sign up SIGN UP

SKINCARE

Cara Tepat Pakai Produk Skincare Berlapis Biar Tak Iritasi

Marissa Fenyapwain | Selasa, 23 Jun 2020 13:00 WIB
Cara Tepat Pakai Produk Skincare Berlapis Biar Tak Iritasi
caption

Perkembangan tren skincare membuat penggunaan skincare berlapis-lapis populer. Masalahnya, jika diaplikasikan dengan sembarangan, penggunaan skincare berlapis bisa menyebabkan iritasi, lho. Kamu bisa menjaga kesehatan kuli jika tahu cara tepat menggunakan skincare berlapis berikut!

1. Double Cleansing

Double cleansing sangat penting sebelum memakai skincare berlapis-lapis
Double Cleansing/Beautified.com

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan sisa makeup dengan micellar water atau oil cleansing. Usapkan secara merata kemudian bilas. Pakailah facial wash dengan kandungan bahan alami agar risiko iritasi kulit lebih rendah. Pastikan juga kamu membersihkan wajah sampai ke sela-sela kulit wajah dan bilas hingga bersih.

2. Toner

Toner berfungsi untuk menghidrasi kulit dan menyiapkan kulit menerima kandungan skincare lainnya
Mengaplikasikan Toner/Forbes.com

Setelah membersihkan kulit wajah, biasanya kulit akan lebih kering. Untuk mengembalikan kelembapan kulit, pakailah toner yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Taruh toner pada kapas dan tepuk pelan pada kulit wajah sampai kulit terasa lebih dingin dan terhidrasi dengan baik.


Ada dua jenis toner, yaitu untuk melembapkan dan untuk eksfoliasi. Toner untuk eksfoliasi sebaiknya kamu gunakan dua kali seminggu, sementara toner untuk melembapkan bisa kamu gunakan setiap hari.

3. Serum 

Mengaplikasikan serum setelah toner dapat membersihkan pori-pori wajah
Mengaplikasikan Serum/Artnatural.com

Sepuluh menit setelah memakai toner dan setelah memastikan toner sudah menyerap dengan baik ke kulit, saatnya menggunakan serum. Serum berfungsi melembapkan kulit wajah, membersihkan pori-pori, dan membuat wajahglowing. Cara pakai serum adalah ambil 2 tetes serum ke telapak tangan, kemudian tepuk pelan di seluruh permukaan kulit wajah.

4. Pelembap

Moisturizer berfungsi untuk melembabkan kulit wajah
Mengaplikasikan Pelembap/Self.com

Setelah kamu memastikan serum sudah menyerap dengan sempurna, saatnya memakai moisturizer untuk mengunci kandungan skincare yang sudah kamu pakai. Moisturizer akan memastikan kulitmu terhidrasi dengan baik. Pilihlahmoisturizer dengan kandungan alami seperti aloe vera atau witch hazel.

5. Sheet Mask atau Krim Malam

Sheet mask berfungsi untuk menguncin kandungan skincare yang sudah dipakai
Sheet Mask/Theteattle.com

Untuk malam hari, penggunaan sheet mask dan krim malam bisa dipilih salah satunya agar kulit enggak terlalu menerima banyak kandungan skincare. Pada dasarnya sheet mask dan krim malam berfungsi sama, yaitu mengunci kandungan skincare yang sudah masuk dan memastikan kulitmu terhidrasi dengan baik.

Lebih baik memilih rangkaian produk dengan kandungan dan merek yang sama agar kamu terhindar dari iritasi dan masalah kulit lainnya. Beri jeda sepuluh menit untuk setiap produk dapat meresap dalam kulitmu, ya!

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id