sign up SIGN UP

SKINCARE

Bahan Aktif dalam Skincare yang Bekerja Atasi Masalah Kulit

Retno Wulandari | Jumat, 24 Jul 2020 09:15 WIB
Bahan Aktif dalam Skincare yang Bekerja Atasi Masalah Kulit
caption

Pada umumnya, setiap wanita memiliki permasalahan kulit yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kehadiran skincare dengan kandungan bahan aktif yang tepat sangatlah penting untuk mengatasi permasalahan kulit yang terjadi. Nah, agar tidak salah memilih, berikut bahan aktif dalam skincare yang bekerja sesuai dengan permasalahan kulit!

1. Kulit Berminyak dan Berjerawat

Bahan Aktif dalam Skincare
Kulit Berminyak dan Berjerawat/Freepik.com

Bagi kamu yang memiliki masalah dengan kulit berminyak sekaligus berjerawat, pilihlah skincare yang mengandung bahan aktif seperti tea tree oil, centella asiatica, salicylic acid, dan benzoyl peroxide. Kandungan-kandungan ini dapat bekerja membunuh bakteri penyebab jerawat dan membantu mengontrol produksi sebum di wajah, Ladies.

Jika wajah kamu cenderung sensitif, sebaiknya pilih skincare yang mengandung bahan alami seperti centella asiatica atau cica karena lebih aman digunakan. Namun perhatikan kembali saat penggunaan ya, karena berbeda orang, berbeda pula kecocokannya.


2. Kulit Kusam

Bahan Aktif dalam Skincare
Kulit Kusam/Freepik.com

Jika kamu memiliki permasalahan dengan kulit kusam, bahan aktif dalam skincare yang dapat mengatasinya adalah vitamin C, alpha arbutin, dan galactomyces. Selain dapat mengatasi kulit wajah yang kusam, ketiga bahan aktif ini juga dapat membantu mengatasi warna kulit yang tidak rata hingga masalah hiperpigmentasi lho. Produk skincare yang mengandung ketiga bahan tersebut biasanya ada pada serum wajah.

3. Kulit Kering

Bahan Aktif dalam Skincare
Kulit Kering/Freepik.com

Selain kulit berminyak, permasalahan lain yang sering dialami oleh para wanita adalah kulit kering. Nah, jika kamu memiliki permasalahan yang satu ini, sebaiknya pilih bahan aktif dalam skincare yang bekerja memberikan kelembapan pada kulit wajah.

Bahan-bahan aktif tersebut seperti hyaluronic acid dan ekstrak siput. Tapi jika kulit kamu alergi dengan produk skincare dari hewan, hyaluronic acid sudah sangat membantu untuk mengatasi kulit kering kamu, Ladies. Hyaluronic acid ini akan semakin optimal kerjanya jika digabungkan dengan shea butter atau cermides lho.

4. Penuaan Dini

Bahan Aktif dalam Skincare
Penuaan Dini/Freepik.com

Meskipun masih berusia muda bukan berarti tanda-tanda penuaan tidak kita alami lho, Ladies. Munculnya garis-garis halus di sekitar mata merupakan permasalahan umum yang terjadi pada setiap wanita.

Sebagai solusinya, menggunakan produk skincare yang mengandung bahan aktif seperti retinol atau gycolic acid dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Berhubung retinol termasuk bahan aktif yang cukup keras dan tidak aman digunakan oleh wanita hamil dan menyusui, maka gycolic acid dengan takaran 10% bisa menjadi solusinya.

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id