sign up SIGN UP

Ciri-Ciri Skin Purging dan Cara Mengatasi Agar Jerawat Nggak Semakin Parah

Dian Aprilia | Selasa, 20 Jul 2021 08:00 WIB
Ciri-Ciri Skin Purging dan Cara Mengatasi Agar Jerawat Nggak Semakin Parah
caption

Purging adalah fase pelepasan sel kulit mati sebagai reaksi pemakaian skincare baru dan proses adaptasi kulit dengan produk baru. Proses purging biasanya dialami karena penggunaan skincare yang mengandung bahan aktif tertentu.

Saat kamu mengalami proses purging, kamu tak perlu panik atau khawatir berlebihan. Sebab purging memiliki tujuan yang baik yakni membersihkan pori-pori kulit wajah yang tersumbat oleh minyak berlebih, sel kulit mati dan komedo.

Ciri-ciri Skin Purging

Purging
Purging/pixabay.com/SharonMcCutcheon
  • Jerawat muncul usai pemakaian produk skincare tertentu yang bersifat asam. Contohnya adalah retinol, tetrinoin, asam retinoat, asam salisilat, asam glikolat dan asam azaelat.
  • Durasi waktu jerawat sekira 3-4 minggu, cenderung lebih cepat hilang dibandingkan dengan jerawat normal.
  • Jerawat muncul di bagian yang sering tumbuh jerawat, kulit jadi kering dan sensitif, tetapi mereda dan lambat laun kondisi kulit akan membaik.
  • Jerawat purging biasanya tak meninggalkan bekas jerawat.

Perawatan Wajah Saat Skin Purging

Cara merawat wajah
Cara merawat wajah/pexels.com/KoolShooters

Hindari Stres dan Cemas

Perawatan wajah yang harus menjadi panduan dasar saat mengalami fase purging adalah tetap tenang dan tidak perlu khawatir berlebihan. Sebab tujuan fase purging ini sangat baik bagi wajah, jadi kalaupun ada jerawat, diamkan saja dan tetap santai. Stres dan cemas justru bisa memicu tumbuhnya jerawat yang memperparah kondisi purging.

Lakukan Proses Adaptasi Skincare Baru Secara Bertahap

Perawatan wajah saat fase purging selanjutnya adalah melakukan proses adaptasi skincare baru secara bertahap. Sebelum pakai skincare, sebaiknya perhatikan kandungannya. Jika ada kandungan yang bersifat asam, sebisa mungkin aplikasikan di kulit secara bertahap. Misalnya 1 kali dalam seminggu, lalu ditambah harinya seiring berjalannya waktu sambil mengamati perubahan kulit.

Hindari Obat-obatan yang Berlebihan

Cara merawat wajah
Cara merawat wajah/pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA

Cara merawat wajah saat fase purging selanjutnya adalah hindari obat-obatan yang berlebihan. Tak perlu menambah obat jerawat di luar biasanya. Jika kamu tak biasa memakai obat jerawat, kamu juga bisa membiarkan jerawat purging begitu saja. Sebab jerawat ini bisa mereda dengan sendirinya.

Jangan Sentuh atau Pencet Jerawat

Cara merawat wajah yang terakhir adalah jangan sentuh dan pencet jerawat purging. Sebab kotoran dan bakteri yang ada di tangan bisa memperparah peradangan yang terjadi.

Itulah ciri-ciri purging dan cara mengatasi purging agar jerawat tidak semakin parah dan lebih cepat kempes.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id