sign up SIGN UP

Fact Check! 5 Cara Hilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis ini Perlu Kamu Coba

Zeyra Haya | Sabtu, 07 Aug 2021 22:00 WIB
Fact Check! 5 Cara Hilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis ini Perlu Kamu Coba
caption

Buah jeruk nipis identik sebagai buah yang kaya akan vitamin C dengan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Secara umum, antioksidan yang terkandung dalam jeruk nipis dapat melawan radikal bebas bagi kulit dan meningkatkan kadar kolagen. Jeruk nipis juga mengandung flavenoids dan desinfektan yang bermanfaat menjernihkan kulit.

Manfaat jeruk nipis/Foto: detik.com
(Manfaat jeruk nipis/Foto: detik.com)

Banyaknya manfaat jeruk nipis bagi kulit menjadikan ekstrak buah jeruk nipis seringkali dijadikan bahan campuran dalam produk perawatan kulit.

Jeruk nipis juga dipercaya dapat membantu menghilangkan jerawat batu, mengurangi minyak pada kulit, menyamarkan bekas jerawat dan bercak hitam, hingga mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit.

Jeruk nipis bantu hilangkan jerawat/Foto: pinterest.com
(Jeruk nipis bantu hilangkan jerawat/Foto: pinterest.com)

Namun perlu diketahui jika kulit kita sensitif, mengaplikasikan ekstrak jeruk nipis secara langsung ke wajah dapat membahayakan dan menimbulkan efek samping lho, Beauties!

Sebagai solusinya, lebih baik kita mencampurkan ekstrak jeruk nipis tersebut dengan bahan alami lainnya. Selain lebih aman, khasiat yang didapat juga lebih banyak.

Berikut adalah 5 cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis yang bisa kamu coba di rumah.

1. Mencampurkan Jeruk Nipis dan Susu

Campuran susu dan jeruk nipis untuk menghilangkan jerawat/Foto: freepik.com
(Campuran susu dan jeruk nipis untuk menghilangkan jerawat/Foto: freepik.com)

Campuran jeruk nipis dan susu dapat membantu memperbaiki kulit dengan membersihkan jerawat, membersihkan komedo dan menyembuhkan kulit yang pecah-pecah. Cara mudah pengaplikasian dua bahan alami ini adalah dengan mencampurkan jeruk nipis ke dalam susu hangat yang sudah direbus kemudian gunakan sebagai pengganti sabun saat mencuci muka. Gunakan secara rutin agar mendapat hasil yang maksimal.

2. Jeruk Nipis Sebagai Masker

Masker jeruk nipis hilangkan jerawat batu/Foto: pinterest.com
(Masker jeruk nipis hilangkan jerawat batu/Foto: pinterest.com)

Jeruk nipis juga bisa menjadi pilihan bahan alami yang dapat digunakan sebagai masker wajah. Caranya pun sangat mudah, potong jeruk nipis menjadi dua lalu oleskan ke bagian wajah yang berjerawat menggunakan cotton bud  lalu tunggu hingga kering sebelum membilasnya hingga bersih.

3. Meminum Jeruk Nipis

Air jeruk nipis untuk mencerahkan kulit wajah/Foto: pexels.com
(Air jeruk nipis untuk mencerahkan kulit wajah/Foto: pexels.com)

Jika ragu untuk mengaplikasikan jeruk nipis secara langsung ke kulit, jangan khawatir karena jeruk nipis juga bisa dijadikan minuman. Minuman jeruk nipis dapat membantu membersihkan jerawat dengan cara mendetoksifikasi tubuh, antioksidan dari vitamin C dan menyediakan kolagen pada kulit. Caranya dengan memeras satu buah jeruk nipis lalu tambahkan air secukupnya. Minumlah di pagi hari sebelum mengkonsumsi apapun secara rutin untuk mendapatkan kulit cerah dan berseri.

4. Mencampurkan Jeruk Nipis dengan Madu

Madu dan jeruk nipis ampuh hilangkan jerawat/Foto: detik.com
(Madu dan jeruk nipis ampuh hilangkan jerawat/Foto: detik.com)

Kandungan antibakteri dalam jeruk nipis dipercaya bisa menghilangkan bercak hitam secara alami. Untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, tidak perlu khawatir tidak bisa menggunakan jeruk nipis untuk jerawat karena bisa menggunakan campuran madu. Cara penggunaannya pun sangat sederhana, tinggal campurkan perasan jeruk nipis dengan 1 sendok madu hingga membentuk pasta, kemudian oleskan pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit sebelum di bilas menggunakan air dingin.  

5. Jeruk Nipis + Yoghurt

Yoghurt dan oats menjadi campuran jeruk nipis untuk hilangkan jerawat/Foto: istockphoto.com
(Yoghurt dan oats menjadi campuran jeruk nipis untuk hilangkan jerawat/Foto: istockphoto.com)

Bahan lainnya yang bisa dipadu padankan dengan jeruk nipis untuk menghilangkan jerawat pada wajah ialah yoghurt. Cara pemakaiannya pun tak kalah mudah, cukup dengan memeras satu buah jeruk nipis lalu campurkan dengan yoghurt, boleh tambahkan gandum atau oats sebagai pilihan. Kemudian oleskan pada bagian wajah yang telah dicuci sebelumnya lalu tunggu 15-20 menit sebelum kemudian dibilas menggunakan air.

Itulah 5 cara penggunaan jeruk nipis untuk menghilangkan jerawat pada wajah. Sudah pernahkah kamu mencobanya?

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id