sign up SIGN UP

Sama-sama Hilangkan Bulu, Ini Perbedaan Waxing dan Sugaring

Raudiya Nurfadilah H | Selasa, 15 Jun 2021 16:00 WIB
Sama-sama Hilangkan Bulu, Ini Perbedaan Waxing dan Sugaring
caption

Beranjaknya usia, rambut-rambut halus pada beberapa bagian di tubuh kita akan muncul. Misalnya pada bagian kaki, dan ketiak. Bagi wanita, rambut-rambut yang tumbuh bisa menghilangkan rasa percaya diri, sehingga dilakukan proses penghilangan rambut di beberapa bagian tubuh.

Proses menghilangkan bulu rambut pada tubuh bisa dilakukan dengan berbagai cara misalnya dengan mencabut menggunakan alat, mencukur atau dengan melakukan perawatan IPL (Intense Pulsed Light).

Mengutip dari laman Healthline, teknik waxing atau sugaring pada bulu kaki serta ketiak merupakan salah satu cara yang paling umum dilakukan karena mudah, bisa menghilangkan rambut dengan cepat dan tidak menyakitkan. Meski sama, tetapi waxing dan sugaring sebenarnya memiliki perbedaan. Apa saja perbedaannya?

Bahan Campuran

Gula, air, dan perasan lemon merupakan bahan untuk sugaring
campuran gula untuk sugaring/Pixabay/ flaviasaad0

Waxing bisa digunakan untuk semua jenis kulit karena bahan yang digunakan terbuat dari lilin lebah, resin, minyak. Sedangkan sugaring menggunakan bahan yang terbuat dari campuran gula, air, dan perasan jeruk lemon sehingga cocok untuk kulit yang sensitif.

Teknik

waxing dan sugaring memiliki teknik yang berbeda
teknik waxing/Pinterest/The Healthy Maven

Selain bahan, teknik yang digunakan antara waxing dan sugaring cukup berbeda. Lilin waxing yang digunakan untuk menghilangkan rambut biasanya dioleskan searah dengan pertumbuhan rambut.

Setelah lilin didiamkan beberapa detik lalu ditarik ke arah yang berlawanan secara cepat. Tetapi alih-alih menghilangkan, cara tersebut justru bisa merusak rambut pendek dan tumbuh ke dalam. Sedangkan sugaring menggunakan teknik yang sebaliknya yakni pasta gula dioleskan pada kulit ke arah yang berlawanan dengan pertumbuhan rambut lalu ditarik dengan cepat  searah pertumbuhan. Teknik yang digunakan sugaring bisa meminimalisir kerusakan pada rambut.

Biasanya rambut yang telah melalui proses waxing atau sugaring bisa hilang dan bertahan selama 3 sampai 4 minggu tetapi bisa juga bergantung pada seberapa cepatnya rambut kamu tumbuh.

Toleransi Kesakitan

waxing dan sugaring memiliki tingkat toleransi yang berbeda
Toleransi sakit saat waxing/Pinterest/Stylecraze

Sebenarnya sakit ketika menggunakan waxing atau sugaring tergantung pada toleransi sakit kamu tetapi bisa juga bergantung pada seberapa pengalamannya kamu dalam melakukan proses tersebut. Jika kamu sudah sering melakukan waxing atau sugaring maka akan biasa saja rasa sakitnya tetapi berbeda jika baru pertama kali mencoba maka proses tersebut akan terasa menyakitkan.

Namun sugaring memiliki risiko rasa sakit, iritasi kulit, dan kerusakan rambut paling sedikit. Karena pasta gula tidak menempel pada lapisan kulit tetapi menempel pada rambut dan sel kulit mati. Sedangkan lilin waxing menempel sepenuhnya pada lapisan kulit, sehingga bisa menyebabkan rasa sakit pada bagian tubuh yang kamu wax.

Untuk harga, waxing dan sugaring memiliki harga yang bervariatif berkisar dari harga Rp19.000 hingga jutaan Rupiah. Produk tersebut juga bisa dibeli melalui offline atau online shop.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id