sign up SIGN UP

SKINCARE

Cara Melakukan Self Treatment ala Salon di Rumah

Ratih Dewi | Selasa, 10 Nov 2020 19:30 WIB
Cara Melakukan Self Treatment ala Salon di Rumah
caption

Selama pandemi covid-19 pemerintah menganjurkan kita untuk melakukan kegiatan di rumah untuk meminimalisir penyebaran covid-19. Mungkin jika keadaan normal, seminggu sekali beberapa dari kita melakukan self treatment di salon atau tempat spa, namun sejak pandemi beberapa tempat spa membatasi jam kunjungan atau bahkan berhenti beroperasi sementara.

Nah, untuk kamu yang ingin self treatment ala salon atau tempat spa ternyata bisa kamu lakukan di rumah juga lho Ladies bahkan bisa dibilang lebih murah, efektif, dan efisien. Kamu juga bisa melakukan kegiatan lainnya selama self treatment di rumah. Gimana sih caranya dan apa yang harus dipersiapkan?

1. Body Treatment

Body Treatment
Body Treatment/Foto : freepik.com

Untuk lulur badan kamu bisa menggunakan produk lulur yang biasa kamu gunakan dan bisa ditemui di mini market terdekat. Sebelumnya pastikan oleskan minyak zaitun ke seluruh tubuh kamu sambil memijat agar peredaran darah menjadi lancar dan badan kamu juga lebih rileks. Tunggu 30 menit dan aplikasikan lulur ke seluruh tubuh kamu dengan menggunakan minyak zaitun.

Setelah itu bisa berendam di bath tube menggunakan bath bomb dengan berbagai varian wangi yang kamu inginkan. Bberendam 15 - 20 menit bisa membantu melancarkan peredaran darah, melemaskan otot yang kaku, dan membuat diri kamu lebih rileks. Kamu bisa juga bisa taburkan bunga mawar untuk membuat mood lebih baik sambil mendengarkan lagu sambil berendam. 

2. Hair Treatment

Hair Treatment
Hair Treatment/Foto : freepik.com

Creambath bisa jadi salah satu hair treatment yang dilakukan di rumah lho! Gunakan hair mask sesuai sesuai dengan kondisi rambut kamu. 

Keramas seperti biasa terlebih dahulu, kemudian aplikasikan hair mask atau creambath sambil memijat kepala kamu sampai kulit kepala. Lakukan 5 - 10 menit memijat kepala kamu agar merasa lebih rileks dan kepala menjadi enteng.

Tunggu 10 - 15 menit dan tutup rambut kamu dengan handuk hangat agar meresap dengan baik. Setelahnya bilas hingga bersih dengan air hangat. Keringkan rambut kamu dan jangan lupa gunakan hair oil agar rambut tetap halus dan berkilau.

3. Face Treatment

Face Treatment
Face Treatment/Foto : freepik.com

Kamu yang memiliki komedo dan pori-pori besar mungkin seminggu sekali sampai dua kali melakukan treatment ke klinik kecantikan. Tapi kamu bisa melakukannya di rumah agar lebih efesien.

Kamu bisa steam wajah dengan air hangat. Caranya tuangkan air hangat di wadah yang cukup besar, dekatkan wajah kamu dan tutup dengan handuk supaya uap air hangat tidak menyebar. Lakukan 5 - 10 menit dan pastikan wajah kamu dalam keadaan bersih.

Setelahnya, kamu bisa menggunakan alat untuk mengeluarkan komedo di area yang banyak komedonya, seperti hidung, dagu, pipi. Lalu gunakan masker wajah sesuai dengan kondisi kulit wajah, jangan lupa gunakan skincare routine kamu setelahnya seperti toner, serum, dan pelembap ya!

4. Self Manicure and Pedicure

Manicure and Pedicure
Manicure and Pedicure/Foto : freepik.com

Melakukan manikur dan pedikur ternyata juga bisa kamu lakukan di rumah. Pastikan bersihkan kuku kamu dengan nail remover agar bersih, siapkan wadah berisi air hangat dengan campuran lemon dan garam, rendam 10 - 15 menit kemudian pijat jari-jari tangan dan kaki kamu. Setelahnya gunakan produk scrubbing 5 - 7 menit untuk mengangkat sel kulit mati sehingga kuku jari-jari kamu menjadi lebih halus.

Kemudian bilas dengan air hangat. Potong kuku kamu jika terlalu panjang dan bentuk menggunakan nail shapper serta  haluskan permukaan kuku dengan nail buffer. Setelahnya kamu bisa mempercantik kuku kamu dengan berbagai warna nail polish, jangan lupa juga aplikasikan hand and food cream untuk melembabkan jari-jari tangan dan kaki kamu. 

5. Self Waxing 

Self Waxing
Self Waxing/Foto : freepik.com

Untuk waxing atau menghilangkan rambut di beberapa bagian tubuh juga bisa kamu lakukan sendiri menggunakan produk waxing gel. Caranya, aplikasikan produk waxing di area yang ingin kamu hilangkan bulunya kemudian tarik sesuai dengan berlawanan tumbuhnya rambut. 

Kalau kamu masih takut untuk melakukan waxing kamu juga bisa shaving dengan produk cukur untuk wanita, terutama di area intim jika bukan dengan ahlinya sementara kamu bisa shaving dengan minyak zaitun atau krim cukur agar tidak iritasi. Jika terlalu panjang gunting terlebih dahulu agar mudah untuk shaving

Walaupun di rumah saja, tubuh kamu dari atas kepala hingga ujung kaki tetap terawat dan kamu juga tetap cantik. Selamat mencoba Ladies!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id