sign up SIGN UP

SKINCARE

Bahaya! Sinar Blue Light Gadget Bisa Merusak Kulit

Phanie Fauziah | Selasa, 04 May 2021 13:30 WIB
Bahaya! Sinar Blue Light Gadget Bisa Merusak Kulit
caption
Jakarta -

Manusia dan gadget seperti sudah menjadi satu kesatuan. Seakan tak pernah lepas dengan gadget, ditambah pula masa pandemi yang membuat banyak orang menjadi semakin sering berhubungan dengan gadget. Sebagian besar orang-orang tetap tinggal di rumah, bekerja dan belajar dengan jarak jauh, mengharuskan untuk menggunakan gadget untuk mempermudah komunikasi.

Sebagian orang mungkin sudah mengetahui bahwa berlama-lama menggunakan gadget tentu tidak baik. Tapi tahukah Beautynesians, sinar yang dihasilkan gadget juga dapat merusak kulitmu?

Blue Light Gadget Merusak Kulit

Penggunaan Gadget
Penggunaan Gadget/Freepik

Selama ini, beberapa orang khawatir dengan sinar televisi yang berbahaya. Namun, ternyata sinar yang dihasilkan gadget lebih berbahaya karena jarak penggunaannya yang lebih dekat. Blue light atau sinar biru ini mungkin tidak langsung kamu rasakan, tapi dalam jangka panjang akan menghancurkan kolagen melalui oksidatif.

Flavin atau senyawa kimia dalam kulit akan mudah menyerap paparan blue light dari gadget. Reaksi ini kemudian akan menghasilkan radikal bebas yang bisa merusak kulit.

Setiap gadget memiliki paparan blue light yang berbeda. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, selain jarak, televisi memaparkan lebih sedikit blue light dibandingkan komputer, dan lebih banyak lagi handphone karena jaraknya yang sangat dekat. 

Lebih Berbahaya Bagi Pemilik Kulit Berwarna

Pemilik Kulit Berwarna
Pemilik Kulit Berwarna/Freepik

Sebuah penelitian The Journal of Investigative Dermatology tahun 2010, pemilik kulit berwarna lebih bermasalah dengan paparan blue light yang menyebabkan hiperpigmentasi  pada orang-orang yang memiliki kulit dengan warna sawo matang hingga gelap dibandingkan dengan orang yang memiliki warna kulit lebih terang.

Pencegahan dan Cara Mengatasi Kerusakan Kulit

Vitamin untuk Kesehatan
Vitamin untuk Kesehatan/Freepik

Salah satu yang paling sederhana, namun sulit untuk dilakukan untuk pencegahan kerusakan kulit akibat paparan blue light adalah mengatur dan membatasi waktu dalam penggunaan gadget. Namun, memang jika diperlukan untuk menggunakan gadget dalam waktu yang lama, pastikan kamu mengaktifkan mode malam agar menciptakan nada layar yang lebih hangat.

Penunjang lain yang akan mendukung pencegahan kerusakan kulit adalah mengganti LED standar di ponsel dengan versi yang memiliki blue light lebih sedikit.

Penggunaan sunscreen yang cocok untuk jenis kulit juga jadi saran yang baik untuk mencegah dan mengatasi kerusakan kulit. Kandungan titanium oxide atau zinc oxide dalam sunscreen akan memfilter blue light. Upayakan untuk memiliki gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat, vitamin, dan minum air putih yang cukup. 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id