sign up SIGN UP

Cara Mencegah Ketiak Hitam

Dimitrie Hardjo | Jumat, 02 Jul 2021 11:15 WIB
Cara Mencegah Ketiak Hitam
caption
Jakarta -

Ketiak hitam terkadang mengganggu penampilan, apalagi saat kita ingin menggunakan pakaian yang sleeveless atau tidak berlengan. Untungnya, saat ini banyak cara yang digunakan untuk memutihkan ketiak yang hitam tersebut, tapi akan lebih baik jika kamu mulai mencegah area tersebut menjadi hitam.

Mengutip Healthline, beberapa area pada tubuh dapat menghitam akibat adanya kondisi kulit yang disebut acanthosis nigrican (AN) yang menyebabkan lipatan kulit menjadi gelap, seperti daerah ketiak, siku, belakang leher, lutut, dan lainnya. Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui nih berbagai cara untuk mencegahnya. Simak penjelasan berikut ini agar kamu bisa menghindarinya ya, Ladies!

1. Melakukan Alternatif Lain Selain Mencukur Bulu Ketiak

Melakukan waxing sebagai salah satu alternatif mencukur bulu.
Melakukan waxing sebagai salah satu alternatif mencukur bulu. Foto: unsplash.com

Terlalu sering mencukur bulu ketiak dapat menyebabkan iritasi kulit dan kulit jadi menggelap akibat banyaknya pigmen yang diproduksi. Kamu bisa beralih menggunakan laser, waxing, atau cara lainnya untuk menghilangkan bulu ketiak.

2. Menggunakan Deodoran Berbahan Alami

Menggunakan deodoran berbahan alami.
Menggunakan deodoran berbahan alami. Foto: unsplash.com

Kamu mungkin sering mendengar kalau deodoran menjadi penyebab kulit ketiak menghitam. Biasanya kulit mengalami iritasi dan menggelap akibat adanya zat kimia di dalam deodoran tersebut. Namun, ada deodoran yang berbahan alami aman untuk kamu gunakan kok, Ladies! Selain mencegah bau badan, ketiakmu tidak akan berubah warna akibat penggunaannya.

3.  Eksfoliasi Secara Rutin

Rutin eksfoliasi 2 kali seminggu.
Rutin eksfoliasi 2 kali seminggu. Foto: pexels.com

Eksfoliasi dapat mengangkat sel - sel kulit mati yang menumpuk. Secara tidak langsung, kulit akan menjadi lebih cerah saat kamu rajin melakukan eksfoliasi. Jadi, lakukan eksfoliasi tubuh 2 kali setiap minggunya untuk mencegah ketiak menggelap ya.

4. Menjaga Berat Badan untuk Hindari Obesitas

Menjaga berat badan.
Menjaga berat badan. Foto: unsplash.com

Kondisi obesitas dapat menyebabkan tubuh menjadi resisten terhadap hormon insulin, sedangkan level insulin yang tinggi mempengaruhi banyaknya produksi pigmen kulit. Karena itu, orang yang mengalami obesitas rentan memiliki kulit yang menggelap pada area - area lipatannya. Karena itu, penting untuk menjaga berat badan dengan cara makan dengan gizi seimbang dan olahraga secara rutin ya, Ladies.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id