sign up SIGN UP

SKINCARE

6 Tips Bikin Kulit Glowing, Gampang Kok!

Budi Rahmah Panjaitan | Senin, 08 Mar 2021 09:30 WIB
6 Tips Bikin Kulit Glowing, Gampang Kok!
caption

Kulit glowing menjadi salah satu goals kecantikan masa kini yang banyak diidamkan para wanita. Tidak heran jika ada banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkannya. Biasanya cara ini akan didapati pada proses perawatan kulit atau yang biasa disebut skincare.

Oleh sebab itulah hadir beberapa tips untuk membuat kulit glowing. Dilansir dari Glamour.com, setidaknya ada 6 tips yang bisa dilakukan supaya kulit terlihat glowing. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Beri Pijatan Cepat Pada Wajah

Memijat wajah membuat sirkulasi darah lebih lancar di area wajah/freepik.com
Memijat wajah/freepik.com

Tips pertama yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit glowing adalah memberi pijatan cepat pada wajah. Memberi pijatan pada wajah selama 2 menit nyatanya dapat membantu wajah terlihat lebih bersemangat dan sehat.

Molly R selaku penata rias selebriti menyarankan untuk memberi pijatan ketika mengaplikasikan serum ataupun produk lainnya ke area wajah menggunakan ujung jari. Pijatan yang dilakukan akan memberikan stimulasi yang menggerakkan darah sehingga kulit lebih sehat. Selain itu, memijat wajah juga bisa meningkatkan sirkulasi dan memperkuat otot wajah, lho.

2. Mencoba Microcurrent Treatment

Microcurrent treatment membuat wajah terlihat lebih cerah dan bercahaya/freepik.com
Microcurrent treatment/freepik.com

Selanjutnya adalah mencoba microcurrent treatment. Cara ini tergolong non invasive karena prosedurnya dilakukan tanpa memasukkan alat ke dalam tubuh. April Long, seorang editor kecantikan sekaligus kontributor menjelaskan pengalamannya mencoba microcurrent treatment menggunakan perangkat ZIIP.

Perangkat ini mengirimkan arus listrik ke dalam kulit guna mengatasi kekusaman usai penerbangan panjang. Setelah dilakukan selama 12 menit, ternyata hasilnya cukup memuaskan dengan wajah yang tampak lebih kencang dan bercahaya.

3. Gunakan Toner Sebelum Serum dan Pelembap

Toner digunakan sebelum pelembap ataupun serum/freepik.com
Toner/freepik.com

Memperhatikan tahapan dalam pengaplikasian skincare juga penting untuk mendapatkan hasil akhir kulit yang glowing. Untuk itu, gunakanlah toner sebelum serum dan pelembap. Toner sendiri berfungsi untuk mempersiapkan kulit menerima berbagai produk yang akan diaplikasikan setelahnya.

Apabila kulit sudah siap, maka penyerapan produk yang diaplikasikan setelahnya akan lebih maksimal. Dengan begitu, hasil yang didapatkan pun akan lebih baik. Selain itu, toner juga bisa menghidrasi kulit lebih baik. Sebagaimana yang diketahui, kulit yang terhidrasi menjadi kondisi yang pas untuk mengaplikasikan berbagai produk skincare.

4. Perkuat Skin Barrier

Skin barrier perlu diperkuat supaya kulit terlindungi/freepik.com
Skin barrier/freepik.com

Tips yang satu ini juga tidak boleh dilupakan. Skin barrier sangat penting untuk memberi perlindungan pada kulit. Namun sayangnya, skin barrier rentan mengalami kerusakan apabila terlalu keras dalam melakukan eksfoliasi kulit. Oleh sebab itu, sebaiknya, perhatikan frekuensi eksfoliasi dalam perawatan kulit.

Jangan sampai melebihi dua atau tiga kali dalam seminggu. Biasanya, jika lebih dari itu, skin barrier akan lebih rentan untuk rusak. Apabila sudah rusak, maka kemampuannya tidak bisa lagi diandalkan untuk menjaga kelembapan dan melindungi kulit dari radikal bebas.

5. Tambahkan Vitamin C dalam Skincare Routine

Serum vitamin c bisa membantu kulit lebih glowing/freepik.com
Serum vitamin c/freepik.com

Kandungan Vitamin C memang kerap menjadi andalan dalam berbagai produk skincare. Vitamin C sendiri memiliki manfaat yang baik bagi kulit karena dapat membantu kulit terlihat lebih bercahaya.

Pakar perawatan kulit sekaligus influencer Natalie Smyth juga menyarankan untuk mengoleskan 5 tetes serum Vitamin C sebelum sunscreen di pagi hari untuk menangkal radikal bebas, menyamarkan noda hitam dan meratakan warna kulit.

[Gambas:Instagram]

6. Memilih Eksfoliator Kimiawi

Chemical eksfoliasi bisa menjadi pilihan untuk kulit glowing/freepik.com
Chemical eksfoliasi/freepik.com

Pada umumnya, ada dua jenis eksfoliasi yang bisa dipilih yaitu ekfoliasi fisik dan eksfoliasi kimiawi. Eksfoliasi fisik biasanya dilakukan dengan produk yang mengandung butiran scrub ataupun jenis lainnya. Cara ini memang memang lebih berisiko untuk menyebabkan abrasif pada kulit terlebih lagi untuk kulit yang sensitif.

Untuk mendapatkan kulit yang glowing, abrasif pada wajah tentu saja harus dihindarkan. Untuk itu, eskfoliator kimiawi akan lebih disarankan supaya bisa mendapatkan wajah glowing. Eksfoliasi secara kimiawi menggunakan skincare dengan kandungan seperti AHA, BHA ataupun PHA nyatanya tidak begitu abrasif pada kulit.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id