sign up SIGN UP

SKINCARE

Bahaya Pakai Krim Pemutih dengan Steroid

Marissa Fenyapwain | Jumat, 26 Jun 2020 08:00 WIB
Bahaya Pakai Krim Pemutih dengan Steroid
caption

Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan kulit putih. Tawaran krim yang menjanjikan kulit putih secara instan memang menggoda, namun kemungkinan bahan yang digunakan berbahaya, steroid salah satunya.

Steroid sebenarnya merupakan obat untuk mengatasi reaksi peradangan pada tubuh. Steroid juga bisa mengatasi masalah kulit seperti dermatitis numularis. Tapi lain cerita jika dipakai sebagai krim pemutih kulit. Perubahan warna kulit yang terjadi hanyalah efek samping dari penggunaan steroid secara sembarangan. Ladies, cari tahu yuk bahaya pemakaian krim pemutih yang mengandung steroid di bawah ini!

1. Wajah Sensitif

Penggunaan Krim Berbahan Steroid Bisa Membuat Kulit Menjadi Sensitif dan Gampang Merah
Kulit Wajah Sensitif/ Foto: Freepik.com

Pemakaian krim pemutih berbahan steroid bisa mengakibatkan kulit mudah memerah bila kena matahari, meski hanya sebentar. Kondisi ini diklaim sebagai efek samping krim yang sedang bekerja untuk memutihkan kulit wajah. Padahal kondisi ini merupakan efek samping dan tanda awal kerusakan kulit.


2. Hipertrikosis

Memakai Krim Berbahan Steroid Menimbulkan Efek Samping Hipertrikosis
Hipertrikosis/ Foto: Freepik.com

Pemakaian krim dengan kandungan steroid juga bisa memicu munculnya rambut-rambut halus di wajah. Rambut halus yang tadinya tipis tampak semakin jelas, bulu kumis di atas bibir bisa semakin jelas, dan batas rambut di dahi juga makin maju atau turun.

3. Pelebaran Pembuluh Darah 

Pembuluh Darah Melebar Akibat Krim Berbahan Steroid
Pembuluh Darah Melebar/ Foto: Freepik.com

Steroid bekerja dengan cara menyempitkan pembuluh kapiler dan menekan sistem kekebalan tubuh yang bekerja secara berlebihan. Penggunaan steroid sembarangan dapat menimbulkan gurat-gurat merah keunguan di wajah. Ini karena adanya pelebaran pada pembuluh darah di kulit bagian atas.

4. Kerusakan Kulit Secara Permanen

Penggunaan Krim Bahan Steroid Menimbulkan Kerusakan Kulit Permanen
Kerusakan Kulit Permanen/ Foto: Freepik.com

Pemakaian krim berbahan steroid secara sembarangan bisa menimbulkan kerusakan kulit permanen yang susah diobati. Pada beberapa orang, kerusakan kulit masih bisa diperbaiki dengan beberapa tindakan medis yang tentu saja enggak semurah harga krim berbahan steroid.

5. Berbahaya bagi Organ Dalam

Krim Bahan Steroid Berakibat Kerusakan Organ Dalam
Krim Bahan Steroid Berbahaya untuk Organ Dalam/ Foto: Freepik.com

Tidak semua pengguna krim berbahan steroid akan otomatis mengalami efek samping di atas. Kulit mungkin terlihat makin bagus, tidak kemerahan, dan tidak menunjukkan tanda-tanda alergi. Namun satu yang pasti, efek samping krim pemutih mengandung steroid adalah akan membahayakan kesehatan, terutama pada organ dalam. Hati-hati, ya!

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id