sign up SIGN UP

Cuci Muka Pakai Air Dingin, Bisa Bikin Wajah Lebih Cling!

Arum Narwastu | Senin, 27 Sep 2021 18:15 WIB
Cuci Muka Pakai Air Dingin, Bisa Bikin Wajah Lebih Cling!
caption
Jakarta -

Langkah merawat kulit wajah selalu diawali dengan membersihkan wajah. Proses ini sangat penting karena berfungsi untuk mengangkat semua kotoran dan sel kulit mati sebelum kamu memakai skincare.

Selama ini, ada perdebatan tentang air bersuhu hangat atau dingin yang lebih baik untuk mencuci muka. Sebenarnya, keduanya tidak masalah asalkan air yang kamu pakai bersih. Hanya saja, ada efek berbeda yang akan kamu dapat jika mencuci muka dengan air hangat dan air dingin.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan jika kamu mencuci muka dengan air dingin.

Pori-Pori Tampak Lebih Kecil

Mencuci wajah adalah tahap penting/sumber: freepik.comMencuci wajah/ sumber: freepik.com

Ukuran pori-pori wajah kita tidak bisa berubah menjadi lebih kecil ataupun lebih besar. Namun, penampakan pori-pori bisa diakali agar tidak terlihat terlalu terbuka. Salah satu caranya adalah dengan mencuci wajah memakai air dingin.

Saat tidur di malam hari, pori-pori bertugas untuk melepaskan kotoran dan sel kulit mati, maka tidak heran kalau kulit akan tampak berminyak dan pori-pori tampak lebih besar. Mencuci wajah dengan air dingin bisa memberikan efek pori-pori kulit terlihat lebih samar.

Terasa Lebih Segar

Mencuci wajah dengan pembersih yang tepat/ Foto: Freepik.comMencuci wajah/ Foto: Freepik.com

Saat bangun tidur, wajah kita masih sering terlihat mengantuk. Saat mencuci muka dengan air dingin, maka badan kamu akan terasa lebih segar. Percaya nggak, mencuci wajah di pagi hari bisa memperbaiki mood yang membuat kamu lebih semangat buat menjalani hari-hari. Sementara di malam hari, mencuci wajah dengan air dingin bisa menghilangkan rasa lelah setelah beraktivitas seharian.

Mengurangi Wajah Bengkak

Zat Surfaktan merupakan salah satu komponen dalam gentle cleanser yang mampu menghilangkan ketegangan pada kulit wajah.Mencuci wajah/ Foto: Freepik.com

Kadang, wajah kita bisa terlihat lebih bengkak dari biasanya. Penyebabnya adalah terlalu banyak asupan garam ataupun karena kamu kurang tidur. Nah, mencuci wajah dengan air dingin bisa membantu mengurangi wajah yang bengkak.

Selain itu, mencuci wajah dengan air dingin juga bisa mengurangi bengkak pada wajah setelah kamu menangis semalaman karena galau, lho.

Mencegah Penuaan Dini

Banyaknya polusi, paparan sinar UV, hingga gaya hidup yang tak sehat bisa membuat munculnya keriput dan garis-garis halus pada wajah. Tenang aja Beauties, kamu bisa mengurangi penampakan garis halus ini dengan rajin mencuci wajah dengan air dingin. Jangan lupa untuk memakai skincare dan sunscreen dengan rutin juga, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id