sign up SIGN UP

Bekas Jerawat Kemerahan dan Flek Hitam, Cara Perawatannya Beda atau Sama?

Ni Made Dwi Agustina | Minggu, 08 Aug 2021 10:00 WIB
Bekas Jerawat Kemerahan dan Flek Hitam, Cara Perawatannya Beda atau Sama?
caption

Bekas jerawat umumnya adalah peradangan yang terjadi pada kulit wajah yang berjerawat, keadaan ini menyebabkan pembuluh darah melebar. Bekas jerawat ada 2 (tipe), yaitu PIE atau Post Inflammatory Erythema dan PIH atau Post Inflammatory Hyperpigmentation.

Adapun bekas jerawat PIE merupakan bekas jerawat kemerahan yang dapat terjadi karena pembuluh darah melebar, sedangkan untuk bekas jerawat PIH merupakan bekas jerawat yang ditandai dengan munculnya noda hitam. Bekas jerawat akan hilang dengan sendirinya jika dilakukan perawatan yang benar. Namun, apakah kedua jenis bekas jerawat tersebut memiliki cara perawatan yang sama? Yuk, simak penjelasannya.

Kandungan yang Disarankan

Produk untuk bekas jerawat
Produk untuk bekas jerawat/ sumber: freepik.com/ senivpetro

Bekas jerawat PIE atau kemerahan umumnya cenderung lebih sensitif dibandingkan dengan bekas jerawat PIH. Untuk itu, kandungan pada produk skincare yang disarankan adalah kandungan yang menenangkan kulit, sehingga mampu mengurangi iritasi. Adapun kandungan yang disarankan untuk bekas jerawat PIE, yaitu centella asiatica, allantoin, greentea, niacinamide, dan vitamin C. Kandungan-kandungan tersebut bisa kamu cari saat  membeli produk skincare.

Untuk bekas jerawat PIH atau kehitaman umumnya cenderung tidak lebih sensitif dibandingkan bekas jerawat PIE. Namun, bekas jerawat PIH tetap membutuhkan waktu agar noda hitam tersebut dapat segera memudar. Memilih produk perawatan untuk bekas jerawat PIH diperlukan kandungan yang bisa memperlambat produksi melanin. Adapun kandungan-kandungan yang disarankan untuk bekas jerawat PIH, yaitu AHA, niacinamide, alpha arbutin, vitamin C, dan azelaic acid.

Tipe Perawatan

Perawatan menghilangkan bekas jerawat
Perawatan menghilangkan bekas jerawat/ sumber: freepik.com/ cookie_studio

Perawatan khusus untuk bekas jerawat tentunya berbeda, baik itu bekas jerawat PIE dan PIH. Keduanya memiliki tipe perawatan yang berbeda untuk menghilangkannya. Adapun untuk bekas jerawat PIE cenderung lebih sulit jika dilakukan perawatan hanya dengan produk skincare. Umumnya, orang yang memiliki bekas jerawat PIE melakukan perawatan khusus ke klinik kecantikan atau dokter spesialis kulit.

Perawatan kulit yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat PIE adalah melalui laser. Walaupun harga untuk melakukan perawatan laser cukup menguras kantung, namun perawatan ini akan lebih cepat membantu menghilangkan bekas jerawat PIE. Jika hanya melakukan perawatan dengan produk-produk skincare juga bisa saja, tetapi memerlukan waktu yang lebih lama.

Sedangkan tipe perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat PIH lebih sederhana dibandingkan bekas jerawat PIE. Perawatan flek hitam bekas jerawat ini bisa dilakukan dengan rajin melakukan chemical exfoliation dengan produk skincare yang mengandung AHA. Kamu bisa melakukan chemical exfoliation 2 kali dalam seminggu. Kemudian, menggunakan skincare lainnya yang dapat membantu mencerahkan kulit wajah.

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan

Perawatan yang salah untuk bekas jerawat
Perawatan yang salah untuk bekas jerawat/ sumber: freepik.com/ freepik

Memiliki bekas jerawat tentu menjengkelkan, karena dapat mengganggu penampilan. Kondisi ini membuat kita akhirnya harus melakukan perawatan agar bekas jerawat dapat memudar. Selain melakukan perawatan, terdapat hal-hal yang tidak boleh dilakukan agar bekas jerawat tidak semakin parah, hingga menimbulkan permasalahan kulit yang baru.

Untuk bekas jerawat PIE dan PIH, keduanya terdapat hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama proses perawatan. Hal yang tidak boleh dilakukan, diantaranya tidak menggunakan sunscreen saat di luar ruangan. Hal ini tentu dapat membahayakan kulit, terutama untuk bekas jerawat yang membandel karena tidak ada perlindungan untuk kulit.

Kemudian, over exfoliating atau terlalu sering melakukan eksfoliasi kulit. Sebab, terlalu sering melakukan eksfoliasi kulit akan membuat kulit menjadi iritasi sehingga dapat memperburuk bekas jerawat. Selanjutnya, malas menggunakan skincare juga dapat memperburuk kondisi kulit wajah, termasuk bekas jerawat karena tidak dirawat dengan baik.

Beauties, itulah cara perawatan untuk bekas jerawat PIE dan PIH yang harus dicermati. Ketahuilah, untuk menghilangkan bekas jerawat dibutuhkan kesabaran dengan cara melakukan perawatan wajah secara teratur. Kamu bisa mencari produk perawatan yang bisa membantu menghilangkan bekas jerawat yang sesuai dengan kondisi kulit. Selamat mencoba!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id