sign up SIGN UP

Cara Mengatasi Kulit Bertekstur dan Bruntusan Agar Wajah Terlihat Flawless

Dian Aprilia | Rabu, 07 Jul 2021 09:30 WIB
Cara Mengatasi Kulit Bertekstur dan Bruntusan Agar Wajah Terlihat Flawless
caption

Kulit bertekstur adalah kondisi yang membuat permukaan kulit termasuk wajah menjadi kering, tidak mulus dan terasa kasar. Selain itu, kulit bertekstur juga ditandai dengan adanya bintik-bintik kecil di seluruh permukaan wajah. Untuk itu perlu diketahui cara-cara memperbaiki kulit bertekstur dan cara menghilangkan bruntusan.

Penyebab kulit bertekstur di antaranya adalah kulit mengalami dehidrasi, penuaan, berkurangnya kolagen, paparan sinar matahari dan pengelupasan sel kulit yang abnormal. Hal ini hampir mirip dengan penyebab bruntusan, paparan sinar matahari dan tidak melakukan eksfoliasi.

Berikut beautynesia.id telah merangkum cara mengatasi kulit bertekstur dan bruntusan agar wajah terlihat flawless atau sempurna:

Jaga Kelembapan Kulit

Jaga kelembapan untuk atasi kulit bertekstur
Jaga kelembapan untuk atasi kulit bertekstur/Pexels.com/Tuấn Kiệt Jr.

Tidak hanya pada kulit berminyak, bruntusan dan kulit bertekstur juga terjadi pada pemilik kulit kering. Hal ini dikarenakan banyaknya penyebab bruntusan, bukan hanya sebatas penumpukan minyak di pori-pori wajah.

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kelembapan kulit adalah dengan menggunakan produk yang bersifat hydrating dan moisturizing. Pilih produk yang sesuai jenis kulit, mengandung ceramide dan hyaluronic acid, gunakan sesering mungkin saat kulit dehidrasi.

Bersihkan Sel Kulit Mati

Eksfoliasi untuk atasi kulit bertekstur
Eksfoliasi untuk atasi kulit bertekstur/Pexels.com/Monstera

Cara menghilangkan bruntusan dan kulit bertekstur selanjutnya adalah membersihkan sel kulit mati secara total. Jadi lakukan eksfoliasi secara rutin, cara ini termasuk ampuh untuk mengatasi bruntusan.

Eksfoliasi perlu dilakukan minimal sekali dalam seminggu. Bagi yang berusia 25 tahun ke atas, kamu bisa melakukan eksfoliasi sebanyak 2 kali seminggu.

Gunakan Face Oil

Face oil untuk atasi kulit bertekstur
Face oil untuk atasi kulit bertekstur/pexels.com/cottonbro

Penggunaan face oil juga bisa mengatasi berbagai penyebab bruntusan dan kulit bertekstur. Pasalnya face oil bisa membantu produksi minyak yang cukup di wajah agar kulit lebih halus dan lembut.

Ada berbagai face oil yang bisa kamu gunakan di antaranya adalah Jojoba oil, Argan Oil, dan Grappesed oil. Gunakan face oil setelah memakai moisturizer dan oleskan secara merata pada bagian kulit yang bertekstur dan bruntusan.

Pakai Active Ingredient

Retinol atau vitamin C untuk atasi kulit bertekstur
Retinol atau vitamin C untuk atasi kulit bertekstur/pexels.com/Ron Lach

Selanjutnya, gunakan Active Ingredient utamanya bagi kamu yang berusia 25 tahun ke atas. Ada dua active ingredient yang bisa digunakan yakni Retinol dan Vitamin C. Retinol atau vitamin A bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen dan mempercepat regenerasi sel kulit.

Sedangkan vitamin C bermanfaat untuk memperkuat produksi kolagen. Kolagen adalah zat penting yang menjaga elastisitas kulit dan menghaluskan tekstur kulit. Gunakan retinol saat malam hari dan vitamin C saat pagi hari.

Jangan Lupa Sunscreen

Sunscreen untuk atasi kulit bertekstur
Sunscreen untuk atasi kulit bertekstur/pexels.com/Armin Rimoldi

Cara menghilangkan bruntusan dan kulit bertekstur yang terakhir adalah disiplin menggunakan sunscreen. Sunscreen adalah skincare wajib yang tak boleh ketinggalan, apalagi bagi kamu yang beraktivitas di luar ruangan.

Pilih sunscreen oil free dan nonkomedogenik, pilih yang terasa ringan di kulit, dan sesuai dengan jenis kulit.

Itulah 5 cara mengatasi kulit bertekstur dan bruntusan yang bisa kamu lakukan agar wajah jadi flawless. Selamat mencoba beauties!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id