sign up SIGN UP

SKINCARE

6 Kandungan Skincare Ampuh Menghilangkan Komedo

Budi Rahmah Panjaitan | Jumat, 20 Nov 2020 16:15 WIB
6 Kandungan Skincare Ampuh Menghilangkan Komedo
Foto: Skingoals/Freepik.com

Sampai saat ini, komedo masih menjadi permasalahan umum yang sering dikeluhkan para kaum hawa. Ya, kemunculannya memang dapat mengganggu penampilan karena membuat kulit terlihat berpori besar dan lebih kasar. Lain lagi dengan warnanya yang begitu terlihat apabila jenis komedonya hitam. Pemakaian produk makeup pun bisa terhalang olehnya sehingga tidak menutup kemungkinan menimbulkan kesan crack.

Untuk mengatasi hal ini, sejumlah brand skincare berbondong-bondong mengeluarkan produk yang dapat mengatasi komedo. Dari sekian banyak produk yang di tawarkan di pasaran, hendaknya kamu bisa bijak menelaah kandungan yang pas untuk menghilangkan komedo.

Agar tidak bingung lagi apa saja kandungan yang seharusnya kamu pilih, simak selengkapnya di bawah ini.

AHA

AHA memliki kemampuan mengangkat kotoran yang menyumbat pori/shoope.co.id
AHA/shoope.co.id

Kandungan skincare pertama yang bisa kamu coba untuk mengatasi komedo adalah AHA. Kemampuan AHA (alpha hydroxy acids) untuk mengeksfoliasi kulit secara chemical tanpa menyebabkan iritasi memang menjadi kunci utamanya. Dengan begitu, minyak, sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat di pori-pori bisa terangkat dengan sempurna.

Selain itu, kandungan AHA ini juga dapat melindungi kulit dari risiko mengalami breakout lho. Ada berbagai jenis skincare mengandung AHA yang bisa kamu pilih. Mulai dari toner, serum, hingga facial wash.

Oil

Oil mampu melembapkan dan menghidrasi kulit sehingga produksi minyak terkontrol/shoope.co.id
Oil/shoope.co.id

Mendengar kata oil, mungkin kamu sedikit ragu bagaimana bisa kandungan satu ini membantu menghilangkan komedo dari wajah. Nyatanya, komede sendiri dapat timbul karena produksi minyak berlebih pada wajah. Hal ini merupakan reaksi yang dapat timbul karena wajah tidak terhidrasi dengan baik.

Untuk itu, memakai produk berbahan oil bisa membantu memberikan hidrasi sekaligus kelembapan pada wajah sehingga produksi minyak bisa terkontrol. Dengan berkurangnya produksi minyak ini, otomatis sebum yang selama ini menyumbat pori secara perlahan dapat teratasi. Kamu bisa memilih produk seperti cleansing oil untuk mengatasi komedo.

Niacinamide

Niacinamide memiliki kemampuan mengontrol produksi sebum di wajah/shoope.co.id
Niacinamide/shoope.co.id

Sebum yang menyumbat pori memang menjadi masalah utama timbulnya komedo. Untuk itu, menemukan kandungan yang dapat mengurangi produksi sebum adalah kunci kulit terbebas dari komedo. Niacinamide mampu meminimalkan tampilan pori dan mengontrol produksi sebum sehingga banyak dijadikan bahan pembuatan skincare untuk mengatasi komedo.

Rutin memakai skincare yang mengandung Niacinamide membuat wajah kamu terbebas dari komedo. Saat ini, ada banyak produk skincare yang menggunakan Niacinamide sebagai kandungannya. Mulai dari produk cleansing hingga moisturizing, kamu bisa pilih sesuai kebutuhan.

Salisylic Acid

Salicylic acid memiliki kemampuan membersihkan yang baik/shoope.co.id
Salicylic acid/shoope.co.id

Tidak ketinggalan, jenis asam yang satu ini juga ampuh untuk menghilangkan komedo dari wajah, lho. Salicylic acid membantu mengatasi komedo dengan cara menghilangkan berbagai kotoran yang menyumbat pori. Kemampuannya membersihkan pori-pori secara mendalam merupakan kunci utama untuk hal ini.

Dengan begitu, wajah akan terasa lebih bersih dan tidak ada lagi penyumbatan pori alias komedo. Meski demikian, kamu perlu garisbawahi bahwa salicylic acid ini hanya bermanfaat untuk membersihkan dan bukan menyembuhkan. Oleh sebab itu, kamu yang memiliki masalah jerawat meradang, harus lebih bijak untuk  memakainya.

Clay

Clay membersihkan lebih efektif tanpa membuat kulit terasa kering/shoope.co.id
Clay/shoope.co.id

Selanjutnya ada kandungan clay yang juga diklaim efektif untuk mengatasi komedo di wajah. Tidak hanya itu, permasalahan pori-pori besar juga dapat diatasinya. Ya, kandungan clay ini memiliki kemampuan menyerap sebum yang baik serta membersihkan secara maksimal.

Bagusnya lagi, meskipun pembersihannya cukup kuat, namun tidak membuat kulit terasa kering. Malah, kulit akan terasa lebih kenyal dan juga kencang. Saat ini, kebanyakan skincare berbahan clay ini hadir dalam bentuk masker yang bisa digunakan secara berkala.

Retinol

Retinol mampu mengangkat sel kulit mati penyebab komedo/shoope.co.id
Retinol/shoope.co.id

Nah, yang terakhir ada retinol yang juga efektif mengatasi komedo karena kemampuannya mengangkat sel kulit mati dan mendorong pertumbuhan sel kulit yang baru. Dengan begitu, permasalahan seperti hiperpigmentasi, jerawat hingga penuaan dini bisa diatasi.

Satu hal lagi yang cukup menakjubkan dari retinol ini adalah kemampuannya membuat pori-pori lebih kencang sehingga digadang-gadang sebagai bahan skincare anti penuaan. Agar hasilnya maksimal, kamu bisa menggunakan skincare berbahan retinol untuk mengatasi komedo sebanyak dua minggu sekali.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id