sign up SIGN UP

SKINCARE

Viral di TikTok, Betulkah Pakai Oil Cleanser 15 Menit Mampu Angkat Komedo?

Esra Dopita | Senin, 06 Jul 2020 10:30 WIB
Viral di TikTok, Betulkah Pakai Oil Cleanser 15 Menit Mampu Angkat Komedo?
caption

Kepopuleran TikTok rupanya tak hanya dimanfaatkan untuk membuat konten dance, tapi juga belakangan untuk skincare dan makeup. Setelah produk The Ordinary Peeling Solution yang sempat viral, kini beredar teknik membersihkan wajah menggunakan oil cleanser selama 15 menit yang berguna mengangkat komedo atau oil plugs. Bahkan teknik tersebut kini menjadi tren.

Tren ini viral berawal dari akun Opulentjade yang mencoba langsung dan menunjukkan kumpulan oil plugs yang berhasil dikeluarkan dari wajahnya setelah memakai oil cleanser sekitar 15-20 menit. Walhasil, wajahnya tak hanya tampak bersih, tapi juga berseri. 

Di TikTok, kini beredar teknik membersihkan wajah menggunakan oil cleanser selama 15 menit untuk mengangkat komedo atau oil plugs.
https://www.instagram.com/thegoldenrx/

Dari situ, pengguna TikTok lainnya penasaran dan mencoba melakukannya. Seperti beauty vlogger Astariri dan Stefanie Lunardy. Sebetulnya, akun Opulentjade bukan yang pertama melakukan teknik ini. Ia mencoba teknik ini setelah menonton video The Golden RX, seorang pakar estetika dalam kanal YouTube.


Dalam video berjudul “Esthetician Approved: Oil Cleansing Guide for All Skin Types”, terdapat bintik-bintik hitam atau sebaceous filaments di wajah The Golden RX. Ia mengklaim teknik oil cleansing selama 15-20 menit dapat mengangkat minyak sehingga membuat wajah tampak bersih secara maksimal. 

Teknik oil cleansing selama 15-20 menit dapat mengangkat minyak sehingga membuat wajah tampak bersih secara maksimal.
https://www.instagram.com/thegoldenrx/

Selain itu, ia mengatakan teknik selama 15-20 menit ini dapat mengeluarkan oil plugs yang akan terasa seperti butiran pasir halus di tangan. Meski demikian, teknik yang dilakukan dua akun tersebut diragukan kemampuannya dalam mengeluarkan oil plugs atau komedo.

Oil plugs yang dimaksud dua akun tersebut ternyata adalah sebaceous filaments yang kerap dikira komedo atau blackhead. Hal ini karena keduanya memiliki tekstur serta warna kecokelatan yang sama. Padahal, sebetulnya keduanya jelas berbeda. 

Meski diklaim dapat mengeluarkan komedo atau oil plugs, teknik ini ternyata hanya mengangkat sebaceous filaments yang kerap dikira komedo atau blackhead.
https://www.instagram.com/thegoldenrx/

Tak hanya itu, cara ini juga kurang efektif dilakukan untuk semua jenis kulit, terlebih pemilik kulit sensitif. Beberapa mengaku mengalami iritasi setelah mencoba teknik ini lantaran terlalu lama menggosok wajah, yakni 15-20 menit.

Karena itu, mereka yang mempunyai kulit sensitif tak disarankan mencoba teknik cleansing ini. Begitu pun semua jenis kulit tak perlu melakukan teknik ini sebagai rutinitas karena tak akan efektif dan hanya menghabiskan waktu. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id