sign up SIGN UP

SKINCARE

Beberapa Penyebab Mudah Lupa di Usia Muda

aqillahdiaz | Selasa, 08 Jun 2021 19:30 WIB
Beberapa Penyebab Mudah Lupa di Usia Muda
sumber : freepik
Jakarta -

Lupa adalah hal yang wajar terjadi, namun jika hal ini sering terjadi, maka bisa sangat mengkhawatirkan. Penyebab mudah lupa di usia muda adalah kondisi yang dianggap kurang sehat dan bahkan bisa berdampak pada kesehatan tubuh. Biasanya, hal ini identik dialami oleh orang lanjut usia, namun juga bisa terjadi pada usia muda. Jika hal ini sering terjadi bagi kalian yang usianya masih produktif, justru hal ini akan mengganggu produktivitasmu.

Oleh karena itu, kalian bisa melakukan pola hidup sehat dan menghindari beberapa penyebab mudah lupa di usia muda. Berikut adalah penyebab lupa di usia muda. Check em out!

Kurang tidur

Sumber : freepik
Sumber : freepik

Kurang tidur adalah salah satu penyebab lupa di usia muda. Bagi kalian yang sering begadang dan kurang tidur ada baiknya untuk memperbaiki pola tidur kalian agar kalian tidak mudah lupa dan tidak mudah cemas. Orang yang kurang tidur biasanya mudah terkena penyakit seperti penyempitan pembuluh darah. Dan hal ini akan mempengaruhi  kemampuan otak untuk bekerja dengan baik.

Stres

Sumber : freepik
Sumber : freepik

Selain kurang tidur, stres adalah penyebab mudah lupa di usia muda. Stres yang terjadi terus menerus akan mengganggu konsentrasi dan akan mengganggu pikiran, sehingga dapat mengakibatkan kesusahan dalam mengingat. Kalian bisa mengatasi hal ini dengan melakukan hal lain yang dapat  meningkatkan mood kalian. Jika kalian sedang mengalami banyak pikiran, kalian bisa ceritakan keluh kesahmu ke teman dekatmu untuk mengurangi rasa stres. 

Anemia

Anemia adalah kondisi dimana seseorang tidak memiliki sel darah yang cukup dan hal ini dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas, lelah, dan tidak bisa berkonsentrasi. Anemia dapat terjadi akibat kehilangan darah dan hal ini dapat dicegah dengan mengonsumsi vitamin dan zat gizi, zat besi, asam folat, serta vitamin B12. 

Pengaruh obat-obatan

Sumber : freepik
Sumber : freepik

Pengaruh obat-obatan juga menjadi penyebab mudah lupa di usia dini. Tidak semua obat dapat mengakibatkan hal tersebut, namun beberapa obat dapat mempengaruhi ingatan seseorang, yakni antidepresan, obat penenang, dan obat lain. Ada baiknya kalian sebelum mengonsumsi obat, lakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu agar tidak salah takaran dan obat yang kalian konsumsi sesuai dengan gejala yang kalian alami. 

Alkohol

sumber : pinterest.com/joyfulfood.de
sumber : pinterest.com/joyfulfood.de

Alkohol juga menjadi salah satu penyebab lupa. Bagi kalian yang masih muda, sebaiknya kurangi atau bahkan hindari untuk mengonsumsi minuman beralkohol. Karena hal ini dapat mengganggu ingatan jangka pendek dan kadar minum tiap orang juga berbeda. 

Nah itu adalah beberapa penyebab lupa pada usia muda. Ada baiknya untuk hindari penyebab tersebut, ya!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id