sign up SIGN UP

SKINCARE

Duh! Ini 5 Alasan Mengapa Kulit Kering Bisa Jerawatan Parah

Dian Aprilia | Kamis, 15 Jul 2021 13:30 WIB
Duh! Ini 5 Alasan Mengapa Kulit Kering Bisa Jerawatan Parah
caption

Kulit kering adalah kondisi kulit yang kekurangan cairan di lapisan luar kulit. Setiap orang memiliki jenis kulit kering yang berbeda-beda. Jerawat tidak hanya identik pada kulit berminyak saja, melainkan juga kulit kering. Hal ini dikarenakan jerawat muncul karena sensitivitas kulit yang berbeda-beda, bukan hanya berpijak pada masalah kelembapan saja.

Bagi kamu yang memiliki kulit kering dan jerawatan parah, kamu harus mulai mencari cara menghilangkan jerawat sesuai dengan masalahmu. Salah satu langkah awal dalam cara mengempeskan jerawat adalah mengetahui penyebab munculnya jerawat.

Penyebab Jerawat pada Kulit Kering

Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 alasan mengapa kulit kering bisa jerawatan parah.

Produksi Minyak Berlebih

Cara mengatasi jerawat
Cara mengatasi jerawat/pexels.com/cottonbro

Penyebab utama jerawat pada kulit kering adalah produksi minyak berlebih. Kulit kering kok malah menghasilkan minyak berlebih? Hal ini disebabkan saat kondisi kulit kering, kulit berusaha menghasilkan banyak minyak supaya melembapkan kulit.

Produksi minyak yang berlebih ini rentan memicu iritasi atau peradangan pada kulit. Sehingga pemilik kulit kering juga perlu mencari cara menghilangkan jerawat yang tepat sesuai jenis kulit dan masalahnya.  

Penumpukan Kulit Mati Meradang

Penyebab lain dari masalah kulit kering berjerawat adalah penumpukan sel kulit mati di pori-pori kulit. Hal ini dikarenakan kulit kering kehilangan kemampuan untuk meregenerasi sel kulit karena lapisan minyak tidak bekerja optimal.

Akibatnya penumpukan kulit mati ini bisa menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat. Masalah ini juga bisa menjadi pijakan untuk mengetahui cara menghilangkan jerawat pada kulit kering.

Pengaruh Bakteri di Kulit Kering

Cara mengatasi jerawat
Cara mengatasi jerawat/pexels.com/CDC

Penyebab kulit kering berjerawat selanjutnya adalah adanya bakteri yang menyebabkan peradangan. Sel-sel kulit mati yang menumpuk bisa memicu masuknya bakteri pada kulit sehingga memunculkan jerawat.

Jadi sebisa mungkin, cara mengempeskan jerawat pada kulit kering adalah dengan memilih produk skincare yang mengandung antibakteri dan antioksidan. Sebab kandungan ini bisa mengurangi koloni kuman penyebab jerawat dan mengurangi reaksi peradangan.  

Kulit Kering Terlalu Sensitif

Penyebab kulit kering berjerawat selanjutnya adalah kulit terlalu sensitif. Untuk itu, pemilik kulit kering yang sensitif sebaiknya mempertimbangkan pemilihan produk skincare dengan hati-hati agar tak memicu munculnya jerawat. Utamanya pemilihan produk scrub, facial foam dan juga peeling yang menyebabkan kulit semakin kering. Pemilihan produk skincare yang tepat juga menjadi cara mengempeskan jerawat yang efektif.  

Sering Mengelupas Kulit Kering

Cara mengatasi jerawat
Cara mengatasi jerawat/pexels.com/Karolina Grabowska

Penyebab terakhir yang bikin kulit kering berjerawat adalah sering mengelupas kulit kering. Saat kulit pecah-pecah dan kering, biasanya muncul godaan mengelupas kulit bersisik tersebut. Luka yang timbul dari proses tersebut bisa menjadi ruang bakteri untuk masuk dan memicu munculnya jerawat. Untuk itu, cara mengempeskan jerawat untuk kulit kering adalah menghindari pengelupasan kulit yang bersisik.

Cara Mengatasi Jerawat pada Kulit Kering

Cara mengatasi jerawat pada kulit kering di antaranya adalah dengan pemilihan face wash, toner, pelembab dan serum yang tepat. Selain itu, cara mengatasi jerawat pada kulit kering juga perlu diimbangi dengan penggunaan sunscreen yang teratur dengan kandungan zinc oxide dan atau titanium dioxide.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id