sign up SIGN UP

Di Rumah Aja, Perlu Nggak Sih Double Cleansing? Berikut Penjelasannya!

Ratih Dewi | Jumat, 09 Jul 2021 20:15 WIB
Di Rumah Aja, Perlu Nggak Sih Double Cleansing? Berikut Penjelasannya!
caption

Metode double cleansing merupakan metode membersihkan wajah dengan dua tahapan. Biasanya, metode ini dilakukan setelah beraktivitas seharian di luar rumah atau saat menggunakan makeup, supaya kotoran, debu, dan sisa makeup terutama yang waterproof bisa terangkat dengan optimal.

Namun, di masa pandemi ini, kita disarankan untuk melakukan aktivitas di rumah aja. Nah, masih penting nggak sih melakukan double cleansing walaupun di rumah seharian? Yuk, kita simak penjelasannya! 

Apa Sih Metode Double Cleansing Itu? 

Metode Double Cleansing
Metode Double Cleansing/Foto : freepik.com/freepik

Istilah double cleansing ini awalnya diperkenalkan pertama kali oleh skincare asal Jepang, yaitu membersihkan wajah dengan dua tahapan menggunakan produk yang berbeda. 

Tahap Pertama Double Cleansing

Tahap Pertama Double Cleansing
Tahap Pertama Double Cleansing/Foto : freepik.com/cookie_studio

Tahap ini menggunakan produk seperti cleansing oil, cleansing balm, atau micellar water yang biasa disebut sebagai produk first cleanser, yang berfungsi untuk mengangkat kotoran, debu, sisa makeup, terutama yang waterproof atau matte

Untuk penggunaan micellar water, penggunannya dituangkan ke kapas, lalu usapkan ke seluruh wajah sampai bersih tanpa harus dibilas. Untuk cleansing balm dan cleansing oil penggunaannya tuang ke telapak tangan, aplikasikan ke seluruh wajah sambil dipijat halus, lalu bilas dengan air sampai bersih.  

Tahap Kedua Double Cleansing

Tahap Kedua Double Cleansing
Tahap Kedua Double Cleansing/Foto : freepik.com/wayhomestudio

Tahap kedua ini cukup menggunakan sabun wajah yang biasa kamu gunakan saja dan disebut sebagai second cleanser yang fungsinya untuk mengangkat sisa kotoran atau makeup dari tahap pertama tadi. 

Pastikan kamu memilih sabun wajah yang cocok dengan kondisi kulit wajah kamu. Perhatikan juga kandungan dari sabun wajah tersebut apakah cocok dengan kulit kamu, tidak membuat wajah menjadi kering, 'ketarik', atau malah iritasi setelah digunakan. 

Manfaat dari Double Cleansing

Manfaat dari Double Cleansing
Manfaat dari Double Cleansing/Foto : freepik.com/senivpetro

Dilansir dari Wolipop, ternyata metode double cleansing ini bisa membuat kulit wajah menjadi lebih halus, komedo berkurang, dan mengurangi bakteri penyebab jerawat juga, karena membersihkan kotoran, minyak di wajah sampai ke dalam pori-pori. 

Salah satu penyebab jerawat sering muncul, tidak hanya faktor hormon saja tetapi kondisi kulit wajah yang kurang bersih, masih ada sisa makeup, minyak yang menumpuk juga menjadi penyebab munculnya jerawat, kulit wajah menjadi kasar, dan kusam. 

Haruskan Double Cleansing Walaupun di Rumah Aja?

Double Cleansing Walaupun di Rumah Aja
Double Cleansing Walaupun di Rumah Aja/Foto : freepik.com/pvproductions

Walaupun di rumah aja, debu, kotoran masih tetap ada dan kulit wajah juga tetap memproduksi minyak, kalau membersihkan dengan sabun wajah saja bersihnya kurang optimal dan tidak sampai ke poir-pori kulit wajah. 

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk tetap melakukan metode double cleansing ini supaya wajah kamu bersih dengan optimal, tidak mudah muncul jerawat, dan kulit wajah juga menjadi lebih halus. 

Kalau kamu merasa di rumah saja tapi kulit wajah sering muncul jerawat, kusam, dan kasar, tandanya kamu perlu menerapkan metode ini dengan menggunakan produk perawatan yang tepat dan disesuaikan dengan kondisi kulit wajah kamu, Beauties.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id