sign up SIGN UP

SKINCARE

9 Beauty Hacks dari Internet yang Harus Kamu Dihindari

Dimitrie Hardjo | Minggu, 02 May 2021 20:30 WIB
9 Beauty Hacks dari Internet yang Harus Kamu Dihindari
Foto: BrightSide
Jakarta -

Berkembangnya teknologi memang membawa banyak kemudahan, salah satunya ialah membagikan informasi melalui internet. Banyaknya informasi yang kamu terima, seperti media sosial, berasal dari berbagai sumber yang bisa jadi masih belum kredibel. Jadi, sebaiknya kamu mengolah informasi yang kamu terima sebelum kamu yakin, bahkan melakukannya, termasuk beauty hacks yang tersebar di berbagai media sosial. 

Trik-trik kecantikan yang bisa memperbaiki keluhan secara instan memang sangat menarik untuk dicoba. Tapi, belum tentu trik itu baik untuk dilakukan. Kamu perlu research terlebih dahulu agar kamu tahu apakah beauty hacks tersebut berbahaya sebelum mempraktikannya. Nah, Ladies, bagi kamu yang masih khawatir akan keamanan beauty hacks, berikut ini ialah beberapa trik yang harus kamu hindari.

1. Menghilangkan kulit mati dengan perasan lemon

Menggunakan air lemon.
Menggunakan air lemon. Foto: freepik.com

Seperti yang kita ketahui, air lemon merupakan cairan yang sangat asam sehingga penggunaannya pada muka bisa membuat reaksi yang buruk, seperti ruam merah, rasa terbakar pada kulit, hiperpigmentasi, dan lain-lain.

2. Menggunakan coconut oil untuk pelembab muka

Coconut oil sebagai pelembab muka.
Coconut oil sebagai pelembab muka. Foto: freepik.com

Coconut oil memang menjadi salah satu bahan yang baik untuk melembabkan. Namun, pemakaiannya secara langsung pada wajah bisa menyebabkan pori-pori tersumbat. Akan lebih baik jika kamu aplikasikan pada rambut untuk melembabkannya.

3. Menggunakan pasta gigi sebagai obat jerawat

Pasta gigi untuk obati jerawat.
Pasta gigi untuk obati jerawat. Foto: freepik.com

Trik kecantikan ini menjadi salah satu yang sering disalah kaprahkan karena akan mempercepat pengeringan jerawat. Walaupun begitu, efek samping dari menggunakan pasta gigi ini bisa muncul, seperti iritasi kulit atau ruam. 

4. Eksfoliasi dengan gula, garam, atau baking soda

Scrub gula, garam, baking soda.
Scrub gula, garam, baking soda. Foto: freepik.com

Buat kalian yang suka DIY skincare, mungkin pernah mendengar DIY scrub menggunakan gula, garam, atau baking soda.  Eits, hati-hati ya Ladies, karena tekstur dari 3 bahan ini berbutir kasar dan bisa melukai, bahkan mengiritasi kulitmu. Jadi, kamu bisa memilih eksfoliator yang lebih lembut, seperti kain.

5. Mengaplikasikan putih telur mentah di wajah

Memakai telur mentah pada wajah.
Memakai telur mentah pada wajah. Foto: freepik.com

Makanan yang masih mentah tentu memiliki bakteri yang baik dan buruk, termasuk putih telur yang dijadikan “trik” untuk mengencangkan kulit. Kamu tidak tahu apakah telur tersebut aman dari salmonella atau tidak jadi sebaiknya hindari melakukan hal ini ya, Ladies.

6. Menggunakan deodoran untuk menyerap minyak di wajah

Menggunakan deodoran pada wajah.
Menggunakan deodoran pada wajah. Foto: freepik.com

Buat kalian yang memiliki minyak berlebih, lebih hindari menggunakan trik deodoran ini. Deodoran bersifat menahan keringat, bukan menyerap minyak dengan formula yang berbeda sehingga dapat mengiritasi dan menutup pori wajahmu.

7. Menggunakan alkohol sebagai toner

Toner dengan alkohol.
Toner dengan alkohol. Foto: pexels.com

Alkohol dengan kadar tinggi akan berakibat buruk untuk kulit. Karena itu, trik menggunakan alkohol sebagai toner ini merupakan ide yang buruk yang bisa menghilangkan minyak dan membuat kulitmu kering, rusak, dan iritasi.

8. Set makeup dengan hair spray

Hair spray untuk set makeup.
Hair spray untuk set makeup. Foto: freepik.com

Bedak atau setting spray khusus makeup bisa menjadi pilihanmu untuk membuat makeup tahan lama. Hair spray secara khusus diperuntukkan untuk rambut sehingga penggunaan pada wajah hanya mengakibatkan iritasi dan kulit kering.

9. Mengangkat komedo dengan lem

Angkat komedo dengan lem.
Angkat komedo dengan lem. Foto: freepik.com

Trik ini bukan hanya berbahaya, tapi juga bisa merusak kulit wajahmu, Ladies. Iritasi kulit dapat timbul akibat melakukan hal ini, karena itu sebaiknya kamu menggunakan cara lain yang lebih aman untuk angkat komedo.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id