sign up SIGN UP

SKINCARE

6 Cara Atasi Bibir Kering dan Pecah-pecah Selama Puasa

Esra Dopita | Rabu, 20 May 2020 10:30 WIB
6 Cara Atasi Bibir Kering dan Pecah-pecah Selama Puasa
caption
Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah tak cukup dengan memenuhi kebutuhan cairan. Kamu juga harus menghindari menjilat bibir agar tak semakin kering.

Bibir kering dan pecah-pecah kerap dialami ketika berpuasa. Hal ini lantaran tubuh kekurangan cairan selama kurang-lebih 12 jam puasa. Bibir kering dan pecah dapat menimbulkan luka. Untuk mencegahnya, berikut ini enam cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah selama puasa. 


Tubuh Terhidrasi




Foto: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4706805/8-waktu-terbaik-minum-air-putih-yang-disarankan-ahli

Selama berpuasa, asupan cairan menjadi berkurang. Karena itu, ketika berbuka dan sahur, kamu harus memenuhi kebutuhan cairan. Dengan mengonsumsi cukup air putih saat berbuka dan sahur, dapat membantu mencegah bibir kering serta pecah-pecah karena tubuh tetap terhidrasi. 


Hindari Menjilat Bibir




Foto: https://food.detik.com/info-sehat/d-3769096/agar-bibir-tak-kering-dan-pecah-pecah-ini-8-asupan-yang-perlu-dikonsumsi

Ketika bibir kering, sebagian besar orang akan menjilatnya dengan lidah untuk membasahinya. Padahal, kebiasaan itu justru semakin membuat bibir kering setelahnya. Belum lagi, menjilat bibir menghilangkan minyak alami yang dihasilkan bibir untuk melindungi bibir dari rasa kering dan pecah-pecah. 



Konsumsi Madu




Foto: https://food.detik.com/info-sehat/d-4800364/minum-madu-di-pagi-hari-dan-rasakan-7-manfaat-sehat-ini

Madu telah terbukti memiliki khasiat baik bagi perawatan kulit dan bibir. Madu diyakini dapat mengatasi bibir pecah-pecah serta kering. Ketika berbuka atau malam hari, kamu bisa mengonsumsi madu atau mengoleskan secara merata ke bibir sehingga bibir terasa lembap pada siang hari. 


Hindari Makanan Pedas dan Asin




Foto: https://food.detik.com/info-kuliner/d-3676978/pencinta-makanan-super-pedas-punya-hidangan-favorit-dan-trik-atasi-rasa-pedas

Selain tak baik bagi sistem pencernaan dan lambung, makanan pedas dan tinggi garam juga dapat membuat rasa haus berlebih ketika puasa, yang akhirnya menimbulkan bibir kering dan pecah-pecah. Karena itu, ketika berbuka, hindari mengonsumsi kedua makanan tersebut. 


Scrub Bibir




Foto: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170112102851-277-185764/scrub-handuk-cara-praktis-cegah-bibir-kasar

Bibir kering dan pecah dapat diatasi dengan melakukan scrub bibir. Caranya, campurkan madu dan gula, lalu gosokan ke bibir untuk mengangkat kulit bibir yang kering dan mati. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas. Lakukan scrub bibir satu hingga dua kali seminggu setelah berbuka puasa. 


Gunakan Lip Balm




Foto: https://wolipop.detik.com/advertorial-news-block/d-4837516/ini-3-cara-pakai-lip-cream-matte-anti-bibir-kering

Lip balm bermanfaat melembapkan bibir serta mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Selama berpuasa kamu dapat memakai lip balm atau pelembap bibir. Pilih lip balm dengan kandungan vitamin E yang dapat melembapkan bibir secara maksimal serta SPF yang dapat mengurangi terjadinya bibir kering. 


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id