sign up SIGN UP

Agar Tetap Glowing, Kandungan Skincare Ini Paling Cocok Digunakan Saat Cuaca Panas Menyengat

Dimitrie Hardjo | Senin, 04 Oct 2021 14:00 WIB
Agar Tetap Glowing, Kandungan Skincare Ini Paling Cocok Digunakan Saat Cuaca Panas Menyengat
caption

Bukan jadi rahasia jika seseorang tinggal di negara yang sedang mengalami musim dingin, maka dibutuhkan skincare tertentu untuk menjaga kulit agar tetap lembap dan sehat. Namun, bagaimana dengan kita yang tinggal di negara tropis yang selalu memiliki cuaca panas terik? Tentu dibutuhkan skincare khusus yang cocok untuk kita yang tinggal dengan cuaca panas seperti di Indonesia. Cuaca panas meningkatkan produksi keringat pada kulit serta memungkinkan terjadinya penumpukan kotoran dan sebum yang bisa menyebabkan jerawat.

Tapi apa saja ya kandungan yang perlu digunakan saat cuaca panas menyengat? Berikut skincare ingredients yang bisa kamu cari, Beauties!

Kandungan Skincare yang Menyejukkan

Kandungan yang menyejukkan kulit/
Kandungan yang menyejukkan kulit/ Foto: pexels.com/polinatankilevitch

1. Ekstrak Mentimun

Ekstrak mentimun memiliki kandungan antioksidan, ascorbic acid, dan lactic acid yang tinggi. Karenanya, ia menjadi kandungan yang dapat menyejukkan dan menenangkan kulit. Selain itu, ekstrak mentimun juga dapat menghidrasi kulit dan mengontrol sebum yang akan sangat berguna saat kamu berkeringat akibat udara panas.

2. Ekstrak Centella Asiatica

Ekstrak centella asiatica adalah kandungan lain yang mempunyai level antioksidan yang tinggi. Selain menenangkan kulit sehingga inflamasi dapat dikurangi, centella asiatica juga dikenal sebagai antiaging yang baik serta dapat memberikan hidrasi bagi kulit.

 

Kandungan Eksfoliasi yang Lembut

Eksfoliator lembut/
Eksfoliator yang lembut di kulit/ Foto: pexels.com/viestudio

1. Mandelic Acid

Mandelic acid adalah Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang merupakan kandungan eksfoliasi yang lembut di kulit karena partikelnya yang relatif besar. Dengan kandungan ini, kulitmu bisa terbebas dari jerawat karena ia mengangkat sel-sel kulit mati, serta mencerahkan dan meratakan warna kulit.

2. Lactic Acid

Selain mandelic acid, lactic acid adalah eksfoliator lain yang dapat kamu gunakan, Beauties. Bukan hanya mempercepat regenerasi kulit, eksfoliasi dengan lactic acid juga akan menstimulasi pembentukan kolagen sehingga kulitmu terjaga elastisitasnya. Mempunyai molekul yang kecil tapi lembut, hasil yang bisa kamu rasakan dari penggunaan lactic acid lain adalah tekstur kulit yang lebih halus.

Kandungan yang Menghidrasi

Kandungan yang Menghidrasi/
Kandungan yang Menghidrasi/ Foto: pexels.com/sorashimazaki

1. Hyaluronic Acid

Cuaca yang panas juga mendorong produksi sebum pada kulit sehingga kita perlu mengontrolnya dengan memberikan hidrasi yang cukup. Karena itu, penggunaan hyaluronic acid menjadi penting saat cuaca ini. Hyaluronic acid memberikan hidrasi dengan cara menarik molekul air dari luar dan menguncinya di dalam kulit sehingga kulit akan senantiasa terhidrasi dengan baik. 

2. Panthenol

Panthenol atau vitamin B5 merupakan kandungan yang dapat memberikan hidrasi lainnya yang bekerja dengan cara mengikat air. Tidak sampai situ, panthenol juga bermanfaat untuk mengurangi inflamasi, kemerahan, dan memberikan proteksi pada kulit sehingga cocok digunakan saat cuaca panas.

SPF

Menggunakan SPF/
Menggunakan SPF/ Foto: pexels.com/cottonbro

Kandungan terakhir yang tidak boleh terlupakan adalah SPF. Dalam cuaca apapun kulit membutuhkan perlindungan dari sinar matahari, apalagi saat cuaca panas terik. SPF minimal 35 dengan spektrum tinggi sudah cukup dipergunakan untuk mencegah kulit rusak akibat sinar UV. Lalu, jangan lupa re-apply ya, Beauties!

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id