sign up SIGN UP

SKINCARE

Buruan Cek, Ini Tips Ampuh Atasi Beruntusan Berdasarkan Penyebabnya

Dian Aprilia | Jumat, 14 May 2021 20:00 WIB
Buruan Cek, Ini Tips Ampuh Atasi Beruntusan Berdasarkan Penyebabnya
caption

Selain jerawatan, beruntusan juga menjadi masalah yang menyebalkan bagi banyak orang. Beruntusan adalah bintik-bintik berukuran kecil dalam jumlah banyak di sebagian area atau menyebar di beberapa area wajah. Biasanya berwarna merah, menimbulkan rasa gatal dan perih saat berkeringat.

Beruntusan bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari pori-pori tersumbat dengan sel kulit mati, sisa make up, bakteri, atau ketiga hal tersebut. Hal ini mengakibatkan, munculnya beruntusan di wajah yang meradang. Bahkan ada kalanya disertai nanah.

Berikut beautynesia.id telah merangkum solusi ampuh hilangkan beruntusan berdasarkan penyebabnya.

Beruntusan karena pori-pori kulit tertutupi sel kulit mati

Beruntusan
Beruntusan/pexels.com

Salah satu penyebab beruntusan yang sering terjadi adalah banyaknya sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori kulit. Hal ini diperparah jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan yang memungkinkan banyak debu dan kotoran menempel di wajah.

Salah satu ciri jika kamu mengalami penyebab beruntusan ini adalah jarang melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi ialah proses perawatan wajah dengan membuang sel-sel kulit mati yang menempel di pori-pori kulit. Langkah ini ampuh untuk membersihkan kulit secara menyeluruh dan juga membantu melembabkan kulit. Lakukan proses eksfoliasi sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

Beruntusan karena jarang membersihkan sisa make up

Beruntusan
Beruntusan/pexels.com

Selain itu beruntusan bisa disebabkan karena jarang atau malas membersihkan sisa make up setelah seharian beraktivitas. Atau bisa jadi karena kurang bersih dalam membersihkan make up, baik karena terburu-buru ataupun karena produk skincare yang kurang ampuh membersihkan make up secara menyeluruh.

Oleh sebab itu, solusi yang ampuh mengatasi penyebab ini adalah dengan disiplin dan konsisten dalam membersihkan make up setelah beraktivitas. Lakukan double cleansing, agar pembersihan bisa menyeluruh dan mendapatkan hasil yang optimal. Mulanya bersihkan muka dengan salah satu produk pembersih wajah, diantaranya adalah cleansing oil, milk cleanser atau micellar water. Lalu tahap kedua adalah membersihkan wajah dengan facial wash.  

Beruntusan karena paparan sinar matahari

Beruntusan
Beruntusan/pexels.com

Paparan sinar matahari yang terlalu intens juga bisa memicu keringat dan mendorong munculnya beruntusan. Hal ini menyebabkan kelenjar keringat di tubuh jadi tersumbat. Tak heran jika area dahi yang sering menjadi tempat munculnya beruntusan, karena seringkali menjadi area yang berkeringat.

Untuk mengatasi hal ini, maka kamu perlu membersihkan wajah setiap kali terkena paparan sinar matahari, apalagi jika dalam waktu yang lama. Misalnya pagi hari kamu bekerja di luar ruangan dan di tengah terik matahari, saa istirahat siang hari kamu bisa mencuci wajah dengan facial wash. Jadi tidak perlu menunggu sampai waktu pulang kantor ya.

Beruntusan karena wajah kotor

Beruntusan
Beruntusan/pexels.com

Penyebab beruntusan berikutnya adalah wajah terpapar debu dan kotoran. Sumbernya bisa dari berbagai macam hal, mulai dari rambut yang kotor, sarung bantal, guling atau sprei yang kotor, tangan yang kotor dan menyentuh wajah dan lainnya.

Oleh sebab itu, penting untuk menjaga kebersihan diri dan benda-benda di sekitar kita. Usahakan untuk selalu mengganti sarung bantal, guling dan sprei secara berkala. Pastikan untuk mencuci rambut minimal 2 kali dalam seminggu dan menghindari memegang wajah saat tangan kotor.

Beruntusan karena salah pilih produk make up atau skincare

Beruntusan
Beruntusan/pexels.com

Terakhir, penyebab beruntusan bisa disebabkan keliru memilih produk make up atau skincare. Sebab produk yang kamu pakai tidak cocok dengan jenis kulitmu. Selain itu, ada beberapa kandungan skincare yang bisa memicu beruntusan, seperti halnya alkohol, cleanser dengan eksfoliator, salicylic acid, coconut oil yang mengandung comedogenic, dan menthol atau mint.

Oleh sebab itu, sebaiknya hindari skincare yang mengandung kandungan tersebut. Jika memang terpaksa dan butuh, kamu bisa lakukan antisipasi dengan melakukan treatment lain atau tambahan produk lainnya guna mengurangi efek beruntusan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id