sign up SIGN UP

Hati-Hati! Asal Campur Dua Bahan Aktif Ini Bikin Kulit Breakout!

Tim Redaksi HaiBunda | Kamis, 09 Sep 2021 19:00 WIB
Hati-Hati! Asal Campur Dua Bahan Aktif Ini Bikin Kulit Breakout!
Wajah breakout/ Foto: freepik.com
Jakarta -

Siapa di antara kamu yang hobi mencampur-campurkan skincare? Kalau kamu masih sering melakukan hal ini, kamu perlu lebih hati-hati, Beauties. Tidak semua bahan aktif bisa dicampur-campurkan dengan sembarangan. Pencampuran beberapa bahan aktif dalam skincare perlu dihindari karena bisa menimbulkan efek untuk kulit. Setidaknya ada 2 hal yang bisa terjadi:

  1. Kulit kamu tidak akan mengalami perubahan apapun karena kandungan aktif saling meniadakan satu sama lain
  2. Kulit kamu akan breakout karena bahan aktif bekerja berlawanan

Yuk, cari tahu bahan aktif apa saja yang sebaiknya nggak boleh dicampur!

Jerawat Berlebih_Foto freepik_wayhomestudioWajah breakout/ Foto: freepik/wayhomestudio

Retinol dan AHA

Retinol ternyata nggak boleh dicampur dengan AHA (alpha hydroxy acid). Retinol dan AHA sama-sama turunan dari vitamin A. Keduanya punya manfaat melawan penuaan kulit. Sayangnya, menggabungkan dua bahan aktif ini bukannya bikin kulit kamu makin awet muda, tapi justru jadi iritasi.

Jika kamu bersikeras untuk tetap memakai dua bahan ini bersamaan, sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit. Dengan begitu, dokter kulit akan mengatur komposisi yang pas sehingga kulit kamu terhindar dari iritasi.

Perawatan yang salah untuk bekas jerawatKulit breakout/ Foto: Freepik.com

Retinol dan Vitamin C

Retinol juga disarankan untuk tidak dipakai bersamaan dengan vitamin C. VItamin C bisa bekerja efektif dalam lingkungan yang rendah. Sementara, retinol bisa bekerja lebih keras dari vitamin C. Kalau kamu ingin menggunakan retinol dan vitamin C dalam satu periode waktu, sebaiknya pakai vitamin C di pagi hari dan retinol di malam hari.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id