sign up SIGN UP

Back Acne Bikin Gak Pede? Yuk, Kenali Dulu Penyebab Munculnya!

Anindya Milagsita | Selasa, 02 Feb 2021 13:00 WIB
Back Acne Bikin Gak Pede? Yuk, Kenali Dulu Penyebab Munculnya!
caption

Kehadiran back acne yang mengganggu penampilan pasti bikin sebal ya, Ladies. Kondisi ini seringkali membuat kamu jadi lebih selektif untuk menghindari pemakaian berbagai busana yang cenderung terbuka.

Tak hanya ganggu penampilan, back acne juga bikin enggak nyaman. Sebelum mengatasinya dengan berbagai cara, yuk cari tahu dulu penyebab timbulnya back acne alias jerawat punggung ini. Let's talk about this!

Sewaktu Mandi Area Punggung Tak Dibersihkan

Mandi yang tak bersih memicu munculnya jerawat punggung.
Penyebab Jerawat Punggung/sumber: freepik.com/

Sering terlewatkan, ternyata bagian tubuh yang satu ini bisa memicu jerawat punggung kalau enggak dibersihkan dengan baik lho. Saat mandi bagian punggung belakang cenderung sulit untuk dijangkau. Ini yang menyebabkan sebagian orang seringkali melewatkan atau membersihkan ala kadarnya aja, Ladies.

Padahal bagian punggung yang enggak dibersihkan dengan baik saat mandi bisa meninggalkan bekas kotoran, kuman, ataupun bakteri yang masih menempel di sana. Keberadaan mereka inilah yang membuat pori-pori tersumbat dan berakhir sebagai penyebab jerawat punggung.

Baju yang Dipakai Memicu Penyumbatan Keringat

Memakai baju yang cenderung memicu penyumbatan keringat.
Penyebab Jerawat Punggung/sumber: freepik.com/

Next, sirkulasi udara yang ada pada baju ternyata juga bisa menjadi penyebab jerawat punggung, Ladies. Sirkulasi udara yang enggak baik dan terhambat, bisa memicu terjadinya penyumbatan keringat. Baju cenderung ketat dan bahan yang enggak menyerap keringat bisa memicu munculnya jerawat punggung.

Bagi wanita, gesekan yang terjadi antara kulit dan juga bra yang ketat juga bisa mengundang jerawat di punggung lho. Folikel rambut yang mengalami gesekan dengan kulit akan mengalami iritasi. Kondisi inilah yang bisa memicu timbulnya jerawat.

Tempat Tidur yang Jarang Dibersihkan

Tempat tidur yang jarang dibersihkan picu munculnya jerawat punggung.
Penyebab Jerawat Punggung/sumber: freepik.com/

Enggak hanya yang ada dalam diri kita, ternyata pengaruh dari lingkungan sekitar juga bisa menjadi penyebab jerawat punggung lho. Seperti kondisi tempat tidur yang digunakan sehari-hari untuk beristirahat. Kalau tempat tidur jarang dibersihkan bisa memicu datangnya berbagai bakteri dan kotoran, Ladies.

Terlebih untuk kain sprei yang bersentuhan langsung dengan tubuh saat beristirahat. Kondisi sprei yang jarang diganti bisa menjadi sarang bakteri. Bakteri-bakteri tadi bisa menempel di area tubuh dan memicu timbulnya berbagai masalah kulit. Salah satunya jerawat punggung yang mengganggu.

Pengaruh Ketidakstabilan Hormon

Ketidakstabilan hormon yang bisa memicu munculnya jerawat punggung.
Penyebab Jerawat Punggung/sumber: freepik.com/

Nah, kalau kondisi yang satu ini tentu seringkali kamu alami, Ladies. Sebagian dari kamu tentu pernah mengalami munculnya jerawat saat periode menstruasi. Enggak hanya di bagian muka, jerawat punggung juga bisa muncul saat kamu tengah mengalami haid.

Ketidakstabilan hormon jadi salah satu penyebab jerawat punggung yang enggak bisa dicegah kehadirannya. Oleh karena itu penting untuk selalu merawat diri dan menjaga makanan agar kondisi tubuh tetap sehat serta terhindar dari berbagai problem kesehatan, Ladies.

Setelah Olahraga Tidak Segera Membersihkan Diri

Tak segera membersihkan diri setelah berolahraga memicu jerawat punggung.
Penyebab Jerawat Punggung/sumber: freepik.com/

Last but not least, buat kamu yang suka berolahraga jangan malas untuk segera membersihkan diri kalau keringat sudah kering ya, Ladies. Malas mandi atau membersihkan diri pasca olahraga bisa memicu munculnya jerawat punggung lho. 

Keringat yang muncul di sekujur tubuh bisa bercampur dengan kotoran dan juga bakteri yang menempel di kulit. Kalau tak segera dibersihkan, bisa memicu tersumbatnya pori-pori sekaligus penumpukan sebum yang menyebabkan jerawat punggung.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id