahan dengan rasa sakit, kamu bisa melakukan waxing pada rambut di wajahmu.

Nah, sudah jelas, ya? Mencukur rambut di wajah tidak akan menimbulkan masalah asalkan menggunakan metode yang tepat dan tetap berhati-hati.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id