sign up SIGN UP

SKINCARE

Cegah Ketiak Menghitam Akibat Bercukur dengan 5 Tips Ini!

Hijria Khatimi | Minggu, 02 May 2021 10:30 WIB
Cegah Ketiak Menghitam Akibat Bercukur dengan 5 Tips Ini!
caption

Bagi banyak wanita, keberadaan bulu ketiak kerap kali dianggap mengganggu. Bulu ketiak dapat membuat penampilan menjadi kurang maksimal dan dapat menjadi tempat tumbuhnya bakteri yang menimbulkan bau badan.

Karena itu, kegiatan mencukur menjadi salah satu solusi untuk menghilangkan bulu ketiak. Namun, kegiatan mencukur ini seringkali membuat kulit ketiak jadi menghitam. 

Sebenarnya ketiak yang menghitam akibat bercukur bisa dihindari, asalkan kegiatan bercukur tersebut dilakukan dengan langkah yang tepat. Untuk itu, simak tips yang dilansir dari Shaver Tips berikut ini agar kamu dapat mencukur ketiak dengan aman tanpa membuat kulit ketiak menghitam.

1. Memilih Pisau Cukur yang Tajam dan Berkualitas

Pisau Cukur Tajam
Pisau Cukur Tajam/unsplash.com/brett_jordan

Sebelum mulai bercukur, pastikan pisau cukur yang kamu gunakan berkualitas dan memiliki mata pisau yang tajam. Hal ini karena pisau cukur yang tajam dapat mengangkat bulu di ketiakmu dalam sekali usap.

Hindari memakai pisau cukur yang sudah tumpul. Pisau cukur yang tumpul kurang efektif dalam mengangkat bulu ketiak, sehingga akan membuatmu mengusap berkali-kali hingga bulu ketiak terangkat sempurna. Kegiatan mengusap berulang kali inilah yang berpotensi menyebabkan ketiak menghitam sehabis dicukur.

2. Eksfoliasi Kulit Ketiak Sebelum Bercukur

Kulit Ketiak Cerah/FreepikKulit Ketiak Cerah/Freepik

Setelah menyiapkan pisau cukur yang tajam dan berkualitas, langkah selanjutnya yaitu mengeksfoliasi kulit ketiak. Eksfoliasi dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat kulit ketiak menjadi lebih halus.

Permukaan kulit ketiak yang halus akan memudahkan pisau cukur dalam mengangkat bulu ketiak sekaligus mengurangi risiko terjadinya iritasi. Kamu bisa menggunakan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat untuk mengeksfoliasi kulit ketiak dengan lembut. 

3. Gunakan Krim Pencukur

Mencukur dengan Krim
Mencukur dengan Krim/freepik.com

Mencukur dalam keadaan kulit ketiak kering dan tanpa krim pencukur akan meningkatkan resiko iritasi dan luka. Karena itu, krim pencukur merupakan salah satu perlengkapan bercukur yang jangan sampai dilupakan. Krim pencukur akan menjadi perantara kulit dan pisau cukur. Sehingga risiko iritasi akan berkurang karena kulit ketiakmu terlindungi dari gesekan pisau cukur. 

4. Mencukur Arah yang Tepat

Mencukur Ketiak
Mencukur Ketiak/freepik.com

Mencukur dengan arah yang tepat merupakan langkah penting karena dapat mencegah timbulnya razor bumps. Razor bumps adalah benjolan-benjolan kecil yang terbentuk akibat adanya bulu tubuh yang tumbuh ke dalam kulit. Bulu yang tumbuh ke dalam ini terjadi akibat kegiatan mencukur dengan arah yang salah, sehingga bulu di tubuh tidak terangkat sempurna dan malah menekuk ke dalam.

Karena itu ketika mencukur bulu ketiak, pastikan kamu mencukur ke arah yang berlawanan dengan arah tumbuhnya bulu. Mencukur dengan mengikuti arah tumbuhnya bulu, akan meningkatkan resiko bulu tubuh yang tumbuh ke dalam dan mengakibatkan razor bumps.

5. Mengoleskan Krim atau Gel Pelembab Setelah Bercukur

Melembabkan Ketiak
Melembabkan Ketiak/unsplash.com/The Creative Exchange

Proses mencukur akan membuat kulitmu menjadi kering. Karena itu, sangat disarankan untuk kembali melembapkan kulit ketiakmu dengan krim atau gel pelembab setelah selesai bercukur.

Langkah terakhir ini terdengar sepele namun sebenarnya tetap penting. Karena kulit ketiak yang lembab dan halus akan mengurangi risiko kulit menghitam sehabis bercukur.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id