sign up SIGN UP

SKINCARE

Kebaikan Kandungan Hyaluronic Acid dalam Skincare

Anggi Putri | Rabu, 17 Jun 2020 11:20 WIB
Kebaikan Kandungan Hyaluronic Acid dalam Skincare
caption

Dalam produk perawatan kulit atau skincare pasti terdapat banyak bahan yang dikandungnya. Masing-masing bahan tentu memiliki manfaat tersendiri yang fungsinya saling mendukung untuk menghasilkan kulit sehat dan cantik. Salah satu kandungan penting dalam skincare adalah HA atau hyaluronic acid. Mengapa HA disebut penting dan sangat dibutuhkan kulit? Berikut adalah alasannya.

HA atau hyaluronic acid hampir tidak menimbulkan efek buruk bagi kulit dan justru manfaatnya sangat bagus. Asal penggunaannya tidak bersamaan dengan bahan yang mengandung risiko berbahaya seperti alkohol, paraben atau parfum.

Dibutuhkan oleh Tubuh

image
Kandungan yang dibutuhkan olehtubuh/Foto:reepik.com

Dalam tubuh, hyaluronic acid terjadi secara alami yang dikenal sebagai hidrofilik. HA juga merupakan komponen struktural alami dalam kulit. HA didistribusikan ke seluruh bagian tubuh terutama berperan untuk persendian.


Sayangnya, produksi HA dalam tubuh akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Sedangkan HA akan terus dibutuhkan agar fungsinya dalam tubuh tetap terjaga

Untuk Melembapkan Kulit

image
HA untuk melembapkan kulit/Foto:freepik.com

Salah satu manfaat HA atau hyaluronic acid adalah kemampuannya yang sangat baik dalam melembabkan. Dibanding asam lainnya, HA bisa mempertahankan kelembaban pada kulit lebih lama. Kadar HA dengan jumlah sedikit saja pada skincare sudah mampu memaksimalkan kelembaban dan membebaskan kulit dari kekeringan.

Manfaat inilah yang membuat HA selalu menjadi kandungan utama pada skincare anti-aging. Kelembapan merupakan kunci keremajaan dan elastisitas kulit sehingga keriput tidak mudah muncul.

Sebagai Solusi Kerusakan Kulit

image
masalah kulit/Foto:freepik.com

Selain menjaga kelembaban kulit, HA atau hyaluronic acid juga bertindak sebagai pertahanan bagian terluar kulit. Karena itulah, kandungan HA dalam skincare bisa melindungi kulit dari radikal bebas dan pengaruh buruk sinar matahari.

Untuk kerusakan kulit yang sudah terlanjur terjadi seperti iritasi, kemerahan dan terbakar sinar matahari, skincare dengan kandungan HA bisa diandalkan. Bagi pemilik jenis kulit sensitif dan yang sering beraktivitas di luar ruangan, wajib punya skincare yang mengandung HA.

Aman untuk Semua Jenis Kulit

image
kulit wajah/freepik.com

HA atau hyaluronic acid dikenal dengan manfaat melembabkan sehingga asam ini selalu disarankan untuk jenis kulit kering. Kenyataannya, skincare dengan kandungan HA juga sangat baik untuk kulit sensitif dan mudah berjerawat.

Teksturnya ringan jadi sangat nyaman untuk semua jenis kulit. Dengan formula yang tepat, HA bisa mengatasi kulit kering sekaligus mengatasi minyak berlebih. HA pun aman dikombinasikan dengan AHA/BHA untuk perawatan kulit berjerawat.

Dua Produk yang Memaksimalkan

image
serum/freepik.com

Sudah bisa disimpulkan bahwa HA atau hyaluronic acid akan memberikan efek lembab yang bagus untuk kulit. Asam ini biasanya terdapat pada produk pelembab atau moisturizer dan juga serum. Memilih salah satu di antaranya tidak akan menghasilkan efek terbaik.

Agar hasilnya optimal, sebaiknya gunakan keduanya. Moisturizer akan melembabkan dan serum yang akan melengkapi kerja pelembap dengan menembus kulit lebih dalam. Aplikasikan serum berbahan hyaluronic acid terlebih dahulu sebelum menggunakan pelembapnya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id