sign up SIGN UP

Benarkah Kandungan Zinc dalam Skincare Bisa Menghilangkan Jerawat Batu?

Nisrina Salsabila | Jumat, 09 Jul 2021 16:30 WIB
Benarkah Kandungan Zinc dalam Skincare Bisa Menghilangkan Jerawat Batu?
caption

Tips saat memilih produk perawatan wajah yang tepat sesuai kondisi kulit adalah dengan melihat kandungan bahan-bahan di dalamnya. Jadi, tak melulu harus terpaku dengan satu merek produk. Apalagi bagi kamu yang memiliki kulit sensitif dan rentan berjerawat, penting banget untuk jeli pada kandungan produk yang kamu gunakan. Nah, salah satu cara menghilangkan jerawat dengan cepat adalah dengan memanfaatkan kandungan zinc (seng). Yuk, kita pelajari bersama!

Apa Itu Zinc?

zinc
Suplemen zinc baik untuk kesehatan kulit/Foto: Pinterest.com/walmart, superpharmacy

Melalui Byrdie.com, dermatologis Beverly Hills Jennifer Herrmann, MD, FAAD menyebutkan bahwa, zinc ialah mineral esensial yang dibutuhkan bagi fungsi tubuh dari luar dan dalam. Bahkan, dirinya juga menambahkan zinc banyak dipelajari sebagai salah satu bentuk perawatan jerawat.

Apa Saja Manfaat Zinc bagi Kulit?

zinc
Manfaat zinc untuk menghilangkan jerawat/Foto: Pinterest.com/buzzfeed

Bagi kamu pemilik kulit sensitif dan rentan berjerawat, yuk, merapat! Zinc punya banyak khasiat menarik bagi jenis kulit tersebut, loh.

1. Menyeimbangkan Hormon

Sering muncul jerawat hormonal saat PMS? Coba saja atasi dengan skincare berkandungan zinc, lantaran ia memiliki fungsi menyeimbangkan hormon pada tubuh.

2. Antiinflamasi

Zinc memiliki sifat antiinflamasi guna membantu meringankan kemerahan dan iritasi terkait jerawat sedang hingga parah. Bahkan, melansir Healthline.com, bahan aktif ini juga dipakai pada kondisi kulit yang meradang seperti eksim, rosacea, melasma hingga dermatitis seboroik.

3. Antibakteri

Kandungan zinc bisa menjadi opsi cara menghilangkan jerawat batu. Pasalnya, zinc ampuh melawan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, mencegah jerawat datang kembali, dan juga mengontrol produksi sebum.

4. Meregenerasi Sel-sel Kulit

Zinc berfungsi mempercepat pertumbuhan kolagen dan jaringan epidermis yang lebih sehat demi menjaga keremajaan kulit, sekaligus membantu proses pemulihan kulit yang luka. 

5. Sebagai Sun Protector

Sering menjumpai kandungan zinc oxide dalam produk tabir surya broad spectrum? Tentu saja, sebab zinc oxide dapat memantulkan dan menghalangi kulit dari sinar UV yang merusak.

Produk Skincare Mengandung Zinc

zinc
Physical sunscreen mengandung zinc oxide/Foto: Instagram.com/votre_peau

Unsur dengan lambang kimia Zn ini umumnya digunakan sebagai suplemen maupun secara topikal (oles), meski zinc sebenarnya lebih efektif bila dikonsumsi. Tenang, kamu bisa memperoleh nutrisi zinc dengan mudah melalui kacang-kacangan, biji-bijian, pisang, produk susu, tiram, ayam, dan daging merah. Bila tubuhmu membutuhkan asupan zinc lebih banyak, suplemen Blackmores Bio Zinc Skin Health atau Puritan's Pride Zinc for Acne boleh jadi pertimbangan.

Kandungan zinc oxide dan titanium dioxide dapat kamu temukan dalam produk physical sunscreen seperti Acnes UV Tint SPF 35 PA+++ dan Votre Peau Facial Sun Shield SPF 50.

zinc
Produk untuk menghilangkan bruntusan di wajah/Foto: Instagram.com/whitelab_id

Butuh rekomendasi produk untuk menghilangkan bruntusan di wajah? True to Skin Brightening Serum memiliki kandungan utama niacinamide, zinc, dan allantoin untuk membantu mencerahkan kulit kusam, melawan jerawat, dan melindungi skin barrier.

Kemudian, aplikasikan Whitelab Acne Cream Calamine 10% + Sulfur 5% + Tea Tree pada bagian yang berjerawat. Kandungan calamine (kombinasi zinc oxide dan ferric oxide) di dalamnya mampu kurangi kemerahan, rasa gatal, dan peradangan pada kulit.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id