sign up SIGN UP

SKINCARE

Awas! Ternyata 5 Kandungan Skincare Ini Tidak Boleh Digunakan Bersamaan

Lifia Mawaddah | Sabtu, 28 Mar 2020 08:00 WIB
Awas! Ternyata 5 Kandungan Skincare Ini Tidak Boleh Digunakan Bersamaan
caption
Demi menjaga kesehatan dan kecantikan agar wajah selalu tampak glowing, wanita biasanya melakukan perawatan wajah dengan menggunakan skincare. Tapi, jangan sembarangan. Ketika memakai skincare, baiknya kamu memeriksa kandungan dari produk tersebut terlebih dulu. Karena, ternyata ada beberapa bahan-bahan yang terkandung di dalam skincare yang justru akan menimbulkan masalah kulit jika kamu gunakan secara bersamaan!

Retinol dan salicyclic acid


Retinol adalah turunan dari vitamin A yang berguna untuk merangsang pergantian sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, retinol juga berfungsi sebagai anti-oksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Sedangkan salicyclic acid berfungsi untuk meregenerasi kulit dan membasmi jerawat. Nah, apabila kedua bahan ini disatukan, malah akan menimbulkan masalah kulit lho, Ladies! Apalagi jika kamu memiliki jenis kulit wajah yang rentan iritasi.


Foto: Istimewa


 


Retinol dan AHA/BHA


Mencampurkan retinol dan AHA/BHA juga akan membahayakan kesehatan kulitmu. Meskipun sama-sama merupakan bahan skincare untuk menangani masalah jerawat, noda hitam dan penuaan dini, jangan menggunakan keduanya secara bersamaan! Karena, kamu bisa mengalami iritasi akibat over-exfoliated atau pengelupasan kulit berlebihan. Agar hal ini tidak terjadi, kamu bisa menggunakan skincare ini secara bergantian antara pagi dan malam.



Foto: Istimewa


 


Vitamin C dan AHA


Alpha Hydroxy Acids atau AHA ini berfungsi untuk melakukan eksfoliasi pada kulit. Proses eksfoliasi ini dapat mengubah Ph pada Vitamin C. Sehingga apabila digunakan secara bersamaan akan menghilangkan fungsi antioksidan di dalam Vitamin C tersebut. Jadi, kamu enggak akan mendapatkan manfaat dari Vitamin C tersebut dengan maksimal.


Foto: Istimewa


 


Oil Based dan Water Based


Skincare biasanya memiliki jenis oil based dan water based. Nah, kedua bahan ini juga enggak bisa kamu pakai secara bersamaan. Seperti yang diketahui, air dan minyak tidak akan bisa menyatu. Jadi, kedua bahan ini enggak akan bekerja dengan optimal dan malah akan merusak kesehatan kulitmu.


Foto: Istimewa


 


Retinol dan Vitamin C


Vitamin C adalah bahan skincare yang sulit diformulasikan karena mengandung pH yang lebih asam. Sebaliknya, retinol memiliki pH yang lebih tinggi sehingga jika digunaan secara bersamaan, kamu enggak akan mendapat hasil yang maksimal. Oleh karena itu, hindari untuk menggunakan kedua bahan ini secara bersamaan ya, Ladies!


Foto: Istimewa
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id