sign up SIGN UP

SKINCARE

9 Tanda Penuaan yang Paling Umum Terjadi Pada Wanita

Rumaysha Milhania | Senin, 31 Aug 2020 12:00 WIB
9 Tanda Penuaan yang Paling Umum Terjadi Pada Wanita
caption
Jakarta -

Penuaan merupakan hal yang pasti terjadi. Seiring dengan pertambahan usia, kita akan mengalami banyak sekali perubahan, khususnya dari penampilan fisik. Pada dasarnya, ada banyak sekali penyebab penuaan dan itu semua tidak bisa dihindari seutuhnya. Ini termasuk juga tantangan dari dalam yaitu berkurangnya produksi kolagen dan elastin, yaitu dua protein yang paling dibutuhkan kulit agar tampak sehat, kenyal, dan segar. Tanpa tingkat kolagen dan elastin yang memadai, kulit akan menjadi lebih tipis dan kering hingga akhirnya menyebabkan timbulnya keriput.

Tanpa tingkat kolagen dan elastin yang memadai, kulit akan menjadi lebih tipis dan kering hingga akhirnya menyebabkan timbulnya keriput.
Tanda Penuaan/ Sumber: Freepik.com

Tidak hanya itu, paparan sinar UV matahari juga menjadi salah satu faktor berbahaya yang menyebabkan kerusakan kulit serius. Kombinasi semua faktor ini akan menyebabkan keriput, bintik-bintik berubah warna, dan kulit yang tampak kusam. Nah, untuk itu, kenali beberapa tanda penuaan dini yang bisa kamu jadikan patokan untuk perawatan kulit lebih lanjut dalam pencegahan penuaan. 


Crow’s Feet

Crow's feet adalah kerutan kecil yang biasanya muncul di area sudut mata. Biasanya, ini disebabkan oleh gerakan tersenyum atau menyipitkan mata. Berbeda dengan keriput yang lainnya, keriput ini cenderung muncul lebih awal. T

Kerutan di Sekitar Mata Anda

Selain kerutan di sudut mata, kamu juga akan mengidentifikasi adanya kerutan yang muncul di bawah mata atau di antara kelopak mata dan alis. Kamu mungkin juga melihat kantung di bawah mata yang menyusul sebagai salah satu tanda umum penuaan kulit.

Kamu mungkin juga melihat kantung di bawah mata yang menyusul sebagai salah satu tanda umum penuaan kulit.
Kerutan di Mata/ Sumber: Freepik.com

Bintik Hitam

Tanda umum penuaan lainnya adalah kulit yang berubah warna. Sering kali, perubahan warna ini terkonsentrasi menjadi titik-titik kecil. Inilah yang umum dikenal sebagai bintik-bintik penuaan. Kondisi itu terjadi akibat dari kulit yang semakin dehidrasi. Selain itu, jika terkena paparan sinar UV matahari yang berkepanjangan, bintik-bintik perubahan warna kulit juga dapat muncul dengan sebutan bintik matahari. 

Garis Senyum

Pada umumnya garis senyum ini lebih banyak kenal dengan sebutan lipatan nasolabial, atau garis tawa. Garis ini adalah lipatan yang membentang secara diagonal dari sisi hidung ke sudut mulut. Garis-garis ini disebabkan oleh ekspresi dan gerakan wajah yang berulang.

Kelopak Kendur

Yang ini cukup jelas muncul saat seseorang mulai terlihat lebih tua. Kelopak mata yang terkulai merupakan salah satu tanda penuaan yang paling umum terjadi. Kulit di kelopak mata pada dasarnya sangat tipis. Itulah sebabnya, kelopak yang kendur ini sangat umum terjadi pada wanita di usia tertentu.

Kerutan Décolleté

Kulit di décolleté, atau bagian dada di bawah leher dan di atas payudara, merupakan kulit yang tidak kalah tipis dengan bagian area mata. Hal ini memudahkannya mengalami kerutan akibat dari tidur miring, berjemur, dan juga penuaan alami.

Garis Kerutan

Garis kerutan adalah kerutan yang muncul di antara alis dan dahi. Biasanya ini tampak seperti dua garis vertikal terbentuk di antara mata. Meskipun dikenal sebagai garis kerutan, kerutan ini dapat disebabkan oleh apa saja, mulai dari tertawa atau tersenyum hingga menyipitkan mata dan mengerutkan kening.

Kerutan Dahi

Kerutan dahi, atau kerutan alis, adalah salah satu tanda penuaan yang juga umum dialami. Kebiasaan mengerutkan dahi karena malas menggunakan kaca mata juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Pipi dan rahang bawah menjadi salah satu bagian yang sangat rentan terhadap kulit yang terkulai.
Penuaan Kulit/ Sumber: Freepik.com

Kulit Kendur di Pipi dan Garis Rahang

Saat elastin di sel kulitmu mulai rusak, kulitmu akan semakin kendur. Pipi dan rahang bawah menjadi salah satu bagian yang sangat rentan terhadap kulit yang terkulai. Nah, itulah beberapa tanda penuaan yang paling umum terjadi. Jadi, coba persiapkan penanganan penuaan dini sejak dini dengan perawatan yang tepat.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id