sign up SIGN UP

SKINCARE

Apa yang Harus Dilakukan Saat Kulit Iritasi?

Friska NR | Kamis, 18 Feb 2021 18:15 WIB
Apa yang Harus Dilakukan Saat Kulit Iritasi?
caption

Saat mencoba produk kosmetik maupun skincare baru, kamu mungkin pernah mengalami sensasi kulit terasa panas, kering, gatal dan kemerahan. Itu tandanya, kamu mengalami reaksi iritasi terhadap produk yang kamu coba, Ladies. Beberapa faktor lain seperti debu, cuaca dan makanan yang dikonsumsi juga bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Nah, untuk membantu mengatasi kulit yang tiba-tiba iritasi, tidak perlu panik, Ladies. Lakukan hal-hal ini sebagai pertolongan pertama!

1. Mengompres Wajah

es batu.
Foto: freepik.com

Saat mencoba produk baru dan kulitmu langsung menunjukkan tanda-tanda iritasi, segera berhenti menggunakan produk tersebut dan cuci wajah. Selanjutnya, kompres wajah dengan air dingin atau es batu yang dilapisi kain untuk membantu menenangkan kulit. Ingat, jangan langsung memakai es batu di kulit ya. Gunakan handuk kecil saat mengompres kulit.

2. Menggunakan Lidah Buaya

lidah buaya.
Foto:Aloe vera/ freepik.com

Gel lidah buaya dikenal memiliki segudang manfaat untuk kulit. Salah satunya, tanaman ini bisa membantu menenangkan kulit yang mengalami iritasi. Hal ini karena lidah buaya memiliki kandungan anti-inflamasi, dapat memberikan sensasi cooling, serta mampu melembapkan kulit.

Untuk memanfaatkannya pada kulit iritasi, kamu bisa menggunakan produk gel lidah buaya dalam kemasan yang banyak terdapat di pasaran, atau dapat juga langsung memanfaatkan tanaman lidah buaya asli. 

3. Masker Oatmeal

oatmeal menenangkan kulit.
Foto: oatmeal/freepik.com

Selain lidah buaya, oatmeal juga merupakan bahan alami yang memiliki kemampuan menenangkan kulit gatal dan kemerahan. Oatmeal mengandung anti-inflamasi dan juga bersifat humektan sehingga dapat membantu meredakan iritasi sekaligus melembabkan kulit. 

Gunakan oatmeal sebagai masker dengan mencampurkannya pada air hangat hingga berbentuk pasta, lalu aplikasikan ke wajah yang mengalami iritasi.

4. Manfaatkan Pelembap Wajah

face cream.
Foto: Gunakan pelembap/freepik.com

Salah satu reaksi saat mengalami iritasi adalah kulit menjadi kering, gatal hingga mengelupas. Nah, untuk membantu mengatasinya agar tidak semakin parah, kamu bisa menggunakan pelembap wajah sebagai pertolongan pertama.

Pelembab wajah umumnya mengandung vitamin E yang kaya antioksidan untuk merangsang regenerasi kulit. Hanya saja, pastikan pelembap wajah yang digunakan tidak mengandung parfum karena justru dapat memperparah kondisi iritasi.

Saat kulit mengalami iritasi, reaksi umum yang ditimbulkan adalah gatal, kemerahan dan sensasi panas. Namun jika reaksi yang muncul cenderung parah, sebaiknya langsung konsultasikan diri ke dokter ya, Ladies.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id