sign up SIGN UP

Bebas Bahan Pengawet, Orang Jaman Dulu Gunakan 5 Bahan Ini Untuk Bikin Wajah Cerah

Zeyra Haya | Rabu, 08 Sep 2021 18:30 WIB
Bebas Bahan Pengawet, Orang Jaman Dulu Gunakan 5 Bahan Ini Untuk Bikin Wajah Cerah
caption

Saat ini perawatan kulit menjadi perhatian bagi sebagian besar kalangan. Berbagai skincare mulai dari facial wash, scrub, krim pencerah hingga serum kini digandrungi oleh banyak orang.

Faktanya, bukan hanya jaman sekarang orang-orang berlomba menjaga kesehatan kulitnya. Jaman dahulu pun banyak perempuan yang telah lebih dahulu menerapkan berbagai metode untuk menjaga kulit tetap sehat dan terlihat cerah.

Selain metodenya yang lebih sederhana, nyatanya tradisional hack untuk merawat kecantikan kulit juga lebih aman karena bebas dari bahan kimia dan pengawet. Beauties, berikut adalah 5 skincare tradisional jaman dulu alias bahan alami yang dipercaya bisa bikin kulit wajah jadi cerah.

1. Bunga Kenanga

Bunga kenanga bahan alami untuk mencerahkan kulit/Foto: freepik.com
(Bunga kenanga bahan alami untuk mencerahkan kulit/Foto: freepik.com)

Warga Indonesia pasti sudah tidak asing dengan bunga yang satu ini. Kerap dijadikan berbagai campuran kosmetik, nyatanya bunga kenanga telah menjadi resep turun temurun warisan nenek moyang untuk menjaga kesehatan kulit.

Bunga kenanga memiliki kandungan vitamin E yang dapat melindungi wajah dari pancaran sinar UV sehingga kulit wajah dapat terlihat lebih cerah dan bersinar. Selain itu, minyak dari bunga yang memiliki wangi khas ini juga dapat mengurangi garis kerutan, melembutkan kulit dan menghambat pertumbuhan sel minyak sehingga sangat baik untuk mencegah timbulnya jerawat dan wajah kusam.

2. Tepung Beras

Manfaat bedak dingin berbahan dasar tepung beras untuk cerahkan kulit wajah/Foto: istockphoto.com
(Manfaat bedak dingin berbahan dasar tepung beras untuk cerahkan kulit wajah/Foto: istockphoto.com)

Tepung beras dikenal sebagai bahan campuran berbagai olahan makanan. Namun siapa sangka, tepung beras juga bisa kita jadikan skincare alami. Kandungan vitamin E dalam tepung beras memiliki banyak khasiat salah satunya bisa menjadi antioksidan alami yang berfungsi untuk melawan efek buruk sinar matahari langsung.

Sehingga kecerahan kulit dapat terjaga dan terlindungi dari kerusakan seperti terbakar dan kusam sekaligus mencerahkan dan menjadikan kulit tampak bersih serta bercahaya. Tepung beras biasanya diaplikasikan ke wajah dalam bentuk masker atau bedak dingin.

3. Kedelai

Tradisional hack gunakan masker kedelai untuk mencerahkan kulit wajah/Foto: freepik.com
(Tradisional hack gunakan masker kedelai untuk mencerahkan kulit wajah/Foto: freepik.com)

Kedelai menjadi bahan alami selanjutnya yang banyak digunakan orang jaman dulu untuk mewujudkan kulit wajah yang cerah. Kandungan nutrisi antioksidan isoflavon dalam kedelai terbukti dapat mengurangi perubahan warna kulit akibat paparan sinar matahari yang intens.

Kedelai juga dapat menghambat produksi melanin pada kulit sehingga dapat mencegah timbulnya flek hitam pada kulit wajah. Kedelai dapat diaplikasikan ke wajah dalam bentuk masker. Pembuatannya sangat mudah, hanya perlu menghaluskan kedelai lalu mencampurkannya dengan air hingga membentuk pasta yang siap dioleskan ke wajah.

4. Bengkoang

Kandungan buah bengkoang yang baik untuk kesehatan kulit wajah/Foto: freepik.com
(Kandungan buah bengkoang yang baik untuk kesehatan kulit wajah/Foto: freepik.com)

Bengkoang menjadi buah yang sejak dahulu dipercaya dapat mencerahkan kulit. Sari pati buah bengkoang dapat menjadikan kulit lebih cerah dan menghalau noda gelap serta kusam pada wajah.

Buah bengkoang merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan air yang tinggi, oleh sebab itu bengkoang mampu mengontrol kadar minyak pada wajah. Kandungan vitamin C pada bengkoang juga ampuh mencegah terjadinya penuaan dini. Beauties, untuk mendapat sari pati bengkoang, kamu bisa memarut bengkoang lalu memerasnya. Air hasil perasan kemudian didiamkan hingga menjadi endapan yang kemudian dapat kamu aplikasikan sebagai masker di malam hari.

5. Teh Hijau

Teh hijau bahan alami untuk memperbaiki sel kulit dan mencerahkan wajah/Foto: freepik.com
(Teh hijau bahan alami untuk memperbaiki sel kulit dan mencerahkan wajah/Foto: freepik.com)

Selain menjadi minuman yang banyak digemari, teh hijau ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Salah satunya adalah untuk mengatasi perubahan warna kulit akibat hiperpigmentasi. Kandungan molekul antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG) pada teh hijau dapat memperbaiki sel kulit wajah dan mengatasi masalah kulit kusam. Mengaplikasikan teh hijau sebagai masker pada wajah secara rutin dipercaya dapat membuat kulit wajah cerah bersinar dan merona.

Itulah 5 bahan alami tradisional yang digunakan orang jaman dulu untuk mencerahkan kulit wajah. Sudahkah kamu mencobanya?

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id