sign up SIGN UP

SKINCARE

Cara Mengatasi Iritasi dan Jerawat karena Menggunakan Masker Selama Pandemi

Rumaysha Milhania | Minggu, 21 Jun 2020 00:00 WIB
Cara Mengatasi Iritasi dan Jerawat karena Menggunakan Masker Selama Pandemi
caption

Mengenakan masker menjadi rekomendasi dari WHO dan para ahli kesehatan untuk bisa membantu menjaga dirimu dan orang lain tetap sehat saat menghadapi pandemi covid-19. Sayangnya, masker yang digunakan terlalu sering ternyata juga memiliki efek pada kulit wajahmu di mana itu dapat menyebabkan iritasi kulit dan jerawat. Dendy Engelman, seorang ahli bedah kulit asal New York mengatakan pada Washington Post bahwa pada dasarnya hampir semua jenis kulit akan mengalami iritasi akibat mengenakan masker dalam waktu lama setiap hari. Iritasi ini disebabkan oleh gesekan fisik yang terjadi antara kulit dan masker yang mereka gunakan. Belum lagi dengan alergi yang mungkin dimiliki sebagian orang. 

Masker menjadi bendal yang penting dan harus selalu dibawa selama pandemi.
Masker/ Sumber: Pexels.com

Mengapa Masker Menyebabkan Iritasi Kulit?

Masker dapat memerangkap kelembaban, keringat, minyak dan kotoran tetap ada di dekat kulit dalam waktu yang lama. Kotoran-kotoran inilah yang nantinya akan menyebabkan munculnya jerawat dan kotoran pada wajah. Selain itu, kebiasaan yang kita lakukan saat mengenakan masker juga dapat memperburuk masalah. Kebiasaan menyentuh wajah untuk merapikan posisi masker juga akan meninggalkan kotoran dan bakteri pada kulit. Jadi, jangan heran jika kulitmu malah menjadi lebih kotor dari biasanya.


Penggunaan masker N95 lebih berisiko menyebabkan iritasi pada kulit.
Masker N95/ Sumber: Pexels.com

Perhatikan Kebiasaan Perawatan Kulitmu

Menjaga kebersihan kulit menjadi hal yang lebih harus diperhatikan saat kamu sedang menggunakan masker. Pastikan kamu selalu membersihkan wajah dengan rutin, khususnya setelah kamu menggunakan masker. Selain itu, perhatikan juga produk pembersih wajah yang kamu gunakan. Pilihlah pembersih dengan kandungan yang lembut seperti Alastin atau Cetaphil. Ini sangat penting untuk mencegah kulit menjadi semakin teriritasi.

Pertimbangkan Pemilihan Jenis Masker

Jenis masker yang kamu kenakan juga merupakan kunci untuk menjaga kulit tetap terjaga dengan baik. Apabila kamu memiliki kulit yang rentan dan sensitif. Masker N95, yang dapat menyaring lebih dari 95 persen partikel kecil yang berisiko mengandung virus, dianggap menjadi perlindungan terbaik bagi petugas kesehatan yang melakukan prosedur dengan pasien yang terinfeksi. Namun, penggunaan masker ini kerap membuat kulit mengalami iritasi dan ruam. Berbeda dengan masker bedah yang tidak memiliki segel ketat sehingga tidak menyebabkan dampak yang serius pada wajah. 

Seorang wanita merapikan masker yang sedang digunakan untuk melindungi diri dari risiko penularan virus.
Menggunakan Masker/ Sumber: Pexels.com

Cuci dengan Rutin Masker Kain

Terakhir, jika kamu menggunakan masker kain, pastikan untuk segera mencucinya setelah digunakan seharian. Pastikan untuk memiliki 3-5 cadangan masker kain pengganti untuk digunakan saat masker yang lainnya sedang dicuci atau dijemur. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id