sign up SIGN UP

Benarkah Pori-pori Wajah Bisa Mengecil Secara Alami? Ini Penjelasan Ahli

Raudiya Nurfadilah | Kamis, 18 Nov 2021 07:45 WIB
Benarkah Pori-pori Wajah Bisa Mengecil Secara Alami? Ini Penjelasan Ahli
caption

Pori-pori yang besar dan sangat terlihat bisa membuat seseorang tidak percaya diri, sehingga sering kali mencari produk skincare yang memiliki klaim bisa mengecilkan bahkan menghilangkan pori-pori di wajah. Namun benarkah pori-pori wajah bisa mengecil?

Jawaban ini sepertinya sedikit membuatmu kecewa karena menurut Debra Jaliman, seorang dokter kulit di New York mengatakan bahwa pori-pori wajah tidak bisa hilang sepenuhnya, karena ukuran pori ditentukan oleh genetik dan tidak dapat membuat ukurannya spesifik menjadi lebih kecil.

Pengertian Pori-pori

pori-pori di wajah
pori-pori di wajah/ Foto: pexels/ Ron Lach

Beauties, mengutip dari Real Simple, pori-pori adalah lubang folikel rambut yang berisi kelenjar sebaceous yang menghasilkan minyak di kulit. Biasanya terlihat di bagian dahi dan hidung, karena di area tersebut kelenjar sebaceous lebih besar.

Selain genetik, jenis kulitmu juga dapat berperan dalam menghasilkan minyak wajah. Kulit yang kering secara alami cenderung tampak tidak berpori, sedangkan kulit yang berminyak sering kali memiliki kulit yang terlihat berpori karena kelenjar minyak lebih aktif dan membutuhkan lubang yang lebih besar untuk melepaskannya.

Cara Membuatnya Tampak Lebih Kecil

Menyamarkan pori-pori wajah
Menyamarkan pori-pori wajah/ Foto: pexels/ pori-pori di wajah/ Foto: pexels/ Sora Shimazaki

Meski tidak dapat dihilangkan tapi tenang aja Beauties, kamu bisa meminimalkannya sehingga bisa tampak lebih kecil dan lebih bersih. Pada siang hari, kamu harus menggunakan pelembap dan makeup yang non comedogenic, kemudian hindari produk yang mengandung bahan-bahan berat seperti petrolatum dan minyak mineral karena keduanya dapat mengiritasi pori-pori sehingga telihat lebih besar.

Pastikan sebelum tidur selalu membersihkan wajah dengan pembersih yang teksturnya lembut untuk mencegah kotoran dan riasan yang bisa menyumbat pori. Selain itu, bersihkan wajah sebelum dan sesudah berolahraga karena keringat dapat membawa makeup dan kotoran ke lubang dan mengendap di pori wajah.

Kamu juga harus rajin melakukan eksfoliasi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang berada di permukaan kulit dan lakukan sebanyak dua kali dalam seminggu.

Dilansir dari Medicine Net, eksfoliasi kulit secara teratur adalah suatu keharusan, karena ketika pori-pori tersumbat maka akan cenderung merenggang dan dapat membuatnya terlihat lebih besar.

Produk untuk Menjaga Pori Wajah

Cara menjaga pori-pori di wajah
Cara menjaga pori-pori di wajah/ Foto: Pexels/ EKATERINA BOLOVTSOVA

Para peneliti dan ahli kulit juga merekomendasikan beberapa produk yang dapat membantu dan menjaga pori-pori tetap bersih. Di antaranya:

Retinol

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengoleskan krim retinol dapat membantu menjaga pori-pori yang besar agar tetap bersih dan memberi kesan kecil. Retinol juga dapat meningkatkan pergantian sel kulit mati dan menyumbat pori.

Niacinamide

Kamu juga bisa mengoleskan produk yang mengandung niacinamide dan picolinamide, karena dapat membantu memperkuat penghalang dan pelindung kulit untuk meminimalkan tanda-tanda penuaan dan pori-pori yang terlalu besar.

Witch Hazel

Pembersih wajah yang mengandung charcoal dan witch hazel dipercaya dapat menghilangkan kotoran dan membuat pori tampak lebih kencang.

Beauties, pori-pori wajah ternyata tidak bisa dihilangkan, pori juga bermanfaat untuk wajah karena bisa menjadi minyak alami agar kulit tidak menjadi kering. Tetapi jika kamu merasa minyak tersebut berlebih maka kamu haus rajin membersihkannya.

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id