sign up SIGN UP

SKINCARE

Buat Kulit yang Mudah Iritasi dan Sensitif, Apakah Boleh Pakai Skincare Khusus Bayi?

Cynthia Claudia | Senin, 19 Jul 2021 13:30 WIB
Buat Kulit yang Mudah Iritasi dan Sensitif, Apakah Boleh Pakai Skincare Khusus Bayi?
Kulit Sensitif/ Foto: Pexels/Sora Zhimasaki

Tidak jarang bagi kita yang memiliki kulit sensitif suka memakai produk perawatan kulit bayi karena kandungannya yang ringan dan tidak membuat kulit iritasi. Namun, sering kali kita bertanya yang mana yang boleh dipakai dan yang sebaiknya kita hindari agar hasilnya bermanfaat bagi kesehatan kulit kita? Karena pada dasarnya kulit orang dewasa berbeda dengan kulit bayi di mana kulit kita lebih sering terpapar polusi, debu, udara, sinar matahari, dan lain-lain.

Simak apa saja penggunaan skin care kulit sensitif khusus bayi yang cocok digunakan orang dewasa:

Sabun Bayi

Ilustrasi sabun bayi
Ilustrasi sabun bayi/ Foto: Pexels/Sarah Chai

Beauties yang memiliki kulit sensitif disarankan pakai sabun bayi. Sabun bayi tidak mengandung pewangi berlebihan, pewarna, alkohol, dan bahan-bahan yang berbahaya lainnya bagi kulit sensitif sehingga aman dipakai. Selain tidak menghasilkan busa yang banyak, sabun bayi tetap dapat menjaga kelembapan kulit terutama bagi kalian yang memiliki kulit kering, sensitif, dan kemerahan.

Petroleum Jelly

Ilustrasi petroleum jelly/
Ilustrasi petroleum jelly/ Foto: Pexels/RF Studio

Petroleum jelly pada umumnya digunakan untuk menenangkan kulit yang iritasi atau sensitif. Ciri-ciri kulit sensitif biasanya dapat dilihat dari tekstur kulit yang tidak merata dan kasar, munculnya ruam, kemerahan, hingga kadang terasa gatal. Karena fungsinya yang untuk menenangkan kulit sensitif, maka petroleum jelly ini bersifat multifungsi dan dapat digunakan di daerah kulit kering mana pun seperti bibir yang pecah-pecah, siku, tumit, lutut, dan lain-lain.

Krim atau Lotion Bayi

Ilustrasi krim atau losion bayi
Ilustrasi krim atau losion bayi/ Foto: Pexels/ Sarah Chai

Krim atau lotion khusus bayi memang tidak disarankan untuk dipakai di seluruh tubuh pada orang dewasa. Namun, kamu bisa aplikasikan pada bagian tertentu yang rawan kering karena mampu meningkatkan kelembapan kulit dan bahan dasarnya lebih ringan dibandingkan lotion yang dibuat khusus untuk orang dewasa.

Jika ada beberapa bagian kulitmu yang iritasi, aplikasikan krim/lotion khusus orang dewasa dahulu lalu setelah itu gunakan krim/lotion khusus bayi untuk menenangkan dan mencegah iritasi.

Baby Oil

Ilustrasi baby oil
Ilustrasi baby oil/ Foto: Pexels/ Sarah Chai

Baby oil termasuk salah satu perawatan kulit yang diaplikasikan pada tahapan terakhir. Sering kali digunakan sebagai minyak pijatan sehingga kulit pun jadi lebih lembut, halus, dan lembap setelah menggunakannya.

Bagi orang dewasa, baby oil cocok dipakai menghapus makeup yang cenderung waterproof. Pasalnya, baby oil sendiri dapat mengangkat makeup secara efektif tanpa membuat kulit kita iritasi. Cocok sebagai pengganti pembersih makeup yang biasanya mengandung alkohol dan mampu membuat kulit iritasi.

Perawatan kulit sensitif sebaiknya juga disesuaikan dengan usia, tapi nggak ada salahnya mengandalkan produk khusus bayi. Produk perawatan kulit bayi masih bisa digunakan orang dewasa selama penggunaannya sesuai dan tidak berlebihan. Tetapi, jika Beauties memiliki permasalahan kulit tertentu seperti eczema atau rosacea yang tidak membaik, sebaiknya segera periksakan masalah kulit tersebut ke dokter spesialis kulit ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id