sign up SIGN UP

SKINCARE

Punya Kulit Wajah Sensitif? Begini Cara Merawatnya

Ersa Monica | Selasa, 16 Feb 2021 14:15 WIB
Punya Kulit Wajah Sensitif? Begini Cara Merawatnya
caption

Ada beberapa macam tipe kulit wajah, salah satunya adalah kulit wajah sensitif. Orang yang memiliki jenis kulit sensitif harus memberikan perhatian ekstra dalam melakukan perawatan wajah. Kulit wajah yang sensitif cenderung lebih mudah mengalami masalah seperti gatal, perih, kemerahan, berjerawat, bahkan merasa seperti sensasi terbakar saat menggunakan produk make up atau skincare tertentu.

Memiliki kulit wajah sensitif bukanlah suatu penghalang untuk memiliki kulit wajah yang sehat. Berikut terdapat cara merawat wajah bagi kamu yang memiliki kulit sensitif.

Rutin Membersihkan Wajah

Membersihkan Wajah/freepik.com
Membersihkan Wajah/freepik.com

Setiap harinya kulit wajah perlu dibersihkan dengan rangkaian skincare sesuai kegunaannya. Dalam satu hari sebaiknya kita membersihkan wajah sebanyak dua kali yaitu pada pagi hari dan sore hari. Hindari membersihkan kulit wajah terlalu sering karena dapat memperparah kulit sensitif.

Gunakan Produk Khusus untuk Kulit Sensitif

Produk Skincare/freepik.com
Produk Skincare/freepik.com

Umumnya perusahaan skincare telah membuat produk khusus untuk kulit sensitif. Pastikan produk yang digunakan diperuntukkan untuk kulit yang sensitif. Semakin banyaknya bahan kimia yang terkandung dalam suatu produk, maka semakin besar pula risiko yang mungkin ditimbulkan pada kulit. Oleh karena itu selain menggunakan produk yang diperuntukkan untuk kulit sensitif, kamu juga dapat menggunakan bahan-bahan alami seperti lidah buaya atau bahan lain yang mengandung vitamin E.

Perhatikan Kandungan Zat Kimia dalam Produk

Aloe vera/freepik.com
Aloe vera/freepik.com

Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, kandungan pada make up atau skincare perlu diperhatikan. Sebaiknya hindari produk yang mengandung alkohol dan pewangi karena dapat memicu iritasi. Produk yang disarankan untuk digunakan adalah produk dengan kandungan lidah buaya, chamomile, dan teh hijau.

Gunakan Tabir Surya

Tabir Surya/freepik.com
Tabir Surya/freepik.com

Terkena paparan sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu yang lama dapat membuat kulit semakin sensitif, tak hanya itu kulit juga dapat mengalami iritasi. Apabila melakukan aktivitas di luar ruangan, sebaiknya gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih. Aktivitas di dalam ruangan pun lebih baik tetap menggunakan tabir surya, namun cukup dengan SPF yang lebih rendah dari yang digunakan untuk luar ruangan.

Jangan Sering Berganti Produk

Skincare/freepik.com
Skincare/freepik.com

Semakin hari makin banyak perusahaan skincare dan make up yang mengeluarkan produk baru. Sering mengganti produk yang digunakan dapat memicu rusaknya lapisan penghalang kulit. Untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, alangkah baiknya gunakan produk yang sudah pasti cocok untuk kulitmu secara terus-menerus.

Jangan Sering Menyentuh Wajah

Menyentuh Wajah/freepik.com
Menyentuh Wajah/freepik.com

Terlalu sering menyentuh wajah dapat berpotensi terpindahnya kotoran dari jari ke wajah. Wajah yang kotor dapat memicu munculnya jerawat. Jika ingin menyentuh wajah, pastikan tanganmu sudah dibersihkan.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id